THE EFFECTIVENESS OF BLENDED LEARNING-BASED LEARNING METHODS IN PIP VIOLIN SUBJECTS AT SMK NEGERI 8 SURAKARTA

Witantri Catri Daniswari, Irfanda Rizki Harmono Sejati

Abstract


Learning in Indonesia has experienced the impact of changes in learning activities due to the Covid-19 pandemic which has been spreading for around two years. The obvious change happen is in the learning process itself, some of the efforts that teachers has to prepare, such as adjusting the learning strategies and the learning methods accordingly.The purpose of this study is to describe the application of PIP violin learning with blended learning-based methods so it can run effectively. PIP Violin is a violin practice subject at SMK Negeri 8 Surakarta. In its application using drill and discourse learning methods which are implemented in blended learning (offline and online).The result of this research is that the learning process runs effectively, because by combining offline and online learning the learning process runs flexibly and there is no less learning. Effective learning aspects are seen from the learning process, student responses, communicative learning, management of learning activities and student learning outcomes.

Keywords: Learning Effectiveness; Learning methods; Blended Learning; Violin Learning

EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN BERBASIS BLENDED LEARNING PADA MATA PELAJARAN PIP BIOLA DI SMK NEGERI 8 SURAKARTA


ABSTRAK


 

 

Pembelajaran di Indonesia mengalami dampak perubahan pada kegiatan pembelajaran dikarenakan adanya pandemi covid 19 yang mewabah selama kurang lebih dua tahun. Perubahan yang jelas terjadi ialah pada proses pembelajarannya ,beberapa upaya yang perlu disiapkan guru seperti menyesuaikan strategi pembelajaran dan metode pembelajaran yang sesuai.              Tujuan pada penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan penerapan pembelajaran PIP biola dengan metode berbasis blended learning sehingga dapat berjalan efektif. PIP Biola merupakan mata pelajaran paktek biola yang berada di SMK Negeri 8 Surakarta. Dalam penerapannya menggunakan metode pembelajaran drill dan ceramah yang diimplementasikan secara blended learning ( luring dan daring).     Hasil dari penelitian ini adalah proses pembelajaran berjalan efektiv, karena dengan menggabungkan pembelajaran luring dan daring proses pembelajaran berjalan fleksibel dan tidak terjadi less learning. Aspek pembelajaran efektiv dilihat dari proses pembelajarannya, respon siswa, pembelajaran yang komunikatif, pengelolaan kegiatan pembelajaran dan hasil pembelajaran siswa.

Kata Kunci: Efektivitas Pembelajaran; Metode Pembelajaran; Blended Learning;  Pembelajaran Biola


Keywords


Learning Effectiveness; Learning methods; Blended Learning; Violin Learning

Full Text:

PDF

References


Asri MK. (2015). PEMBELAJARAN MUSIK TALEMPONG UNGGAN BERBASIS LITERATUR. Syria Studies, 7(1), 37–72. http://creativecommons.org/licenses/by/4.0 278

Burhanudin, M., Sulaiman, & Annas, M. (2015). Efektivitas Metode Pembelajaran Tutor Sebaya. 9(1), 23–27.

Hendrizal. (2013). Studi Analisis: Nilai-nilai Estetika Lokal dalam Musik Gamat. Jurnal Ekspresi Seni.

Idris, H. (2018). Pembelajaran Model Blended Learning. Jurnal Ilmiah Iqra’, 5(1), 61–73. https://doi.org/10.30984/jii.v5i1.562

Karim, A. (2017). Pengaruh Metode Mencongak terhadap Hasil Belajar Matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 2(2), 151. https://doi.org/10.30998/jkpm.v2i2.2472

Purnomo, A., Ratnawati, N., Aristin, N. F., Morphology, T. C., Hutauruk, A., Sidabutar, R., Parihah, N. I., Hartini, S., Siregar, J., Asnaini, Hafidhoh, N., & Rifa’i, M. R. (2020). Karakteristik penilaian pembelajaran pada kurikulum 2013 di MI. Journal of Mathematics Education and Applied, 1(1), 10–16. https://jurnal.uhn.ac.id/index.php/sepren/article/view/364

Sejati, I. R. H. (2021). Penanaman Nilai-Nilai Konservasi Melalui Orkestra Mahasiswa. Jurnal Ekspresi Seni, 23(1), 277–289. http://creativecommons.org/licenses/by/4.0 278

Syarif, I. (2013). Pengaruh model blended learning terhadap motivasi dan prestasi belajar siswa SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 2(2). https://doi.org/10.21831/jpv.v2i2.1034

Yensharti, Y., & Mona, D. (2021). Pembelajaran Awal Praktek Instrumen Biola di Prodi Pendidikan Musik Jurusan Sendratasik Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Padang. Grenek Music Journal, 10(1), 60. https://doi.org/10.24114/grenek.v10i1.25748

Yolanda, A., & Azis, A. C. K. (2021). Jurnal Ekspresi Seni Pembelajaran Daring : Dampak Serta Upaya Mengatasinya dalam Mata Pelajaran Gambar Bentuk. Ekspresi Seni: Jurnal Ilmu …, 245–253. http://journal.isi-padangpanjang.ac.id/index.php/Ekspresi/article/view/1594

Yusuf, A. M. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan.

Zulfahmi, M. (2019). FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB INSTRUMEN BIOLA JADI BAGIAN INTEGRAL KEBUDAYAAN MUSIK ETNIK MELAYU PESISIR TIMUR SUMATERA UTARA. 9–25.




DOI: http://dx.doi.org/10.26887/ekspresi.v25i1.2617

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


Ekspresi Seni: Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Karya Seni 

E-ISSN 2580-2208 | P-ISSN: 1412-1662 | DOI: 10.26887/ekspresi 
Website: https://journal.isi-padangpanjang.ac.id/index.php/Ekspresi/index
Email: red.ekspresiseni@gmail.com | Support Contact Email: thegar.risky@gmail.com
Editor in Chief: Dr. Dede Pramayoza | Managing Editor: Saaduddin, M.Sn | Thegar Risky.S.Kom | Febri Desman, S | Elfira Roza, S.Kom
Publisher: Lembaga Penelitian Pengabdian Kepada Masyarakat  (LPPM) ISI Padangpanjang
Jalan Bahder Johan, Kota Padangpanjang, Sumatera Barat, Indonesia 27128 | Phone: (0752) 82077 | Fax: (0752) 82803

 

 


Ekspresi Seni : Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Karya Seni © 2017 by LPPM Institut Seni Indonesia Padangpanjang is licensed under Attribution-NonCommercial 4.0 International