Analysis of Difficulties Faced by Fourth-Grade Teachers in Teaching Arts and Culture Subjects on Visual Arts Material at SDN 2 Ngembal

Ravena Zahra Endry, Nor Hidayah, Wasis Wijayanto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kesulitan guru dalam mengajar SBdP materi seni rupa di kelas IV SDN 2 Ngembal Kulon serta mencari solusi yang dapat mendukung kelancaran proses pembelajaran. Dengan pendekatan kualitatif studi kasus, data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesulitan utama meliputi keterbatasan sarana, media, metode, waktu pembelajaran, dan penilaian yang subjektif. Solusi yang diusulkan mencakup pengembangan profesional guru, penggunaan media kreatif, serta penerapan metode yang interaktif dan sesuai dengan gaya belajar siswa. Studi ini memberikan kontribusi penting untuk meningkatkan kualitas pembelajaran seni rupa di sekolah dasar serta menjadi referensi bagi guru dan pemangku kepentingan dalam menghadapi tantangan serupa.

Keywords


Kesulitan pembelajaran: Pembelajaran SBdP: Seni rupa

Full Text:

PDF

References


Alaslan, A. (2022). Metode Penelitian Kualitatif.

Asrial, A., Syahrial, S., Kurniawan, D. A., & Saputri, J. (2021). Karakter Peduli Sosial: Komparasi Modul Elektronik dan Paper Modul Kearifan Lokal Ngubat Padi di Sekolah Dasar. Prosiding Konferensi Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat dan Corporate Social Responsibility (PKM-CSR), 4, 866-877.

Assyakurrohim, D., Ikhram, D., Sirodj, R. A., & Afgani, M. W. (2023). Metode studi kasus dalam penelitian kualitatif. Jurnal Pendidikan Sains Dan Komputer, 3(01), 1-9.

Aurellia, A., Shilfia Iraqi, H., Sri Lena, M., & Febriyasni, S. (2023). Analisis Faktor Penghambat Guru Dalam Pembelajaran SBdP Pada Kelas 5 SD. Jurnal PGSD UNIGA, 2(2), 157–163. https://doi.org/10.52434/jpgsd.v2i2.2925

Azzahra, M., Amaliyah, N., & Muhammadiyah Hamka, U. (2022). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Siswa Dalam Pembelajaran Tematik Di Kelas Iv Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(3). https://doi.org/10.31949/jcp.v8i2.2677

Besse Rizka Amalyah, A., Warahma Akhmad, M., Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, J., Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, F., Ahmad Dahlan Sinjai, U., & Artikel, I. (2024). Kendala Yang Dihadapi Guru Dalam Melaksanakan Pembelajaran Tematik Muatan Sbdp Kelas Iv Di Sd Muhammadiyah Sinjai. https://doi.org/10.26858/jekpend.v3i2

Falah, B. N. (n.d.). Pengaruh Gaya Belajar Siswa Dan Minat Belajar Matematika Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. In Jurnal Euclid (Vol. 6, Issue 1).

Hamzah, B. (2020). Gerakan pencegahan stunting melalui edukasi pada masyarakat di desa muntoi kabupaten bolaang mongondow. JPKMI (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Indonesia), 1(4), 229-235.

Handayani, N. A., & Jumadi, J. (2021). Analisis pembelajaran IPA secara daring pada masa pandemi covid-19. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 9(2), 217-233.

Hanifah, Hani, Susi Susanti, and Aris Setiawan Adji. 2020. “Perilaku Dan Karateristik Peserta Didik Berdasarkan Tujuan Pembelajaran.” Manazhim 2(1):105–17. doi: 10.36088/manazhim.v2i1.638.

Hendratmoko, T., Kuswandi, D., & Setyosari, P. (2018). Tujuan Pembelajaran Berlandaskan Konsep Pendidikan Jiwa Merdeka Ki Hajar Dewantara. JINOTEP (Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran): Kajian dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 3(2), 152-157.

Iraqi, H. S., Lena, M. S., Herdianti, F. D., & Dellava, S. N. A. (2023). Tantangan Guru Abad 21 dalam Mengajarkan Muatan SBdP di Sekolah Dasar. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(2), 11815-11821.

Jihadah Gaffar, R., Juaini, M., & Rokhmat, J. (2023). Peningkatan Minat Belajar Peserta Didik Melalui Penerapan Model Project Based Learning (PjBL). Journal of Classroom Action Research, 5(3). https://doi.org/10.29303/jcar.v5i3.5528

Kasmawati, Y. (2020). Peningkatan Prestasi Siswa melalui Pengembangan Profesional Guru: Suatu Tinjauan Literatur. Jurnal Maksipreneur: Manajemen, Koperasi, Dan Entrepreneurship, 10(1), 13. https://doi.org/10.30588/jmp.v10i1.648

Khasanah, U., Toharudin, M., & Nurpratiwiningsih, L. (n.d.). Analisis Keterkaitan Gaya Belajar Visual Auditori Kinesteteik pada Pembelajaran SBdP Kelas IV SDN Buara 02. Journal on Education, 07(01), 1390–1405.

Munthe, Riswan, and Neng Nurcahyati Sinulingga. 2023. “Pendidikan Pra Nikah Dalam Perspektif Islam : Tingkat Pernikahan Dini Dan Perceraian.” 4(225):592–600. doi: 10.33474/jp2m.v4i3.20814.

Musa, S., Nurhayati, S., Jabar, R., Sulaimawan, D., & Fauziddin, M. (2022). Upaya dan Tantangan Kepala Sekolah PAUD dalam Mengembangkan Lembaga dan Memotivasi Guru untuk Mengikuti Program Sekolah Penggerak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4239–4254. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2624

Nurmia Nurmia, H. Nurdin, & Roslyn Roslyn. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek Pada Mata Pelajaran Seni Budaya Untuk Meningkatkan Minat Dan Kreativitas Siswa Kelas IVA UPT SPF SD Inpres Tamamaung IV Kota Makassar. Katalis Pendidikan : Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Matematika, 1(2), 67–93. https://doi.org/10.62383/katalis.v1i2.246

Nurrita, T. (2018). Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal misykat, 3(1), 171-187.

Pratiwi, D., & Junanto, S. (2023). Implementasi Penggunaan Finger Painting Untuk Menumbuhkan Kreativitas Anak Tk B Di Tk Jati 2 Masaran, Sragen, Tahun Ajaran 2022/2023 (Doctoral dissertation, UIN Raden Mas Said Surakarta).

Raudhah, Jurnal, Rora Rizky Wandini, and Maya Rani Sinaga. 2018. “Games Pak Pos Membawa Surat Pada Sintax Model Pembelajaran Tematik.” 06(01):2338–2163.

Saputra, R., & Susanto, M. R. (2023). Cilpa : Jurnal Pendidkan Seni Rupa Tantangan Guru Penggerak Dalam Mengerjakan Pembelajaran Muatan Seni Budaya Dan Prakarya Sekolah Dasar Di Gunungkidul. https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/cilpa/index

Saputro, A., & Wijayanti, O. (2021). Tantangan Guru Abad 21 Dalam Mengajarkan Muatan Sbdp Di Sekolah Dasar. Jurnal Riset Dan Inovasi Pembelajaran, 1(3), 51-59.

Sayuna, V., I. N. Karma, and N. K. Dewi. 2024. “Analisis Kesulitan Guru Kelas V Dalam Melaksanakan Pembelajaran SBDP Materi Seni Rupa.” Journal of Classroom Action … 6(2).

Umam, K. (2019). Manajemen organisasi.

Wardan, A. I., Ningrum, K. S., Amelia, R., & Prakus, S. (2023). Upaya Guru dalam Meningkatkan Kreativitas Peserta Didik Melalui Pembelajaran SBDP. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(2), 12. https://doi.org/10.47134/pgsd.v1i2.212

Waruwu, M. (2023). Pendekatan penelitian pendidikan: metode penelitian kualitatif, metode penelitian kuantitatif dan metode penelitian kombinasi (Mixed Method). Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 2896-2910.

Yestiani, D. K., & Zahwa, N. (2020). Peran Guru dalam Pembelajaran pada Siswa Sekolah Dasar. FONDATIA, 4(1), 41–47. https://doi.org/10.36088/fondatia.v4i1.515




DOI: http://dx.doi.org/10.26887/ekspresi.v26i2.5008

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Ekspresi Seni: Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Karya Seni 

E-ISSN 2580-2208 | P-ISSN: 1412-1662 | DOI: 10.26887/ekspresi 
Website: https://journal.isi-padangpanjang.ac.id/index.php/Ekspresi/index
Email: red.ekspresiseni@gmail.com | Support Contact Email: thegar.risky@gmail.com
Editor in Chief: Dr. Dede Pramayoza | Managing Editor: Saaduddin, M.Sn | Thegar Risky.S.Kom | Febri Desman, S.Hum | Elfira Roza, S.Kom
Publisher: Lembaga Penelitian Pengabdian Kepada Masyarakat  (LPPM) ISI Padangpanjang
Jalan Bahder Johan, Kota Padangpanjang, Sumatera Barat, Indonesia 27128 | Phone: (0752) 82077 | Fax: (0752) 82803

 

 


Ekspresi Seni : Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Karya Seni © 2017 by LPPM Institut Seni Indonesia Padangpanjang is licensed under Attribution-NonCommercial 4.0 International