SULAIMAN JUNED DALAM KARYA TEATER “LAKON JAMBO: BERANAK DURI DALAM DAGING”

Leni Efendi

Abstract


sebagai ungkapan konflik dan perasaan, emosi diri dan emosi jiwa yang dilanda
kemarahan oleh ketidak-adilan yang terjadi di Aceh. Kronologis kegiatan yang dilakukan oleh Sulaiman Juned ketika menciptakan karya teaternya ini dideskripsikan sebagai proses kreatif penciptaan karya ini. Konvensi, latar belakang pemikiran yang membentuknya dan karakteristik-karakteristik yang dimilikinya oleh Sulaiman Juned dideskripsikan sebagai konvensi yang diterapkan dalam penciptaan karya ini. Selain itu juga menguraikan aspek penciptaan tersebut ketika karya ini diciptakan.


Keywords


Dramaturgi; Jambo; Beranak Duri dalam Daging; Proses Kreatif

Full Text:

PDF

References


Alisjahbana, Sultan Takdir. 1983. Kreativitas dilihat dari Jurusan Filsafat Manusia, Kreatifitas, Jakarta: Dian Rakyat.

Akhmad, A. Kasim. 1993.Bentuk dan Pertumbuhan Teater Kita, dalam Suyatna Anirun, et al.,ed., Teater Untuk Dilakoni; Kumpulan Tulisan tentang Teater, Bandung: CV. Geger Sunten.

Antoni, Wiko.2007.“Tragedi Cantoi” Sulaiman Juned: Eksternalisasi

Agrophobia, Artikel, Padangpanjang: Jurnal Gema Seni UPT Komindok STSI Padangpanjang.

Abriono, Hermawan.2008. Teater yang Hidup: Pemikiran Saini KM, Bandung: Etnoteater Publisher.

Arianto, Budi.2010.Pertunjukan Drama Hikayat Cantoi Karya Sulaiman Juned; Kajian Konflik Politik di Aceh, Tesis, Yogyakarta: Sekolah

Pascasarjana UGM.

Bruno, Frank J. 1989. Dictionary of Key Words in Psychology (Kamus Istilah Kunci Psikologi), terjemahanCecillia, dkk, Yogyakarta: Kanisius.

Durrahman, Yoyo C. Dan Willy F. Sembung.1985.Pengetahuan Teater, Bandung: Sub. Proyek Akademi Seni Tari Indonesia.

Harymawan, RMA. 1986. Dramaturgi, Bandung: Remaja Rosda Karya.

Hadi W.M, Abdul.2004.Hermeneutika, Estetika, dan Religiusitas: Esai-

Esai Sastra Sufistik dan Seni Rupa, Yogyakarta: Matahari.

Sembung, Willy F. (2009), Proses Kreatif, Dramaturgi yang Diterapkan, dan Dorongan dalam Penciptaan: Sebuah Analisis terhadap Teater

Kontemporer Rachman Sabur yang Berjudul “Merah Bolong

Putih Doblong Hitam”, Tesis,Program Pascasarjana ISI Yogyakarta, Yogyakarta.

Yudiaryani. (2002), Panggung Teater Dunia: Perkembangan dan Perubahan Konvensi, Pustaka Gondho Suli, Yogyakarta.

DAFTAR INFORMAN

Nama : SulaimanJuned

Umur : 49 Tahun

Pekerjaan : Dosen Jurusan Seni Teater ISI Padangpanjang,

Penulis, Sastrawan, Seniman Teater yang berasal dari Aceh.

Pendiri Komunitas Seni Kuflet. Alamat :RT.XI Kelurahan Guguk Malintang

Padangpanjang Timur Sumatera Barat.

Nama : Ansar Salihin

Umur : 23 Tahun

Pekerjaan : Alumni Jurusan Seni Kriya ISI Padangpanjang, Penulis, Aktor.

Anggota Komunitas Seni Kuflet. Alamat : RT. XI Kelurahan Guguk Malintang Padangpanjang Timur Sumatera Barat

Nama : IDN Supenida

Umur : 47 Tahun

Pekerjaan : Dosen Jurusan Seni Karawitan ISI Padangpanjang,

Penasehat Komunitas Seni Kuflet Alamat : PadangpanjangTimur

Sumatera Barat

Nama : T. Afifuddin

Umur : 28 Tahun

Pekerjaan : Jurnal Ekspresi Seni, Vol. 18, No. 2, November 2016

MahasiswaPascasarjana

ISIPadangpanjang, Anggota Komunitas Seni Kuflet.

Alamat :

PadangpanjangTimur

Sumatera Barat




DOI: http://dx.doi.org/10.26887/ekse.v18i2.94

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

View My Stats