Dekonstruksi Pancaik Kumun Debai dalam Fotografi Ekspresi

ahmad lisin ajimuhajir siregar, Putri Khairina Masta, Dira Herawati

Abstract


Kumun Debai merupakan salah satu Kecamatan yang berada di kota Sungai Penuh, Provinsi Jambi. Kecamatan Kumun Debai memiliki adat istiadat yang sangat kental sampai saat ini. kegiatan adat bahkan ritual adat masih dipercayai dan dilaksanakan oleh masyarakat. Satu diantaranya ialah ritual pancaik yang dilakukan sebagai media penyembuhan untuk mengambil darah kotor seseorang yang dipercaya tujuannya untuk kesehatan dan penolak bala petaka dikemudian hari. Pancaik hanya dapat dilakukan oleh seseorang yang memiliki ilmu magis saja, yang dimana ilmu tersebut diperoleh oleh keturunan sebelumnya dan menggunakan sesajen sebagai pendamping dari pelaksanaan kegiatan pancaik. Pengkarya menggunakan fotografi ekspresi dalam penciptaan karya ini  karena ingin memperlihatkan pancaik dari sudut pandang yang menarik dan memiliki estetika tersendiri melalui proses digital imaging menggunakan teknik kolase fotografi. Untuk memperkuat hal tersebut pengkarya memanfaatkan landasan teori dekonstruksi, semiotika , dan fotografi kolase pada karya fotografi, serta memaksimalkan aspek-aspek visual pada karya fotografi. Pengkarya  menggunakan metode penciptaan seperti melakukakan tahapan observasi,  wawancara, studi literatur, dan eksperimen untuk mendapatkan karya foto yang mempunyai daya tarik dan keindahan. Hasil dari penciptaan karya fotografi ekspresi dengan judul Dekonstruksi Pancaik Kumun Debai dalam Fotografi Ekspresi ini yaitu memperlihatkan pancaik dari segi adat istiadat yang kemudian dihadirkan melalui karya seni fotografi sebagai media pengenalan pengambilan darah kotor yang dilakukan secara tradisional atau yang disebut pancaik oleh masyarakat Kumun Debai yang kemudian disajikan dalam bentuk pameran karya fotografi.


Keywords


Adat istiadat, Fotografi Ekspresi, Pancaik

Full Text:

PDF

References


(Atok, 2014; Giantoro et al., 2022; Kusuma et al., 2021; Lintang Haribowo, 2020; Marcel, 2012; Saputra, 2022; Setiawan, 2022; Soedjono, 2007)Atok, S. (2014). Seni Digital. Elex Media Komputindo.

Giantoro, R. P., Raharjo, A., & Pramana, I. M. B. (2022). Visualisasi Buruh Bangunan Dalam Karya Fotografi Ekspresi. Retina Jurnal Fotografi, 2(1), 60–69. https://doi.org/10.59997/rjf.v2i1.1293

Kusuma, I. K. A., Saryana, I. M., & Bratayadnya, P. A. (2021). Imajinasi Visual Tajen Dalam Fotografi Ekspresi. Retina Jurnal Fotografi, 1(2), 125–136. https://doi.org/10.59997/rjf.v1i2.792

Lintang Haribowo, W. G. (2020). Fotografi Ekspresi: Representasi Fase Patah Hati. Institut Seni Indonesia Yogyakarta. http://digilib.isi.ac.id/6369/

Marcel, D. (2012). Pesan Tanda dan Makna. Jalasutra.

Saputra, I. (2022). Dekonstruksi permainan tradisional dalam fotografi konseptual. 1(2), 19.

Setiawan, A. J. (2022). Visualisasi Imajinatif Foto Keluarga Dalam Fotografi Ekspresi. http://digilib.isi.ac.id/10771/%0Ahttp://digilib.isi.ac.id/10771/4/Agustinus Jufan Setiawan_2022_Naskah Publikasi.pdf

Soedjono, S. (2007). POT-POURRI. Universitas Trisakti.




DOI: http://dx.doi.org/10.26887/matalensa.v4i2.4133

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Matalensa: Journal of Photography and Media  

E-ISSN 2580-2208 | DOI: 10.26887/matalensa 
Website: https://journal.isi-padangpanjang.ac.id/index.php/MTLS/index
Email: matalensa@isi-padangpanjang.ac.id | Support Contact Email: thegar.risky@gmail.com
Editor in Chief: Putri Khairina Masta, S.S., M.Si | Managing Editor: Cindi Adelia Putri Emas, S.Sn., M.SnThegar Risky.S.Kom 
Publisher: Program Studi Fotografi kerjasama dengan Lembaga Penelitian Pengabdian Kepada Masyarakat  (LPPM) ISI Padangpanjang
Jalan Bahder Johan, Kota Padangpanjang, Sumatera Barat, Indonesia 27128 | Phone: (0752) 82077 | Fax: (0752) 82803

  

Web Analytics Made Easy - Statcounter View My Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.