ANALISIS PENCIPTAAN FILM FIKSI “IBU” KARYA RICI VIONDRA DALAM TEORI CENTRAL CHARACTER POINT OF VIEW

Jerry Prayuda, Enrico Alamo, Windi Dwi Saputri, Saaduddin Saaduddin, Andri Maijar

Abstract


ABSTRAK

 

Film “Ibu” merupakan film fiksi berdurasi 18 menit, menceritakan seorang anak berumur 10 tahun dalam melihat dan mengamati lingkungan sekitarnya. Pengalaman dari apa yang dilihat dan diamati mempengaruhi prilaku dan sikap anak itu. Bahkan si anak mencontohkan apa yang dilakukan oleh orang di sekitarnya. Plot dalam film fiksi “Ibu” linier, dimana peristiwa pada cerita ini dirangkai secara berurutan. Metode yang digunakan untuk mewujudkan penempatan satu sudut pandang Central Character pada tokoh Anggit, berupa pendekatan unsur naratif dan unsur sinematik. Pendekatan unsur naratif yang dilakukan terdiri penggunaan plot linier yang dimana penceritaan lurus secara berurutan. Pendekatan unsur sinematik yang dilakukan terdiri dari aspek sinematografi dan mise en scene. Sebagian dari film ini menggunakan teknik Kamera Angel dengan menggunakan subjective shot dan point of view. Pada aspek mise en scene, dilakukan pendekatan pada bloking pemain. Seluruh aspek pada unsur naratif dan sinematik sangat membantu terwujudnya penempatan satu sudut pandang central character pada tokoh Anggit.

 

Kata Kunci: Film Ibu, naratif sinematik, central character.

 

ABSTRACT

The film "Ibu" is an 18-minute fictional film which tells of a 10-year-old child seeing and observing the environment around him. The experience of what is seen and observed influences the child's behavior and attitude. Even the child exemplifies what the people around him do. The plot in the fictional film "Ibu" is linear, where the events in this story occur sequentially. The method used to realize the placement of a central character point of view in the character Anggit is in the form of an approach to narrative elements and cinematic elements. The narrative element approach that is carried out consists of using a linear plot in which the storytelling occurs sequentially. The cinematic element approach that is carried out consists of cinematographic aspects and mise en scene. As part of this film using an angel camera technique using subjective shots and point of view. In the mise en scene aspect, the approach is taken to blocking players and costumes. All aspects of the narrative and cinematic elements are very helpful in realizing the placement of a central character point of view in the character Anggit. 

 

 


Keywords


Mother's film, cinematic narrative elements, central character's point of view.

References


Ardianto, Deny Tri. 2014. “Dari Novel ke Film: Kajian Teori Adaptasi sebagai Pendekatan dalam Penciptaan Film.” Panggung 24(1). doi: 10.26742/panggung.v24i1.101.

Daniel, Andre Stefano; Hendro, Saptono; Siti, Mahmudah. 2016. “Perlindungan Hukum Pemegang Hak Cipta Film Terhadap Pelanggaran Hak Cipta Yanng Dilakukan Situs Penyedia Layanan Film Streaming Gratis Di Internet (Menurut Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang Hak Cipta).” Diponegoro Law Journal 5(3):1–11.

Fachrozy, Audry, dan Sri Wahyuni. 2020. “Penerapan Sinematografi Pada Penciptaan Film Fiksi Berjudul “ Juara “.” Jurnal Mahasiswa Fakultas Seni dan Desain 1(1):353–62.

Isnaina, Nanan, dan Abdul Rokhim. 2021. “Perlindungan Hukum Terhadap Pemegang Hak Cipta Terkait Pembajakan Sinematografi Di Aplikasi Telegram.” Dinamika 27(7):992–1006.

Phpsxq, Edln, D. L. Nhohelkdq, G. D. Q. Nhnxudqjdq, G. D. Q. Vhwhuxvq, Shqflul Shqdqgd, G. D. Q. Shpehgd, Dqwdud Dqwursrorjl, dan G. D. Q. Vrvlrorjl. n.d. “, 3(1*$17$5.” 0:1–7.

Pradopo, Rachmat Djoko. 1999. “Semiotika: Teori, Metode, Dan

Penerapannya Dalam Pemaknaan Sastra.” Jurnal Humaniora Vol.11 No.:76–84.

Ratih Widyastuti, Made. 2014. “A Psychological Analysis of the Main Character in Green’S the Fault in Our Stars.” Humanis 9(3):1–8.

Rembang, Max, Anderson Daniel Sudarto, dan Jhony Senduk. 2015. “Analisis Semiotika Film ‘Alangkah Lucunya Negeri Ini.’” Acta Diurna IV(1):2.

Riyadi, Tunjung. 2014. “Sinematografi dengan Kamera DSLR.” Humaniora 5(2):919. doi: 10.21512/humaniora.v5i2.3189.

Suparyanto dan Rosad (2015. 2020. “済無No Title No Title No Title.” Suparyanto dan Rosad (2015 5(3):248–53.

Μηχανικων, Τμημα Μηχανολογων, Ε. Κοκκινου, Καραμάνου Ασπασία, Τ. Η. Σ. Ελληνικησ Ημοκρατιασ, Αντιμετώπισης Κινδύνων, Πολιτικής Προστασίας, Έννοιες Ορισμοί, Παρασκευή Ηλία, Μιράντα Δανδουλάκη, Ιωάννα Γαϊτάνη, Dkk Veithzal Rivai, Master Thesis, Gabriella Marie Thérèse Sloane, Ulrike Pröbstl-Haider, Alan W. Rogers, Claudia Paciarotti, Angela Cesaroni, Natalia I. Gorlova, Zulfiya A. Troska, Larisa I. Starovojtova, Tatiana E. Demidova, Anna G. Akhtyan, Aleksandra S. Shcheglova, J. Paul Dunne, Ron P. Smith, Mike Westerdal, All Rights, International Copyright, Graham Cuskelly, Liz Fredline, Eunjung Kim, Shane Barry, Pam Kappelides, Michal Bíl, Florian Heigl, Zbyněk Janoška, Diemer Vercayie, dan Sarah E. Perkins. 2020. “No 主観的健康感を中心とした在宅高齢者における 健康関連指標に関する共分散構造分析Title.” Kaos GL Dergisi 8(75):147–54.




DOI: http://dx.doi.org/10.53666/artchive.v4i1.3652

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Artchive: Indonesia Journal of Visual Art and Design

This Journal is Indexed by: 

Artchive: Indonesia Journal of Visual Art and Design 

E-ISSN: 2723-536X | DOI:10.53666  
Website: https://journal.isi-padangpanjang.ac.id/index.php/artchive/index
Email: artchive@isi-padangpanjang.ac.id | Support Contact Email: artchive.fsrd@gmail.com
Managing Editor : Eva Yanti, S.Ds., M.Si | Administrator: Thegar Risky.S.Kom
Publisher: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat  (LPPM) ISI Padangpanjang
Jalan Bahder Johan, Kota Padangpanjang, Sumatera Barat, Indonesia 27128 | Phone: (0752) 82077 | Fax: (0752) 82803

 

 

Journal © 2018 by Fakultas Seni Rupa dan Desain Institut Seni Indonesia Padangpanjang is licensed under CC BY-NC 4.0