BUDAYA VISUAL MINANGKABAU PADA MOTIF RAGAM HIAS SALUAK LAKA SEBAGAI INSPIRASI DESAIN “TYPEFACE SALAKA”

Aryoni Ananta, Izan Qomarats, Rizaldi Putra Maryadi

Abstract


ABSTRAK

Perancangan typeface yang terinspirasi dari ragam hias Saluak Laka Minangkabau Sumatera Barat ini merupakan bentuk upaya pelestarian budaya sebagai sumber inspirasi budaya, khususnya kekayaan budaya non bendawi (Intangible Heritage) yang ada di Sumatera Barat itu sendiri. Selain itu penerapan motif Saluak Laka kedalam eksplorasi tipografi atau spesifiknya typeface sendiri bertujuan juga menjawab dari permasalahan dalam penerapan typeface pada media-media publikasi yang bertemakan budaya atau kedaerahan yang tidak relevan dengan value produk atau destinasi tertentu. Metode yang digunakan dalam perancangan ini dengan menganalisis data visual tentang motif Saluak Laka dengan analisis 5W+1H serta menggunakan teori semiotika dan estetika. Jenis typeface yang dihasilkan merupakan kategori Display Typeface yang dekoratif. Proses rancangan dimulai dengan Sintesis, Penjaringan ide, Stilasi bentuk motif, deformasi, dan proses transformasi bentuk motif kepada anatomi huruf serta Scaning dan Editing sehingga menghasilkan fisik anaotomi huruf yang sesuai, untuk tahapannya ini dilakukan agar mendapatkan anatomi typefaceyang sesuai dan dapat merepresentasikan motif Saluak Laka namun tetap memiliki readibiltylegibility dan unity pada typeface serta pengaplikasian typeface pada media sebagai simulasi penerapan typeface.

 

Keywords: Saluak Laka, Minangkabau, Typeface

 

ABSTRACT

The design of typeface inspired by the Saluak Laka decoration in Minangkabau, West Sumatra, is a form of cultural preservation as a source of cultural inspiration, especially the wealth of non-material culture (Intangible Heritage) in West Sumatra itself. In addition, the application of the Saluak Laka motif into the exploration of typography or specifically the typeface itself aims to also address problems in the application of typefaces to publication media with cultural or regional themes that are irrelevant to the value of a particular product or destination. The method used in this design is by analyzing visual data about the Saluak Laka motif with 5W+1H analysis and using semiotic and aesthetic theories. The resulting typeface is a decorative Display Typeface category. The design process begins with Synthesis, Networking ideas, Stylization of motif shapes, deformation, and the process of transforming motif shapes into letter anatomy as well as Scanning and Editing to produce an appropriate physical anatomy of letters, for the stages are carried out in order to obtain an appropriate typeface anatomy and can represent the Saluak Laka motif but still has readibilty, legibility and unity in typefaces as well as the application of typefaces in media as a simulation of typeface implementation.

 

 


Keywords


Saluak Laka, Minangkabau, Typeface

Full Text:

PDF

References


Rustan, Surianto. 2011. Huruf Font Tipografi. Jakarta: Gramedia

Sihombing, Danton. 2001. Tipografi dalam Desain Grafis. Jakarta: Gramedia.

Dt. Garang, Amril M.Y. 2019. Ragam Hias Minangkabau. Bekasi: CV. Sarana Cipta Kreasi.

Dt. Garang, Amril M.Y dan Syafrial. 2019. Ragam Hias Tenun Songket Sumatera Barat. Bekasi: CV. Sarana Cipta Kreasi.

Bahrudin, Ahmad.2017. Ornamnen Minangkabau Dalam Perspektif Ikonografi. Padangpanjang: Institut Seni Indonesia Padangpanjang.

Maulia, Hendra. 2019. “Perancangan Rencong Typeface terinspirasi dari Senjata Tradisional Rencong Aceh”. Skripsi. Padangpanjang: ISI Padangpanjang.

Noordyanto, Naufan. 2014. “Perancangan Maduranesia Typeface Terinspirasi dari Ragam Hias Motif Sulur pada Ukiran Tradisional Sumenep Madura”. Skripsi. Yogyakarta: ISI Yogyakarta.

Joselyn, Livia. 2017. “Perancangan Typeface Loru Terinspirasi dari Motif Kain Tenun Flores”. https://dkv.binus.ac.id/2017/11/13/perancangan-typeface-loru-terinspirasi-dari-motif-kain-tenun-flores. (diakses tanggal 26 Februari 2022).

“Tipografi”. https://id.wikipedia.org/wiki/Tipografi (diakses tanggal 26 Februari 2022).

Lazuardi, Aldi. 2018. “Tipografi: Fungsi, Anatomi, dan Klasifikasi”. https://aldilazu.wordpress.com/2018/04/29/tipografi-fungsi-anatomi-dan-klasifikasi (diakses tanggal 21 Februari 2022).

Bentrizal. 2021. “Saluak Laka || Ukiran Minangkabau || Kebersamaan dan Saling Tolong Menolong || By Inyiak Sarugo”. https://www.youtube.com/watch?v=pvpgJFTsQ5A&t=106s (diakses tanggal 23 Februari 2022).




DOI: http://dx.doi.org/10.53666/artchive.v4i1.3764

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Artchive: Indonesia Journal of Visual Art and Design

This Journal is Indexed by: 

Artchive: Indonesia Journal of Visual Art and Design 

E-ISSN: 2723-536X | DOI:10.53666  
Website: https://journal.isi-padangpanjang.ac.id/index.php/artchive/index
Email: artchive@isi-padangpanjang.ac.id | Support Contact Email: artchive.fsrd@gmail.com
Managing Editor : Eva Yanti, S.Ds., M.Si | Administrator: Thegar Risky.S.Kom
Publisher: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat  (LPPM) ISI Padangpanjang
Jalan Bahder Johan, Kota Padangpanjang, Sumatera Barat, Indonesia 27128 | Phone: (0752) 82077 | Fax: (0752) 82803

 

 

Journal © 2018 by Fakultas Seni Rupa dan Desain Institut Seni Indonesia Padangpanjang is licensed under CC BY-NC 4.0