REDESAIN LOGO SONGKET JEMBATAN MERAH SEBAGAI STRATEGI KOMUNIKASI PENGEMBANGAN UMKM SAWAH LUNTO

Izan Qomarats

Abstract


ABSTRAK

Logo merupakan sebuah identitas penting bagi sebuah perusahaan. Akan tetapi, di lain sisi hal yang juga tak kalah pentingnya adalah bagaimana sebuah identitas tersebut dibentuk dan dibangun. Melalui penelitian yang berjudul “Redesain Logo Songket Jembatan Merah sebagai Strategi Komunikasi Pengembangan UMKM Sawah Lunto” tentunya menggunakan pendekatan dan strategi Desain Komunikasi Visual. Metode penelitian kualitatif diterapkan dalam penelitian dengan pendekatan Cyclic Strategy ini dimana sumber informasi data diperoleh melalui wawancara, dokumentasi dan studi pustaka. Hasilnya yaitu, narasumber mengakui adanya image baru yang muncul dari logo baru tersebut sehingga memberikan makna baru terhadap identitas perusahaan. Hal ini, tentunya akan berdampak bagi citra perusahaan di kemudian hari.  

Kata Kunci : Redesain Logo, Songket Jembatan Merah, Cyclic Strategy

ABSTRACT

Logo is an important identity for a company. However, on the other hand, what is equally important is how such an identity is formed and built. Through a research entitled "Redesigning Songket Jembatan Merah Logo as a Communication Strategy for Developing Sawah Lunto", the approach and strategy of Visual Communication Design were certainly used. A qualitative research method was applied in the research with the Cyclic Strategy approach where data information sources were obtained through interviews, documentation, and literature review. The result is that the interviewees acknowledge the emergence of a new image from the new logo, thus giving a new meaning to the company's identity. This, of course, will have an impact on the company's image in the future.


Keywords


Logo Redesign, Songket Jembatan Merah, Cyclic Strategy

Full Text:

PDF

References


Asoka, A., Sawahlunto (Indonesia). Bidang Peninggalan Bersejarah dan Permuseuman, Universitas Andalas. Pusat Studi Humaniora, & Minangkabau Press. (n.d.). Sawahlunto, dulu, kini, dan esok : menyongsong kota wisata tambang yang berbudaya. 382.

Eva Y. (2020). Suatu Pengantar: Metode Dan Riset Desain Komunikasi Visual DKV. deepublish. https://books.google.co.id/books?id=nWsQEAAAQBAJ&printsec=frontcover&source=gbs_ge_summary_r&cad=0#v=onepage&q&f=false

Izan Qomarats, & Eva Y. (2020). Corporate Identity Canting Buana Kreatif: Rancangan dan Pengaplikasiannya | Qomarats | Artchive: Indonesia Journal of Visual Art and Design. Artchive, 2, 72–82. https://journal.isi-padangpanjang.ac.id/index.php/artchive/article/view/1625/662

Siregar. (n.d.). Design Principles in Hadi Andrean’s T-Shirt Image Design | | Artchive: Indonesia Journal of Visual Art and Design. Artchive. Retrieved April 26, 2023, from https://journal.isi-padangpanjang.ac.id/index.php/artchive/article/view/2102/pdf




DOI: http://dx.doi.org/10.53666/artchive.v4i1.3765

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Artchive: Indonesia Journal of Visual Art and Design

This Journal is Indexed by: 

Artchive: Indonesia Journal of Visual Art and Design 

E-ISSN: 2723-536X | DOI:10.53666  
Website: https://journal.isi-padangpanjang.ac.id/index.php/artchive/index
Email: artchive@isi-padangpanjang.ac.id | Support Contact Email: artchive.fsrd@gmail.com
Managing Editor : Eva Yanti, S.Ds., M.Si | Administrator: Thegar Risky.S.Kom
Publisher: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat  (LPPM) ISI Padangpanjang
Jalan Bahder Johan, Kota Padangpanjang, Sumatera Barat, Indonesia 27128 | Phone: (0752) 82077 | Fax: (0752) 82803

 

 

Journal © 2018 by Fakultas Seni Rupa dan Desain Institut Seni Indonesia Padangpanjang is licensed under CC BY-NC 4.0