REDESIGN USER INTERFACE/ USER EXPERIENCE WEBSITE MUSEUM PUSAKA NIAS SEBAGAI MEDIA INFORMASI
Abstract
Abstrak
Perancangan Redesign User interface/ User experience website Museum Pusaka Nias sebagai media informasi bertujuan untuk menjadikan websiteMuseum Pusaka Nias sebagai media yang efektif, fleksibel dan modern serta dapat memberikan pengalaman lebih bagi setiap pengunjung websitedengan beberapa fitur – fitur tambahan hingga penerapan kaidah keilmuan UI/UX yang baik dalam penggarapannya. Museum Pusaka Nias adalah Museum yang dikelola oleh yayasan Museum Pusaka Nias bersifat sosial dan nirlaba. Dengan adanya rancangan ini, diharapkan mampu menarik daya minat pengunjung wisatawan tentang Museum Pusaka Nias baik berbasis website maupun datang secara langsung. Kemudahan akses, informasi yang update hingga responsibilitas web saat digunakan diberbagai platform yang berbeda menjadi hal yang begitu diperhatikan dalam redesign ini. Perancangan ini dimulai dengan pengumpulan data yang bersifat verbal dan visual yang dilakukan secara langsung ke Museum Pusaka Nias. Memetakan dan memahami permasalahan pengguna hingga merumuskan dan menentukan solusi dari permasalahan yang ada hingga dilanjutkan dengan sketsa adalah setiap rangkaian proses penciptaan dalam perancangan ini.
Kata Kunci: Redesain, User Interface, User Experience, Museum Pusaka Nias, Website
Abstract
Planning Redesign User interface/ User experience website The Nias Heritage Museum as an information medium aims to make website The Nias Heritage Museum as a media effective, flexible, and modern and can provide a better experience for every visitor website with several additional features to the application of good UI / UX scientific principles in its cultivation. The Nias Heritage Museum is a social and non-profit museum managed by the Nias Heritage Museum Foundation. With this design, it is hoped that it will attract the interest of tourist visitors to the Nias Heritage Museum website or come directly. Ease of access and information update so that web responsiveness when used on various platforms becomes a matter of great concern redesign. This design begins with collecting verbal and visual data directly at the Nias Heritage Museum. Mapping and understanding user problems to formulate and determine solutions to existing problems to proceed with sketches is every series of the creation process in this design.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Buku
Brown, T. (2009). Change by design: How design thinking transforms organizations and inspires innovation. New York: HarperCollins.
Y.,Eva (2020). Pengantar Metode dan Riset Desain Komunikasi Visual. Yogyakarta: deepublish
Galitz, Wilbert O. 2002. The Essential Guide to User Interface Design. Indiana Polis: Wiley Publishing.
Gulo, Ida Defi Y. 2019. Museum Pusaka Nias Di Kecamatan Gunungsitoli Kabupaten Nias 1995-2008. Strata thesis, Universitas Sumatera Utara.
Heller, Steven. 2012. Stop, Think, Go, Do: How Typography and Graphic Design Influence Behavior, dalam https://bit.ly/3cjMw0W.
Hermawan, Agus. 2012. Komunikasi Pemasaran. Jakarta : Erlangga
Kusrianto, Adi. 2009. Pengantar Desain Komunikasi Visual.Yogyakarta:ANDI
Leedy, Paul D. Dan Jeanne Ellis Ormrod. 2016. Practical Research: Planning and Design, 11th Edition. Boston : Pearson Higher Education
Nias, Yayasan Pusaka. 2008. Katalog Koleksi Seri Pertama-Paviliun I. Gunungsitoli : Museum Pusaka Nias
Nias, Yayasan Pusaka. 2011. Ensiklopedia Pusaka Pulau Nias. Gunungsitoli : Museum Pusaka Nias
Nias, Yayasan Pusaka. 2011. Katalog Koleksi Seri Pertama-Paviliun II. Jakarta : PNPM-R2PN (Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat-Rehabilitasi Rekonstruksi Pulau Nias).
Nugroho, Eko. 2007. Pengenalan Teori Warna. Penerbit : ANDI.
Pipin, Asropudin. 2013. Kamus Teknologi Informasi. Bandung : Titian Ilmu Bandung.
Setyowati, T. 2013. Sistem Informasi Manajemen. Jakarta : Mitra Wacana Media
Sihombing, Danton. 2001. Tipografi Dalam Desain Grafis. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Susanto, Mikke. 2002. diksi rupa, Yogyakarta: kanisius
Jurnal, E-book dan Artikel
Arifin , Ikrima Nuha. Herman Tolle. Retno Indah Rokhmawati. 2019. Evaluasi dan Perancangan User Interface untuk Meningkatkan User Experience menggunakan Metode Human-Centered Design dan Heuristic Evaluation pada Aplikasi Ezyschool . Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, Vol. 3, No. 2, Februari 2019, Hal. 1726-1727.
Luthfan Kin Gumandar. 25 Februari 2022. “UX Research”, Binar Academy.
. 25 Maret 2022. “Design Thinking : Prototype (Part 1)”, Binar Academy.
Satria, Ryan Yudha. 6 September 2021. “Wireframe”, Skilvul Virtual Internship.
. 23 Agustus 2021. “Introduction to UI/UX Design”, Skilvul Virtual Internship.
Turban. 2012. Electronic Commerce. A Managerial And Social Networks Perspective. ISBN 978-3-319-10091-3
Wijaya, Priscila Yunita. 1999. Tipografi dalam desain komunikasi visual. Nirmana Vol. 1 No. 1. Hal : 51-53.
Sumber Internet
Foundation, Interaction Design. 2022. “Design Thinking”, https://www.interaction design.org/literature/topics/design-thinking. Diakses pada 12 mei 2022 pukul 10 : 33.
Nias, Museum Pusaka. 2017. “Profil Yayasan Pusaka Nias”, https://Museum-Nias.org/. Diakses pada 25 April 2022 pukul 09 : 35.
Tristian, Le Breton. 2022. “The fundamentals of responsive website design”, https://99designs.com/blog/tips/responsive-web-design-key-tips-and-approaches/. Diakses pada 20 mei 2022 pukul 12 : 08.
Hariwijaya,Dwinawan. 2022. “Composition”, https://www.dwinawan.com/layout-composition. Diakses pada 25 Oktober 2022 Pukul 10 : 07.
Rhasyab. 2019. “Bagian desain UI yang bisa dijadikan referensi”, https://medium.com/@rhasyab/bagian-desain-ui-yang-bisa-dijadikan-referensi-edf5fe5e9bcb. Diakses Pada 14 November 2022 Pukul 22 : 12.
Informan
Arozanolo Gulo, A.Md (32 Th.). Kepala perpustakaan Museum Pusaka Nias, wawancara tanggal 16 Oktober 2022 di Museum Pusaka Nias, Gunungsitoli.
Filemon Soalisokhi Hulu (28 Th.). Staf Paviliun Museum Pusaka Nias, Wawancara Tanggal 18 Oktober 2022 di Museum Pusaka Nias, Gunungsitoli.
Gratiano Telaumbanua (42 Th.). Staf Museum Pusaka Nias bidang Informasi & Desain, wawancara tanggal 24 Agustus 2022 secara online di aplikasi zoom dan tanggal 16 Oktober 2022 di Museum Pusaka Nias, Gunungsitoli.
Nata’alui Duha, S.Pd (51 Th.). Direktur Museum Pusaka Nias, wawancara tanggal 16 Oktober 2022 di Museum Pusaka Nias, Gunungsitoli.
DOI: http://dx.doi.org/10.53666/artchive.v4i1.3768
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Artchive: Indonesia Journal of Visual Art and Design
This Journal is Indexed by:
Artchive: Indonesia Journal of Visual Art and Design
E-ISSN: 2723-536X | DOI:10.53666
Website: https://journal.isi-padangpanjang.ac.id/index.php/artchive/index
Email: artchive@isi-padangpanjang.ac.id | Support Contact Email: artchive.fsrd@gmail.com
Managing Editor : Eva Yanti, S.Ds., M.Si | Administrator: Thegar Risky.S.Kom
Publisher: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) ISI Padangpanjang
Jalan Bahder Johan, Kota Padangpanjang, Sumatera Barat, Indonesia 27128 | Phone: (0752) 82077 | Fax: (0752) 82803
Journal © 2018 by Fakultas Seni Rupa dan Desain Institut Seni Indonesia Padangpanjang is licensed under CC BY-NC 4.0