EKSPLORASI DAN IMPLEMENTASI ORNAMEN SUMATERA UTARA DALAM KARYA BATIK

wahyu Tri Atmojo, Misgiya Misgiya

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk merekayasa sumber daya budaya lokal dengan cara mengeksplorasi, mengembangkan, dan mengimplementasikan ornamen tradisional Sumatera Utara ke dalam teknik batik tulis guna menciptakan industri kreatif. Budaya lokal yang dimiliki etnik Sum atera Utara sangat variatif, salah satu sumber daya budaya lokal tersebut adalah ornamen. Ornamen merupakan bagian dari wilayah seni rupa yang dapat digarap secara berkelanjutan untuk dapat memberikan manfaat bagi masyarakat untuk mengeksplorasi dan mengembangkan serta mengimplementasikan ornamen tradisional itu ke dalam teknik batik. Penelitian ini menerapkan metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development) dari (Borg dan Gall, 1993),yaitu metode yang menekankan pada pengembangan produk sehingga bisa diaplikasikan dalam konteks yang lebih luas. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui studi kepustakaan, observasi, FGD, dan desiminasi. Metode umum yang digunakan, eksplorasi dan pengembangan desain dengan melibatkan komunitas pencinta batik. Metode khusus adalah metode penciptaan karya dengan membuat desain alternatif hingga desain jadi dengan memperhatikan unsur dan prinsip desain seni rupa yang mengacu pada ornamen tradisional etnik Sumatera Utara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil pembatikan dapat dimanfaatkan dalam perancangan pola untuk menentukan jenis produk. Produk seni kerajinan batik yang dihasilkan berupa lembaran kain dengan ornamen etnik Sumatera Utara ( Nias, Karo, Dairi, Mandailing, Melayu, Simalungun dan Batak Toba) yang dapat dimanfaatkan untuk benda fungsional. Proses penciptaannya melibatkan komunitas mahasiswa, perajin, dan praktisi seni. Eksplorasi dan pengembangan ornamen tradisional etnik Sumatera Utara diimplementasikan dalam teknik batik tulis sehingga muncul seni batik dengan corak dan gaya khas etnik Sumatera Utara serta menambah khasanah seni batik di Indonesia.

Keywords


Eksplorasi; implementasi; ornamen; batik etnik Sumatera Utara

References


Atmojo, Wahyu Tri, dkk. 2016. ”Rekayasa Industri dan Budaya dalam Penciptaan Batik untuk Mendukung Industri Kreatif di Kota Medan” Laporan Penelitian, Skim Hilirisasi, Lemlit Unimed . _______. 2013,“Penciptaan Batik Melayu”,Jurnal Terakreditasi Nasional PANGGUNG: Jurnal Ilmiah Seni & Budaya, Vol. 23 N0. 1 Maret 2013, STSI Bandung.

_______. 2011,“Cenderamata Berbasis Seni Etnik Batak”,Jurnal Terakreditasi Nasional PANGGUNG: Jurnal Ilmiah Seni & Budaya, Vol. 21 N0. 3 Juli-September 2011,STSI Bandung.

_______. 2010,“Ornamen Tradisional Batak dalam Teknik Batik”,Jurnal Terakreditasi Nasional PANGGUNG: Jurnal Ilmiah Seni & Budaya,Vol.20 N0. 2 April-Juni 2010,STSI Bandung. _______. 2008, “Menggali dan Mengembangkan Seni Tradisi” dalam harian Analisa, Medan. _______. 2008, ”Ornamen Tradisional Batak dalam Teknik Batik” dalam harian Analisa, Medan. _______. 2005, “Menumbuhkan Masa Depan Bagi Seni Kriya Klasik Indonesia” Jurnal Gelar: Jurnal Ilmu dan Seni, STSI Surakarta (ISI Surakarta). _______. 2002, “Meniti Keberadaan Seni Kriya Tradisional dan Modern di Era Globalisasi” Jurnal Visi Wacana, Imaispa Bandung. Borg R. Walter dan Gall D. Meredith. 1993.

Educational Research. New York: Longman, Inc. Feldman, Edmun Burke. 1967, Art as Image and Idea, Englewood Cliffs, New Jersey: PrinticeHall Inc. Gustami,SP. 1980. Nukilan Seni Ornamen Indonesia. Yogyakarta: Sekolah Tinggi Seni Rupa Indonesia. Hadi, Sutrisno. 1982. Metodologi Research, Jilid I. Yogyakarta: Yayasan Penerbitan Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada. Meyer, Franz Sales. 1892. Hand Book of Ornament. Carlsruhe: Dover Publisher. Mulia, TGS, dan Hidding. 1972. Ensiklopedia Indonesia. Bandung: W. Van Hoeve. Sachari, Agus. 1986. Paradigma Desain Indonesia. Jakarta: Rajawali. Sipahelut, Atisah dan Petrus Sumadi. 1991. DasarDasar Desain. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Sirait, Baginda. 1980. “Pengumpulan dan Dokumentasi Ornamen Tradisional di Sumatera Utara” Pemerintah Daerah Tingkat I Propinsi Sumatera Utara.

Soesanto, Sewan.1984. Seni dan Karya Batik. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Sternberg, Robert J. dan Todd I. Lubart. “The Concept of Creativity: Prospects and Paradigsm,” dalam Robert J. Sternberg, ed. 1999. Handbook of Creativity, New York: Cambridge University Press. Sudarjo, Y. 1989. Ornamentik Indonesia. Surakarta: Sebelas Maret University Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.53666/artchive.v1i1.576

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 ARTCHIVE

This Journal is Indexed by: 

Artchive: Indonesia Journal of Visual Art and Design 

E-ISSN: 2723-536X | DOI:10.53666  
Website: https://journal.isi-padangpanjang.ac.id/index.php/artchive/index
Email: artchive@isi-padangpanjang.ac.id | Support Contact Email: artchive.fsrd@gmail.com
Managing Editor : Eva Yanti, S.Ds., M.Si | Administrator: Thegar Risky.S.Kom
Publisher: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat  (LPPM) ISI Padangpanjang
Jalan Bahder Johan, Kota Padangpanjang, Sumatera Barat, Indonesia 27128 | Phone: (0752) 82077 | Fax: (0752) 82803

 

 

Journal © 2018 by Fakultas Seni Rupa dan Desain Institut Seni Indonesia Padangpanjang is licensed under CC BY-NC 4.0