PELATIHAN MUSIK MELAYU MAK INANG PULAU KAMPAI DI SMAN 5 KOTA PALEMBANG
Abstract
Pelatihan ini dirasa sangat penting, mengingat dasar-dasar teori musik sebagai acuan untuk membaca notasi baik itu notasi angka dan pengenalan notasi balok. Siswa harus diperkenalkan dengan notasi angka dan notasi balok sebagai pondasi untuk membaca partitur di dalam Lagu. Tujuan Kegiatan Pengabdian Masyarakat ini yaitu untuk melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi, merealisasikan Program Kerja Program Studi Pendidikan Seni Pertunjukan, memberikan pelatihan dan pengetahuan dalam pengenalan teori dan praktek, memberikan pelatihan dan pengetahuan dalam bentuk penanaman apresiasi terhadap Teori dan praktek dengan tema Pelatihan Musik Melayu Mak Inang Pulau Kampai Pada Siswa-Siswi SMAN 5 Kota Palembang. Pelaksanaan kegiatan PkM ini dilakukan oleh 6 orang tim pengabdi dengan pokok bahasan yaitu Pengenalan Tentang Seni Pertunjukan, Teknik Membaca Notasi Lagu, Teknik Bermain Melodi Musik Melayu, Tehnik dasar vokal dan pengaplikasiannya, serta Melodi Lagu Melayu Dan Praktek. Ketercapaian tujuan Pelatihan Musik Melayu Mak Inang Pulau Kampai secara umum sudah baik, namun keterbatasan waktu dan jarak yang disediakan mengakibatkan tidak semua materi tentang musik dapat tersampaikan secara detil. Namun dilihat dari hasil latihan para peserta dalam menyanyikan dan memahami materi musik dan lagu Mak Inang Pulau Kampai, maka dapat disimpulkan bahwa tujuan kegiatan ini dapat tercapai.
Kata Kunci: Musik Melayu; Mak Inang Pulau Kampai.
Full Text:
PDFReferences
Andika, B., Andiko, B., & Sari, D. P. (2020). METODE PELATIHAN BERNYANYI DAN BERCERITA PADA GURU-GURU TK / PAUD SE-. BATOBOH, 5(2).
Banoe, P. (1985). Kamus istilah musik. Baru. https://books.google.co.id/books?id=RkkjAAAAMAAJ&q=Pono+Banoe.+1984.+Kamus+Musik&dq=Pono+Banoe.+1984.+Kamus+Musik&hl=en&sa=X&ved=2ahUKEwiYlIHNg-TuAhUFWX0KHfePD18Q6AEwAXoECAEQAg
Darmansyah, Novesar Jamarun, Firdaus, Indra Arifin, F. M. (2016). PELATIHAN INSTRUMEN MUSIK TRADISIONAL MINANGKABAU DI MAN 2 GUNUNG PADANGPANJANG. Batoboh, 1(2), 1–8. http://dx.doi.org/10.1016/j.cirp.2016.06.001%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.powtec.2016.12.055%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.ijfatigue.2019.02.006%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.matlet.2019.04.024%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.matlet.2019.127252%0Ahttp://dx.doi.o
Kuantani, M. R. Al. (2019). PEMBELAJARAN LAGU YA MAULANA DALAM FORMAT VOCAL GROUP PADA SISWA SMAN 2 PADANGPANJANG. Batoboh, 5(1).
Putra, R. E. (2020). RASE TAK SERUPE MUSIK MELAYU TRADISI DENGAN PENGEMBANGAN MUSIK MODERN DALAM RUANG PERTUNJUKAN KOMPOSISI MUSIK NUSANTARA. V(2).
Sa’dullah, M. (2016). Pembelajaran Apresiasi Seni Musik Kelas VIIA SMP Negeri 1 Welehan. Skripsi UNNES.
Sepdwiko, D. (2020). PEMBELAJARAN MUSIK ANSAMBEL REBANA MENGGUNAKAN METODE DRILL PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 15 PALEMBANG. Jurnal Laga-Laga, 6(1).
Simanungkalit, N. (2013). Teknik Vokal Paduan Suara. Gramedia Pustaka Utama. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=_l9nDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP1&dq=vokal+adalah&ots=kELfsCImoB&sig=ODYQuE43gfx62pDX7ia5_mriASg&redir_esc=y#v=onepage&q=vokal adalah&f=false
Suryadi, H., Tindaon, R., & Sriwulan, W. (n.d.). PEMBELAJARAN LAGU ADA ANAK BERTANYA PADA BAPAKNYA DENGAN FORMASI DRUMBAND DI SMP N 5 PADANGPANJANG. BATOBOH, 5(1).
Yelli, N., & Sepdwiko, D. (2020). BENTUK SYAIR LAGU DALAM PERTUNJUKAN SYAROFAL ANAM DI PEDESTRIAN SUDIRMAN KOTA PALEMBANG. Jurnal Sitakara, V(2).
DOI: http://dx.doi.org/10.26887/bt.v6i2.1311
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This Journal is Indexed by:
Batoboh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
E-ISSN: 2599-1906 | P-ISSN: 2548-5458 | DOI: 10.26887/bt.Website: https://journal.isi-padangpanjang.ac.id/index.php/Batoboh/index
Email: batoboh@gmail.com | Support Contact Email: thegar.risky@gmail.com
Editor in Chief: Dr. Febri Yulika, S.Ag.,M.Hum | Managing Editor: Thegar Risky.S.Kom
Publisher: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) ISI Padangpanjang
Jalan Bahder Johan, Kota Padangpanjang, Sumatera Barat, Indonesia 27128 | Phone: (0752) 82077 | Fax: (0752) 82803
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License