PENERAPAN MARKETING BRANDING STRATEGY PADA UNIT USAHA MIKRO KECIL PONDOK YATIM BINAAN HUMAN INITIATIVE ACEH

Dewi Maya Sari, Naria Fitriani, Mutia Arfiani

Abstract


ABSTRAK

Kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan berupa workshop tentang Marketing Branding Strategy pada unit usaha binaan Pondok Yatim binaan Human Initiative. Peserta yang merupakan santri pada pondok Baitul Quran (laki-laki) dan pondok Istanbul Baba Murat Korkmaz (perempuan) tersebut diberikan pengetahuan serta pendalaman skil tentang pentingnya brand . Kegiatan dilaksanakan selama dua hari pada tanggal 25 dan 26 Januari 2021 Melalui metode deskriptif ini, workshop dilaksanakan dalam empat tahap yang meliputi pemaparan permasalahan mitra, persiapan, pemaparan materi workshop serta monitoring dan evaluasi. Selama kegiatan berlangsung, peserta yang sudah memiliki bisnis seperti ; menjahit dan rajut tampak antusias sehingga membuktikan bahwa pengetahuan tentang marketing branding strategy dapat dipraktekkan secara efektif. Hasil dari kegiatan workshop ini adalah peserta paham strategi marketing yang baik dan sesuai dengan jenis usahanya. Peserta telah menentukan strategi marketing yang akan diterapkan dan metode pemasaran yang selama ini diterapkan dapat dicampur dengan menghadirkan teknologi yang berupa promosi melalui media sosial seperti instagram, marketplace dsb.

Kata Kunci: marketing branding strategy; pondok yatim


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

A. Anarnkaporn, “Branding as a Competitive Advantage for SMEs,” RU Int. J., vol. 1, no. 1, pp. 25–36, 2007.

D. Melissa, The Fundamentals of Branding. London: Bloomsbury Publishing, 2017.

D. A. Fitri and Mansur, “Pelatihan Desain dan Promosi Online Produk Kerupuk Ikan Dan Kerupuk Sagu Di Kuala Alam Kecamatan Bengkalis,” Batoboh, vol. 3, no. 1, pp. 48–54, 2018.

Hendra, I. Qomarats, and S. Rahayu, “Pelatihan Desain Gerabah Dengan Teknik Batik Di SMKN1 Kecamatan Luak Kabupaten 50 Kota,” Batoboh, vol. 5, no. 2, pp. 124–138, 2020.

Bramantijo, Karsam, and T. Proyoleksono, “Tote Bag Berbahan Tenun Gedhog Sebagai Produk Penunjang Bagi UKM Tenun dan Batik Gedhog Tuban,” J. Batoboh, vol. 2, no. 2, pp. 124–132, 2017.

R. R. Permata, T. Safiranita, and B. Utama, “Pentingnya Merek Bagi Pelaku Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Di Jawa Barat,” Dialogia Iurid. J. Huk. Bisnis dan Investasi, vol. 10, no. 2, pp. 33–38, 2019.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 15 Tahun 2001 Tentang Merek. .

M. Neumeier, The Brand Gap, Revise Edi. New York: New Riders Publishing, 2005.

J. Pengabdian, K. Masyarakat, S. D. Setiawati, M. Retnasari, and D. Fitriawati, “Strategi membangun branding bagi pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah,” J. Abdimas BSI, vol. 2, no. 1, pp. 125–136, 2019.

S. Gregory, “11 Simple Steps for a Successful Brand Building Process,” Freshsparks.com, 2018. [Online]. Available: https://freshsparks.com/successful-brand-building-process/.

B. R. Londhe, “Marketing Mix for Next Generation Marketing,” Procedia Econ. Financ., vol. 11, no. 1964, pp. 335–340, 2014.

M. Išoraitė, “Marketing Mix Theoretical Aspects,” Int. J. Res. -GRANTHAALAYAH, vol. 4, no. 6, pp. 25–37, 2016.

M. Singh, “Marketing Mix of 4P’S for Competitive Advantage,” IOSR J. Bus. Manag., vol. 3, no. 6, pp. 40–45, 2012.

E. Hadiyati, “Kajian Pendekatan Pemasaran Kewirausahaan dan Kinerja Penjualan Usaha Kecil,” J. Manaj. dan Kewirausahaan, vol. 11, no. 2, pp. 183–192, 2009.

M. T. P. M. B. Tiago and J. M. C. Veríssimo, “Digital marketing and social media: Why bother?,” Bus. Horiz., vol. 57, no. 6, pp. 703–708, 2014.

R. Sanjaya and J. Tarigan, Creative Digital Marketing. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo, 2013.

R. Jain, “Impact of Social Media Marketing on SME Business SME Marketing Obstacles Digital Marketing - a great opportunity for SME ’ s,” SAMVAD Int. J. Manag., vol. 8, no. 1, 2015.

M. P. Pradhan, D. Nigam, and C. K. Tiwari, “Digital Marketing & SMEs: An Identification of Research Gap via Archives of Past Research,” J. Internet Bank. Commer., vol. 23, no. 1, pp. 1–14, 2018.




DOI: http://dx.doi.org/10.26887/bt.v6i2.1379

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.