PELATIHAN SENI TARI DAN MUSIK SEBAGAI MEDIA TERAPI PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SEKOLAH DASAR LUAR BIASASILAING BAWAH KOTA PADANGPANJANG
Abstract
Pengabdian kepada masyarakat merupakan salah satu tugas utama yang harus dilaksanakan oleh seorang dosen sebagai wujud dari Tri Dharma Perguruan Tinggi. Pada kesempatan kali ini tim pengabdian dari ISI Padangpanjang melaksanakan kegiatan pelatihan seni tari dan musik pada anak berkebutuhan khusus (ABK) di Sekolah Dasar Luar Biasa ( SDLB ) Silaing Bawah Kota Padangpanjang, Kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan ini adalah dalam bentuk pelatihan seni tari berpasangan, tarian berkelompok dengan propertyselendang dan seni musik talempong pacik dan gandang. Anak berkebutuhan khusus ( ABK ) adalah anak yang mengalami kekurangan secara fisik seperti tuna netra, tuna rungu, anak mongoloid atau anak mirip sedunia dan anak yang memiliki gangguan mental seperti tuna grahita, tuna laras, anak autis dan debil. Pelatihan akan dilakukan bukanlah seperti pelatihan yang dilakukan pada anak-anak normal pada umumnya, akan tetapi pelatihan dilakukan dengan metode yang disesuaikan dengan tingkat kemampuan anak dalam kondisi berbagai bentuk keadaan anak didik pada mitra pengabdian ini Diharapkan dengan adanya kegiatan pelatihan kesenian ini, kiranya dapat merangsang atau membina potensi seni yang dimiliki anak, khususnya dalam hal seni tari dan musik. Di samping itu dengan adanya pelatihan ini diharapkan dapat menjadi motivasi bagi anak didik untuk dapat berolah rasa, dan menjadi media terapi bagi anak-anak berkebutuhan khusus, sehingga mereka mempunyai rasa percaya diri dan mampu beraktivitas kesenian seperti anak normal lainnya.
Full Text:
PDFReferences
Achmad Maulana dkk, 2004. Kamus Ilmiah Populer.Yogyakarta: Absolut.
Djelantik, A. A. A. 2004. Estetika Sebuah Pengantar. Yogyakarta: MSPI.
Pramutomo et al, 2016, Revitalisasi Budaya Lokal Berbasis Ekspresi Seni Komunitas, Surakarta, ISI Press
Robby Hidayat, 2011, Koreografi dan Kreatifitas, Yogyakarta: Kendik Media Pustaka Seni Indonesia.
Soedarsono , 1987, Pengantar Pengetahuan dan Komposisi tari, Yogyakarta: Akademi Seni Tari Indonesia
Sumarjo , Yakop, 2000. Filsafat Seni. Bandung: ITB.
Wiliams Stern, 2005. Psikologi Perkembangan, dalam Abu Ahmad, Jakarta: PT Rineka Cipta.
http://www.indopositive.org/2014/12/p endidikan-dan-penyandang- disabilitas.html
DOI: http://dx.doi.org/10.26887/bt.v1i1.139
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This Journal is Indexed by:
Batoboh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
E-ISSN: 2599-1906 | P-ISSN: 2548-5458 | DOI: 10.26887/bt.Website: https://journal.isi-padangpanjang.ac.id/index.php/Batoboh/index
Email: batoboh@gmail.com | Support Contact Email: thegar.risky@gmail.com
Editor in Chief: Dr. Febri Yulika, S.Ag.,M.Hum | Managing Editor: Thegar Risky.S.Kom
Publisher: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) ISI Padangpanjang
Jalan Bahder Johan, Kota Padangpanjang, Sumatera Barat, Indonesia 27128 | Phone: (0752) 82077 | Fax: (0752) 82803
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License