Pendampingan Media Pembelajaran Realistik dan Menyenangkan bagi Guru SDN Balerejo, Kecamatan Kawedanan, Kabupaten Magetan
Abstract
Media pembelajaran merupakan perantara bagi para guru untuk mengembangkan kreativitas dalam materi pembelajaran yang realistik dan menyenangkan. Berpandangan sisi dari guru harus mampu memilah dan memilih media pembelajaran yang cocok dan cocok dalam tujuan pembelajaran. Adapun pemilihan media pembelajaran sebelum dipergunakan harus memenuhi kriteria yang diperhatikan guru sehingga pemilihan tepat sasaran kepada siswa dan mampu menyampaikan pembelajaran secara baik dan berhasil memberikan pemahaman sehingga menghasilkan prestasi belajar yang unggul di sekolah. Adapun media Pembelajaran yang dibuat berjumlah tiga yaitu ular tangga pembelajaran yang digunakan untuk mata pelajaran matematika, monopoli pembelajaran yang digunakan untuk mata pelajaran tematik, dan yang terakhir adalah peredaran darah yang digunakan untuk mata pelajaran IPA. Pelaksanaan metode kegiatan ini ialah wawancara dan diskusi bersama dengan para guru pada tahap perencanaan dan sosialisasi. Adanya media pembelajaran siswa bisa melihat, melakukan dan merasakan pelajaran sebagaimana media yang digunakan dalam pembelajaran.
Full Text:
PDFReferences
KEPUSTAKAAN
Ananda, R. (2018). PENERAPAN PENDEKATAN REALISTICS MATHEMATICS EDUCATION (RME) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SEKOLAH DASAR. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 125–133. https://doi.org/10.31004/cendekia.v2i1.39
Anggraeni, P., & Akbar, A. (2018). KESESUAIAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DAN PROSES PEMBELAJARAN. Jurnal Pesona Dasar, 6(2). https://doi.org/10.24815/pear.v6i2.12197
Humaidi, H., & Sain, M. (2020). Pengembangan Kreativitas Guru dalam Proses Pembelajaran. Al-Liqo: Jurnal Pendidikan Islam, 5(02), 146–160. https://doi.org/10.46963/alliqo.v5i02.238
Kumala, D. R., Rohmah, Z., & ... (2020). Pendampingan Belajar Menggunakan Media Ular Tangga Pembelajaran Bahasa Inggris Siswa SD di Bandarkedungmulyo. Jumat Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan, 1(1), 44–47. http://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/abdimaspen/article/view/1065
Mahesti, G., & Koeswanti, H. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Monopoli Asean untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tema 1 Selamatkan Makhluk Hidup Pada Siswa Kelas 6 Sekolah Dasar. MIMBAR PGSD Undiksha, 9(1), 30. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i1.33586
Multahada, A. (2022). Program Pelatihan Guru Dalam Pembuatan Dan Implementasi Media Cerita Bergambar Pada Anak Usia Dini Di Pusat Kerja Guru ( Pkg ). JPKM : Urnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 24–30.
Nur’aini, I. L., Harahap, E., Badruzzaman, F. H., & Darmawan, D. (2017). Pembelajaran Matematika Geometri Secara Realistis Dengan GeoGebra. Matematika, 16(2). https://doi.org/10.29313/jmtm.v16i2.3900
Rifai, M. H. (2017). Pemilihan Media Dalam Pembelajaran Geografi. Edudikara: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(2), 125–136. http://ojs.iptpisurakarta.org/index.php/Edudikara/article/view/41
Riskiawan, H. Y., Sarwo Setyohadi, D. P., & Arifianto, A. S. (2016). Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia untuk Meningkatkan Kualitas dan Kreativitas Guru SMA. J-Dinamika : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 48–52. https://doi.org/10.25047/j-dinamika.v1i1.134
Wirabumi, R. (2020). Metode Pembelajaran Ceramah. Annual Conference on Islamic Education and Thought, 1(1), 111.
DOI: http://dx.doi.org/10.26887/bt.v8i1.3458
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This Journal is Indexed by:
Batoboh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
E-ISSN: 2599-1906 | P-ISSN: 2548-5458 | DOI: 10.26887/bt.Website: https://journal.isi-padangpanjang.ac.id/index.php/Batoboh/index
Email: batoboh@gmail.com | Support Contact Email: thegar.risky@gmail.com
Editor in Chief: Dr. Febri Yulika, S.Ag.,M.Hum | Managing Editor: Thegar Risky.S.Kom
Publisher: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) ISI Padangpanjang
Jalan Bahder Johan, Kota Padangpanjang, Sumatera Barat, Indonesia 27128 | Phone: (0752) 82077 | Fax: (0752) 82803
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License