Pembuatan Alat Ukir dan Duplikator Ukiran Semi Masinal di “4interior” Bukit Surungan Padangpanjang

Nofrial Nofrial

Abstract


Pengabdian bertujuan melatih pemilik dan karyawan “4interior” di Bukit Surungan Padangpanjang, merancang dan membuat alat ukir dan duplikator ukiran semi masinal. 4interior bergerak dalam pembuatan mebel dan ukiran, serta cenderamata. 4interior berdiri tahun 2015, masih berskala kecil, tetapi mempunyai prospek bagus, karena produk menyesuaikan dengan trend mebel saat ini, baik model klasik maupun minimalis.

Proses produksi khususnya pembuatan ukiran masih terkendala tenaga terampil, ukiran masih dibuat secara manual menggunakan pahat ukir. Ketersediaan mesin ukir Computer Numeric Control (CNC) di pasaran dengan harga yang tinggi, belum terjangkau oleh pemilik usaha. Berangkat dari hal tersebutlah dirancang dan dibuat alat yang menyerupai fungsi CNC guna membantu proses pembuatan ukiran.

Pengabdian menggunakan metode ceramah, demontrasi dan praktek, serta diskusi. Ceramah menyampaikan pengetahuan secara teknik pembuatan alat. Demonstrasi memberikan keterampilan proses perancangan dan pembuatan alat. Pelatihan ini menghasilkan dua unit alat, terdiri dari alat ukir dan duplikator ukiran semi masinal. Alat dapat berfungsi untuk membuat motif ukiran sederhana beerbasis lingkaran, serta menduplikat ukiran sederhana. Alat juga dapat digunakan untuk menduplikat produk dua atau tiga dimensi. Dengan alat duplikator telah diduplikat motif pilin dan motif itiak pulang patang. Melalui alat ukir telah dibuat motif ukiran garis bentuk dasar lingkaran untuk panel pintu.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.26887/bt.v8i1.3673

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This Journal is Indexed by: 

Batoboh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 

E-ISSN: 2599-1906 | P-ISSN: 2548-5458 | DOI: 10.26887/bt. 
Website: https://journal.isi-padangpanjang.ac.id/index.php/Batoboh/index
Email: batoboh@gmail.com | Support Contact Email: thegar.risky@gmail.com
Editor in Chief: Dr. Febri Yulika, S.Ag.,M.Hum | Managing Editor: Thegar Risky.S.Kom
Publisher: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat  (LPPM) ISI Padangpanjang
Jalan Bahder Johan, Kota Padangpanjang, Sumatera Barat, Indonesia 27128 | Phone: (0752) 82077 | Fax: (0752) 82803


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License