Pelatihan Pemasaran Produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Era Digital Pada Batik Rang Minang
Abstract
Pengabdian ini ditujukan untuk meningkatkan strategi pemasaran produk di era digitalisasi. Kegiatan pengabdian masyarakat dilakukan berupa pelatihan tentang branding strategy pada UMKM Batik Rang Minang Padang Panjang. Peserta yang hadir pada pengabdian ini bukan hanya dihadiri oleh anggota UMKM Batik Rang Minang, tetapi juga dihadiri oleh beberapa UMKM lainnya dari kota Padang Panjang. Kegiatan dilaksanakan selama satu hari pada Tanggal 26 Desember 2022. Adapun metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah metode ceramah dan tanya jawab, metode demonstrasi serta metode presentasi. Pelatihan dilakukan dengan lima tahap yang meliputi pembukaan Pembukaan dan Penjelasan tentang Pelatihan Pemasaran Produk, pemaparan materi dengan ceramah dan tanya jawab, demonstrasi, presentasi hasil dan evaluasi. Selama kegiatan berlangsung, para anggota UMKM sangat antusias mendengarkan materi yang dipaparkan dan mempraktekkan materi penyusunan kalimat copywriting yang benar dan mempresentasikan didepan anggota UMKM lainnya. Hasil dari pengabdian ini para pelaku UMKM memiliki kemampuan untuk menyusun strategi pemasaran/promosi yang baik di era digital dan mampu meningkatkan kualitas konten media sosial yang telah dipilih yang dijadikan sarana pemasaran produk sehingga dapat menguasai pasar dan mampu bersaing dengan para competitor.
Full Text:
PDFReferences
Ali, H. (2013). Marketing dan Kasus-kasus Pilihan. CAPS (Center For Academic Publishing Service).
Christiana, I., Putri, L. P., & Putra, R. A. (2022). Edukasi Penerapan Digital Marketing Bagi Pengarajin UMKM Batik. ABDI SABHA, 24–29.
Juliawati, N. (2012). Koordinasi dan Usaha Koordinasi dalam Organisasi: Sebuah Kerangka Studi. Jirnal Administrasi Bisnis, 8, 76–91.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2012). Marketing Management. Pearson Education Limited.
Musman, A., B, A., & Arini. (2011). Batik: Warisan Adiluhung Nusantara. Andi Offset.
Santosa, I. (2022). Bangga Batik Indonesia yang Mendunia. Maranatha News. https://news.maranatha.edu/featured/bangga-batik-indonesia-yang-mendunia
Sari, D. M., Fitriani, N., & Arfiani, M. (2021). Penerapan Marketing Branding Strategy Pada Unit Usaha Mikro Kecil Pondok Yatim Binaan Human Initiative Aceh. BATOBOH: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 5458, 119–135. http://journal.isi-padangpanjang.ac.id/index.php/Batoboh/article/view/1379%0Ahttp://journal.isi-padangpanjang.ac.id/index.php/Batoboh/article/viewFile/1379/745
Sundari, S., Widdiyanti, W., Yanuarmi, D., & Ditto, A. (2018). Ekstrakurikuler Batik Di Man 2 Kota Bukittinggi. Batoboh, 3(2), 92. https://doi.org/10.26887/bt.v3i2.522
Widiastuti, C. T., Widayat, G. M., Dina, K., Prasetyani, E. T., & Fatkhur, D. F. I. (2022). PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PELATIHAN PEMASARAN ONLINE BAGI UMKM DI KELURAHAN MLATIBARU SEMARANG. BUDIMAS, 4(1), 1–8.
Yanuarmi, D., Widdiyanti, W., & Sundari, S. (2019). Kreatifitas Melalui Batik Cap Dari Karton Bekas Pada Siswa Disabilitas. Batoboh, 4(2), 69. https://doi.org/10.26887/bt.v4i2.899
DOI: http://dx.doi.org/10.26887/bt.v8i2.3695
Refbacks
This Journal is Indexed by:
Batoboh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
E-ISSN: 2599-1906 | P-ISSN: 2548-5458 | DOI: 10.26887/bt.Website: https://journal.isi-padangpanjang.ac.id/index.php/Batoboh/index
Email: batoboh@gmail.com | Support Contact Email: thegar.risky@gmail.com
Editor in Chief: Dr. Febri Yulika, S.Ag.,M.Hum | Managing Editor: Thegar Risky.S.Kom
Publisher: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) ISI Padangpanjang
Jalan Bahder Johan, Kota Padangpanjang, Sumatera Barat, Indonesia 27128 | Phone: (0752) 82077 | Fax: (0752) 82803
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License