PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN COMPUTATIONAL THINKING DENGAN MENGGUNAKAN APLIKASI SCRATCH DI PONDOK PESANTREN AL ASROR KOTA SEMARANG

Avin Wimar Budyastomo, Fahrudin Yusuf

Abstract


Tujuan pelaksanaan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini adalah untuk memperkenalkan santri dalam memahami dan mengajarkan metode pembelajaran dengan metode berfikir secara komputasi dengan menggunakan aplikasi scracth di Pondok Pesantren Al Asror Kota Semarang.

Metode yang digunakan dalam kegiatan Pengabdian kepada masyarakat ini adalah PAR (Participatory Action Research). Pada kegiatan ini menggunakan PAR tipe tematik, yakni pengenalan suatu metode pembelajaran secara komputasi berbasis Pondok Pesantren. Populasi dalam kegiatan ini adalah santri Pondok Pesantren Al Asror Kota Semarang. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik quota random sampling sehingga didapatkan sebanyak 150 sampel. Teknik pengambilan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi.

Hasil dari kegiatan ini adalah sebagai berikut: 1). Bahwa sebanyak 41% dari total 150 responden (62 Orang) menjawab perlu adanya penerapan metode computational thinking dalam Pondok Pesantren Al Asror Kota Semarang. 2). Bahwa sebanyak 56 % (84 orang) menjawab sangat penting dalam penguassan CT. 3). Bahwa sebanyak 62 % (93 orang) menjawab sangat penting CT diajarkan kepada peserta didik sejak dini.  4). bahwa sebanyak 39% (59 orang) menjawab sangat penting penerapan CT ke kurikulum pendidikan pendidikan di Pondok Pesantren Al Asror Kota Semarang penting dilakukan. 5). bahwa sebanyak 98% (147 orang) menjawab perlu Pelatihan CT Lebih Lanjut, dan 6). bahwa sebanyak 97 % (146 orang) menjawab puas Dalam Mempelajari CT.


Full Text:

PDF

References


Aditya, D. Y. (2016). Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Resitasi Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal SAP, 1(2), 165–174.

Anjani, A., Syapitri, G. H., & Lutfia, R. I. (2020). Analisis Metode Pembelajaran di Sekolah Dasar. Fondatia, 4(1), 67–85. https://doi.org/10.36088/fondatia.v4i1.442

Budyastomo, A. W., & Hasan, S. (2021). Peran Pengabdian Masyarakat Melalui Penguatan Keluarga, Kelembagaan Sosial Dan Desa Di Masa Pandemi Covid-19. Batoboh, 6(1), 19–32. https://doi.org/10.26887/bt.v6i1.1584

Chrismanto, A. R., Wijana, K., Verianto, E., Wibowo, A., & Lukito, Y. (2021). Pendampingan Dan Pelatihan Penguatan Computational Thinking Sebagai Kemampuan Utama Abad 21. ABDIMAS ALTRUIS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 83–91. https://doi.org/10.24071/aa.v3i2.3210

Hasanah, U., Susilowati, D., & Haryadi, H. (2022). Pendampingan Mahasiswa Dalam Berpikir Secara Komputasi ( Computational Thinking ). Abdinesia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 7–14.

Herman. (2013). Sejarah Pesantren Di Indonesia. Al-TA’DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 6(2), 145–158. https://doi.org/10.31332/ATDB.V6I2.311

Hidayat, E. Y., Affandy, A., & Pertiwi, A. (2020). Pembelajaran Computational Thinking untuk Siswa SMA Institut Indonesia Semarang. Abdimasku : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(3), 93. https://doi.org/10.33633/ja.v3i3.104

Ilyas, M., & Syahid, A. (2018). Pentingnya Metodologi Pembelajaran Bagi Guru. Jurnal Al-Aulia, 04(01), 58–85. https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=672676#

Ismarmiaty, Agustin, K., Madani, M., Sriwinarti, N. K., Zainuddin, & Supatmiwati, D. (2022). Penguatan Kemampuan Computational Thinking Pada Pemberdayaan Gurudan Siswa Sekolah Dasar Di Pulau Lombok. Transformasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 18(2), 253–267. https://doi.org/10.20414/transformasi.v18i2.5034.

Kartarina, Madani, M., Supatmiwati, D., Riberu, R. A., & Lestari, I. P. (2021). Sosialisasi dan Pengenalan Computational Thinking kepada Guru pada Program Gerakan Pandai oleh Bebras Biro Universitas Bumigora. ADMA : Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(1), 27–34. https://doi.org/10.30812/adma.v2i1.1271.

Kosim, A., & Fathurrohman. (2018). Pendidikan Agama Islam (E. Kuswandi (ed.); 1st ed., Vol. 1). Remaja Rosdakarya.

Lestari, I. P. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Scratch Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kelas IV Sekolah Dasar. JPGSD: Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(6), 2. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/29732.

Ma’ruf. (2019). Pondok Pesantren: Lembaga Pendidikan Pembentuk Karakter. JURNAL MUBTADIIN, 5(02), 93–104.

Niswar, M., Ilham, A. A., Zainuddin, Z., Adnan, Wahyudi, A. P., Warni, E., Aswad, I., & Muslimin, Z. (2021). Sosialisasi Metode Berfikir Komputasional pada Pendidikan Dasar dan Menengah di Lingkup Sulawesi Selatan. JURNAL TEPAT : Teknologi Terapan Untuk Pengabdian Masyarakat, 4(1), 46–52. https://doi.org/10.25042/jurnal_tepat.v4i1.172.

Nuraenahfisah, T. (2013). Pengaruh Penggunaan Scratch Terhadap Kreativitas Berfikir Matematis (Studi Eksperimen Terhadap Siswa Kelas VIII MTs Negeri Ketanggungan Kabupaten Brebes). Eduma : Mathematics Education Learning and Teaching, 2(1). https://doi.org/10.24235/eduma.v2i1.65.

Nuraiha. (2020). Pelaksanaan Metode Pengajaran Variatif Pada Pembelajaran Al Quran MAN 1 Tanjung Jabung Timur Kabupaten Tanjab Timur. Jurnal Literasiologi, 4(1), 40–50. https://doi.org/10.47783/literasiologi.v4i1.132.

Nuraisa, D., zizah, A. N., Nopitasari, D., & Maharani, S. (2019). Exploring Students Computational Thinking based on Self-Regulated Learning in the Solution of Linear Program Problem | Nuraisa | JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika). JIPM (Jurnal IlmiahPendidikan Matematika), 8(1), 30–36. http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/jipm/article/view/4871/2371.

Octavia, L. P. (2019). Media Pembelajaran Dengan Gim Edukasi Berbasis Computational Thinking. http://eprints.ums.ac.id/72819/20/Naskah Publikasi -1.pdf

Tanuar, E. (2018). Computational Thinking. School of Computer Science,Binus University. https://socs.binus.ac.id/2018/12/03/computational-thinking/

Taufiq, A. (2021, September 1). Kupas Tuntas Apa Itu Soal HOTS, Tujuan, Serta Perbedaanya Dengan Soal Bukan HOTS. Akupintar.Id. https://akupintar.id/info-pintar/-/blogs/kupas-tuntas-apa-itu-soal-hots-tujuan-serta-perbedaanya-dengan-soal-bukan-hots.

Thabroni, G. (2020, December 13). Apa itu Computational Thinking? Serupa.Id. https://serupa.id/apa-itu-computational-thinking-penjelasan-contoh/

Vitianingsih, A. V., Setiawan, W., Purnamasari, H., Standsyah, E. R., & Alda, R. (2022). Pendampingan Microteaching Computational Thinking pada Kelompok Guru. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 201–206.

Zulhimma. (2013). Dinamika Perkembangan Pondok Pesantren di Indonesia. Jurnal Darul ‘Ilmi, 01(02), 166. https://doi.org/https://doi.org/10.24952/di.v1i02.242




DOI: http://dx.doi.org/10.26887/bt.v8i2.3945

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This Journal is Indexed by: 

Batoboh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 

E-ISSN: 2599-1906 | P-ISSN: 2548-5458 | DOI: 10.26887/bt. 
Website: https://journal.isi-padangpanjang.ac.id/index.php/Batoboh/index
Email: batoboh@gmail.com | Support Contact Email: thegar.risky@gmail.com
Editor in Chief: Dr. Febri Yulika, S.Ag.,M.Hum | Managing Editor: Thegar Risky.S.Kom
Publisher: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat  (LPPM) ISI Padangpanjang
Jalan Bahder Johan, Kota Padangpanjang, Sumatera Barat, Indonesia 27128 | Phone: (0752) 82077 | Fax: (0752) 82803


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License