Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa SMAN 11 Muaro Jambi Melalui Pelatihan Akting Teater Modern

Indra Gunawan, Riswani Riswani, Ikhsan Satria Irianto, Lusi Handayani, Tofan Gustyawan

Abstract


Program pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa SMAN 11 Muaro Jambi melalui pelatihan akting teater modern. Kegiatan pengabdian ini dilakukan melalui dua tahapan, yaitu pelatihan akting dan presentasi akting. Akting teater modern yang dipilih dalam kegiatan pelatihan ini adalah akting teater realis yang berlandaskan kepada metode akting Stanislavski. Metode pelaksanaan kegiatan yang digunakan adalah metode praktik dan kolaborasi. Peserta kegiatan adalah anggota dari ekstrakulikuler teater di SMAN 11 Muaro Jambi. Kegiatan pelatihan dilaksanakan sebanyak dua kali seminggu dalam tiga bulan. Hasil dari pengabdian ini adalah siswa SMAN 11 Muaro Jambi menjadi lebih percaya diri ketika berhadapan dengan publik.


Full Text:

PDF

References


Amri, Syaipul, Pengaruh Kepercayaan Diri (Self Confience) Berbasis Ekstrakurikuler Pramuka Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa SMA Negeri 6 Kota Bengkulu, Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia: Vol. 03 No. 02, 2018.

Aquilina, Stegfa. 2020. Modern Theatre in Russia: Tradition Building and Transmission Precesses. London: Methuen Drama.

Dahana, Radhar P. 2001. Ideologi Politik dan Teater Modern Indonesia. Magelang: Yayasan Adikarya IKAPI dan The Ford Foundation.

Irianto, Ikhsan Satria, Tofan Gustyawan, and Lusi Handayani. "Implementation of Vocal Training Methods from the Stanislavski System in the Kanti Becakap." Gondang: Jurnal Seni dan Budaya 7.1 (2023): 160-171.

Riyanti, Chika, Darwis, Rudi S., Meningkatkan Kepercayaan Diri Pada Remaja dengan Metode Cognitive Restructuring, Jurnal Pengabdian dan Penelitian Kepada Masyarakat, Vol. 1 No. 1, 2020.

Syafii, Maulana, Irfai, Fathurohman dan Musch Arsyad Fardani, Metode Pelatihan Teater untuk Menumbuhkan Rasa Percaya Diri Anak Usia Sekolah Dasar, Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan: Vol. 6 No. 1 2022.




DOI: http://dx.doi.org/10.26887/bt.v9i1.4042

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This Journal is Indexed by: 

Batoboh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 

E-ISSN: 2599-1906 | P-ISSN: 2548-5458 | DOI: 10.26887/bt. 
Website: https://journal.isi-padangpanjang.ac.id/index.php/Batoboh/index
Email: batoboh@gmail.com | Support Contact Email: thegar.risky@gmail.com
Editor in Chief: Dr. Febri Yulika, S.Ag.,M.Hum | Managing Editor: Thegar Risky.S.Kom
Publisher: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat  (LPPM) ISI Padangpanjang
Jalan Bahder Johan, Kota Padangpanjang, Sumatera Barat, Indonesia 27128 | Phone: (0752) 82077 | Fax: (0752) 82803


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License