Digitalisasi Pemasaran Produk UMKM Keripik dan Kue Kering Tigadara Sebagai Media Promosi untuk Meningkatkan Intensitas Penjualan Produk UMKM di Desa Umbulrejo
Abstract
UMKM yang bergerak di bidang produksi makanan memiliki peran penting dalam memenuhi permintaan konsumen akan produk yang berkualitas di era sekarang. Agar ketertarikan para konsumen dalam membeli, harus di dukung dengan digitalisasi pemasaran produk untuk meningkatkan media promosi, salah satunya adalah dengan meningkatkan foto produk. Dengan adanya foto produk yang menarik, dapat menarik perhatian para konsumen dan dapat meningkatkan intensitas penjualan produk. kegiatan Pengabdian Masyarakat ini melibatkan 1 mitra yaitu UMKM Tiga Dara. Permasalahan yang dihadapi yaitu proses pemasaran. Hal ini didasarkan oleh foto produk yang digunakan untuk promosi kurang menarik konsumen. Pentingnya sebuah foto produk dilakukan, karna adanya foto produk yang bagus, konsumen akan lebih mudah memahami suatu iklan berdasarkan dari foto produk saja. Tujuan dari kegiatan foto produk adalah untuk memperluas informasi dan meningkatkan intensitas penjualan produk UMKM. Sampel dalam penelitian ini adalah UMKM Tiga Dara yang di Kelola oleh Bu Indri yang bertempat tinggal di desa Umbulrejo. Hasil dari pengabdian ini adalah pembuatan logo UMKM Tiga Dara, mempotret produk-produk UMKM Bu Indri dengan menggunakan sarana dan prasarana dan menguploadnya di media Instagram.
Kata Kunci: Digitalisasi Pemasaran, Foto Produk, Media Promosi, UMKM
Full Text:
PDFReferences
Fauzi, S., & Lina, L. F. (2021). Peran Foto Produk, Online Customer Review Dan Online Customer Rating Pada Minat Beli Konsumen Di E-Commerce. Jurnal Muhammadiyah Manajemen Bisnis, 2(1), 21–26.
Febriyanti, T., & Farida, S. N. (2023). Peran Foto Produk Sebagai Media Promosi Untuk Meningkatkan Volume Penjualan Produk UMKM Desa Karangan. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(3), 20–27.
Hamza, L. M., & Agustien, D. (2019). Pengaruh perkembangan usaha mikro, kecil, dan menengah terhadap pendapatan nasional pada sektor UMKM di Indonesia. Jurnal Ekonomi Pembangunan, 8(2), 127–135.
Istiyani, A. D. (2019). Menggali Potensi Desa Wisata: Mewujudkan Masyarakat Sadar Wisata. Hijaz Pustaka Mandiri.
Putri, I., Mulyadi, A. I., & Triesia, D. (2024). Implementasi fotografi produk dengan menggunakan kamera smartphone bagi pelaku UMKM. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M), 5(2), 373–382.
Suci, Y. R. (2017). Perkembangan UMKM (Usaha mikro kecil dan menengah) di Indonesia. Jurnal Ilmiah Cano Ekonomos, 6(1), 51–58.
Tambunan, T. (2012). UMKM Indonesia. Buku Dosen-2014.
Tasya Febrianti, Siti Ning Farida. 2023. Peran Foto Produk Sebagai Media Promosi Untuk Meningkatkan Volume Penjualan Produk UMKM Desa Karangan. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol. 2 No. 3 September 2023
https://doi.org/10.55606/jpkm.v2i3.168 diakses tanggal 21 juni 2023.
Jagoanhosting.com. 12 Juli 2022. Foto Produk: Pengertian, Manfaat, Jenis, dan Tips foto.
Diakses pada 24 Maret 2024, dari https://www.jagoanhosting.com/blog/foto-produk/#manfaat-foto-produk
Itaeba.ac.id. 22 Juni 2023. 5 Tips Foto Produk Terbaik Agar Hasil Lebih Menarik. Diakses pada 22 Maret 2024, dari https://iteba.ac.id/blog/tips-foto-produk-menarik/
DOI: http://dx.doi.org/10.26887/bt.v9i1.4150
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This Journal is Indexed by:
Batoboh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
E-ISSN: 2599-1906 | P-ISSN: 2548-5458 | DOI: 10.26887/bt.Website: https://journal.isi-padangpanjang.ac.id/index.php/Batoboh/index
Email: batoboh@gmail.com | Support Contact Email: thegar.risky@gmail.com
Editor in Chief: Dr. Febri Yulika, S.Ag.,M.Hum | Managing Editor: Thegar Risky.S.Kom
Publisher: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) ISI Padangpanjang
Jalan Bahder Johan, Kota Padangpanjang, Sumatera Barat, Indonesia 27128 | Phone: (0752) 82077 | Fax: (0752) 82803
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License