Peningkatkan Literasi dan Numerasi Dengan Pendekatan Interaktif Melalui Program Kampus Mengajar di SD Negeri 15 Kota Bengkulu

Rizky Putri, Riswanto Riswanto, Juliana Kurniawati

Abstract


Kampus Mengajar merupakan salah satu program dari Kemendikbud yang memberikan kesempatan untuk mahasiswa dapat merasakan belajar di luar kampus dan mendapatkan pengalaman mengajar di sekolah penugasan. Kegiatan program ini dilakukan kurang lebih selama satu semester untuk dapat mengembangkan keterampilan kepemimpinan, kemampuan berkomunikasi dan bertanggung jawab terhadap kewajiban. Mahasiswa Kampus Mengajar angkatan 7 mendapatkan kesempatan untuk dapat meningkatkan literasi dan numerasi serta adaptadi teknologi di sekolah penugasan,yaitu di Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama dan Sekolah Menengah Kejuruan (tidak termasuk SMK PK). Sekolah sasaran yang menjadi tempat penugasan Program Kampus Mengajar angkatan 7 ini adalah SD Negeri 15 Kota Bengkulu. Sebelum melaksanaan program kerja yang dapat meningkatkan literasi dan numerasi, akan dilakukan perencanaan program-program kerja penyesuaian dengan kemampuan siswa. Adapun program kerja yang akan dilaksanaan diantaranya yaitu, peningkatan literasi dan numerasi, adaptasi teknologi, tips and trick literasi efektif, revitalisasi perpustakaan, revitalisasi perpustakaan mini kelas atau “pojok baca”, revitalisasi madding, sekolah kaya teks, fun math, dan tanaman toga dengan barcode. Pelaksanaan Program Kampus Mengajar ini dilaksanakan selama kurang lebih 4 bulan, terhitung mulai 26 Februari 2024 sampai 16 Juni 2024.


Full Text:

PDF

References


Daroin, Ana Dhaoud., Okta Vanessa Kartika Santoso., Dwirana Mei Aftitak Pranidia., & Lutfi Lailatul Halimah. (2022). Peningkatan Kemampuan Literasi dan Numerasi Siswa di SDN 2 Gombang Tulungagung. Dedukasi : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 38-49.

Ginting, Ria Verbina., Ria Renata Ginting., Roudhotul Jannah Hasibuan., & Laurensia Masri Parangin-angin. (2022). Analisis Faktor Tidak Meratanya Pendidikan di SDN0704 Sungai Korang. Jurnal Pendidikan Indonesia, 3(4), 407-416.

Mardiyah, Rifa Hanifa., Sekar Nurul Fajriyah Aldriani., Febyana Chitta., & Muhamad Rizal Zulfikar. (2021). Pentingnya Keterampilan Belajar di Abad 21 sebagai Tuntutan dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jurnal Pendidikan, 12(1), 29-40.

Putri, Lusi Dwi., Repi., & Fitridawati Soehardi. (2018). Pemberdayaan Mahasiswa Fakultas Teknik dengan Program Kreatif Mahasiswa (PKM). Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(20), 315- 321.

Rachman, Bagus Ali., Firyalita Sarah Firdaus., Nurul Lailatul Mufidah., Halimatus Syadiyah., & Ifit Novita Sari. (2021). Peningkatan Kemampuan Literasi dan Numerasi Peserta Didik Melalui Program Kampus Mengajar Angkatan 2. DINAMISIA : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(6), 1535-1541.

Rahmawati, Hamidillah Ridha., Riswanto., & Septina Lisdayanti. (2024). Eksistensi Mahasiswa dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi dan Numerasi Siswa Melalui Program Kampus Mengajar di SMP N 15 Kota Bengkulu. Community Development Journal, 5(1), 2044-2053.

Fenişer, C., Sadeh, A., Stan, O., Radu, C., Constantinescu-Dobra, A., Maier, V., & Popa, I.-D. (2022). The Impact of Education on Economic Development. ICERI2022 Proceedings. https://doi.org/10.21125/iceri.2022.2067

Saaduddin, S., Novalinda, S., Alamo, E., Laksono, M. A., & Pramayoza, D. (2024). Traditional Dramaturgy of the Si Muntu Performance as a Means of Character Education. Revista de Gestão Social e Ambiental, 18(9), e06577–e06577. https://doi.org/https://doi.org/10.24857/rgsa.v18n9-073

Wang, M. (2015). Education and human capital development. In Managing the Middle-Income Transition (pp. 477–502). Edward Elgar Publishing.

Sadriani, Andi., Ibrahim Arifin., Muliana GH., & Zuhra Adminira Ruslan. (2023). Peningkatan Literasi dan Numerasi Siswa Melalui Program Pojok Baca di SD Negeri Pampang. ININNAWA : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 7 hlm.

Ulfa, Siti Maria., & Tera Athena. (2023). Peningkatan Kemampuan Literasi dan Numerasi Melalui Kegiatan Bimbingan Belajar. Reswara : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 1032-1037.

Yudistira, Santi. (2024). Optimalisasi Kompetensi Profesional Guru Sekolah Dasar dalam Meningkatkan Partisipasi Belajar Siswa di Kelas. Jendela Akademika : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 8-16.

Zubaida, Admad. (2023). PKM Penguatan Literasi dan Numerasi, Melalui Program Kampus Mengajar Angkatan 4 di SD Kalibuntu V Probolinggo. Journal of Community Engagement, 4(1), 16-33.




DOI: http://dx.doi.org/10.26887/bt.v9i1.4257

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This Journal is Indexed by: 

Batoboh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 

E-ISSN: 2599-1906 | P-ISSN: 2548-5458 | DOI: 10.26887/bt. 
Website: https://journal.isi-padangpanjang.ac.id/index.php/Batoboh/index
Email: batoboh@gmail.com | Support Contact Email: thegar.risky@gmail.com
Editor in Chief: Dr. Febri Yulika, S.Ag.,M.Hum | Managing Editor: Thegar Risky.S.Kom
Publisher: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat  (LPPM) ISI Padangpanjang
Jalan Bahder Johan, Kota Padangpanjang, Sumatera Barat, Indonesia 27128 | Phone: (0752) 82077 | Fax: (0752) 82803


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License