Pelatihan Pembuatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Kurikulum Merdeka bagi Calon Guru Sekolah Dasar
Abstract
Kurikulum merdeka memberikan otonomi yang lebih besar kepada sekolah dan guru dalam merancang pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik murid. Hal ini menuntut guru untuk memiliki kompetensi dalam mengembangkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang berorientasi pada Kurikulum Merdeka. Pelatihan ini bertujuan untuk membekali calon guru Sekolah Dasar (SD) dengan pengetahuan dan keterampilan dalam membuat RPP yang sesuai dengan Kurikulum Merdeka. Pelatihan ini dilaksanakan di Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Sumedang dengan dihadiri oleh 35 mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD). Hasil dari kegiatan ini adalah bertambahnya pengetahuan peserta mengenai teknik membuat RPP Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar, mengetahui tentang perbedaan RPP Kurikulum Merdeka dan RPP Kurikulum sebelumnya sehingga dapat mengidentifikasi perbedaannya, dan peserta dapat menyusun RPP Kurikulum Merdeka berupa Modul Ajar. Kegiatan pelatihan ini memberikan kontribusi positif dalam persiapan calon guru Sekolah Dasar dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka. Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan calon guru dapat lebih siap dalam menghadapi tantangan pembelajaran yang dinamis dan mengikuti perkembangan terbaru dalam dunia pendidikan.
Kata Kunci: Calon Guru; Kurikulum Merdeka; Pelatihan; RPP; Sekolah Dasar.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Astutik, S., & Bektiarso, S. (2021). Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) bagi Guru SMAN Panarukan Situbondo. Jurnal Inovasi Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, 1(1), 54-62. DOI:10.53621/jippmas.v1i1.5
Agustian, S. (2022). Kebijakan Pendidikan Dasar Perspektif Karakteristik Peserta Didik. SHANUN: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 1(1), 10–22. https://jurnal.perima.or.id/index.php/JUS/article/view/16
Bali, M., Baharun, H., Madanibillah, A., Muali, C., Lukman, N. K. A., & Bon, A. T. (2021). Innovative Learning Media Based on E-Learning in the New Normal Era. Proceedings of the 11th Annual International Conference on Industrial Engineering and Operations Management. https://risbang.unuja.ac.id/media/arsip/berkas_penelitian/14_Hy6BOBV.pdf
Dewi, D. L. N., Darmayanti, V., & Badrus Sholeh Arif, M. (2024). Kemampuan Calon Guru Sekolah Dasar untuk Menciptakan Sumber Belajar Menggunakan TPACK. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 14(2), 133–143. https://doi.org/10.24246/j.js.2024.v14.i2.p133-143
Eliza, D., Sriandila, R., Fitri, D. A. N., & Yenti, S. (2022). Membangun Guru yang Profesional melalui Pengembangan Profesionalisme Guru dalam Penerapan Profesinya. Jurnal Basicedu, 6(3), 5362–5369. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2878
Kemendikbudristek. (2022). Buku Saku: Tanya Jawab Kurikulum Merdeka. Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. https://www.kemdikbud.go.id/main/files/download/71c51b9010ed869
Kurniawati, R. P., & Hadi, F. R. (2021). Pelatihan Pengembangan Instrumen Evaluasi Berbasis HOTS untuk Guru Sekolah Dasar. Jurnal Altifani Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(4), 267–276. https://doi.org/10.25008/altifani.v1i4.182
Mujiburrahman, M., Kartiani, B. S., & Parhanuddin, L. (2023). Asesmen Pembelajaran Sekolah Dasar dalam Kurikulum Merdeka. Pena Anda: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 1(1), 39–48. https://doi.org/10.33830/penaanda.v1i1.5019
Mulyati E. S, Azzahra. S. N, & Rachman I. F. (2024). Memperkuat Literasi dan Numerasi: Kunci Membangun Kualitas Pendidikan dalam Implementasi Kurikulum Merdeka. Jurnal Ilmiah Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 1(1), 26–35. https://doi.org/10.61722/jemba.v1i1.55
Narpila, S. D., & Aufa, U. H. (2023). Pelatihan Penyusunan RPP Berbasis Kurikulum Merdeka di SMP Istana Hati Binjai. Jurnal Abdimas PHB Vol, 6(4). https://pdfs.semanticscholar.org/2759/86ae7fea6b094536fe98ef36cab628a16af9.pdf
Ndiung, S., & Menggo, S. (2021). Pelatihan Penyusunan RPP Merdeka Belajar bagi Guru SDN Ules Kabupaten Manggarai Barat. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 15–22. https://www.academia.edu/download/83634060/1817.pdf
Purnomo, A. H., Nasution, D. R., Annisa, R. M., Syaroh, M., & Sari, D. M. (2022). Evaluasi Program Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(3), 2235–2241. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.5056
Puspitasari, D., & Putra Danaya, B. (2022). Pentingnya Peranan Komunikasi Dalam Organisasi: Lisan, Non Verbal, Dan Tertulis (Literature Review Manajemen). Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi, 3(3), 257–268. https://doi.org/10.31933/jemsi.v3i3.817
Riyanti, A., & Novitasari, N. (2021). Pendidikan Multikultural Berbasis Kearifan Lokal Bagi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Adat Dan Budaya Indonesia, 3(1), 29–35. https://doi.org/10.23887/jabi.v3i1.37780
Santoso, E., Kania, N., Nurhikmayati, I., Jatisunda, M. G., & Suciawati, V. (2021). Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas sebagai Bentuk Pengembangan Profesionalisme Guru. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 504–509. https://doi.org/10.31949/jb.v2i2.832
Thana, P. M., & Hanipah, S. (2023). Kurikulum Merdeka: Transformasi Pendidikan SD Untuk Menghadapi Tantangan Abad ke-21. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 4, 281–288. https://prosiding.unipma.ac.id/index.php/KID/article/view/4331/3315
Wibawanti, J. M. W., Sa’adah, L., Azizah, N., Pamungkas, S., Zulfanita, Z., Rinawidiastuti, R., & Iskandar, F. (2023). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Inovasi Pengolahan Pangan Berbasis Gula Jawa di Desa Jatirejo, Kaligesing, Purworejo. Taroa: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 28–35. https://doi.org/10.52266/taroa.v2i2.1120
Zahra, R. N., & Yuliana, N. (2023). Peran Komunikasi yang Efektif sebagai Kunci menuju Kesuksesan Seorang Putri Juniawan. Socius: Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial, 1(5). https://doi.org/10.5281/zenodo.10285888
DOI: http://dx.doi.org/10.26887/bt.v9i2.4757
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This Journal is Indexed by:
Batoboh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
E-ISSN: 2599-1906 | P-ISSN: 2548-5458 | DOI: 10.26887/bt.Website: https://journal.isi-padangpanjang.ac.id/index.php/Batoboh/index
Email: batoboh@gmail.com | Support Contact Email: thegar.risky@gmail.com
Editor in Chief: Dr. Febri Yulika, S.Ag.,M.Hum | Managing Editor: Thegar Risky.S.Kom
Publisher: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) ISI Padangpanjang
Jalan Bahder Johan, Kota Padangpanjang, Sumatera Barat, Indonesia 27128 | Phone: (0752) 82077 | Fax: (0752) 82803
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License