Edukasi Sharing Session Mengenai Kesuksesan Akademis dan Sosial di SMA Sains Cahaya Al-Qur’an Kota Pekalongan

Rissa Shofiani, Ahmad Alfisyah, Imam Prayogo Pujiono, M. Shokhib Anwar, Gita Fadilah

Abstract


Peserta didik tingkat SMA seyogyanya sudah mampu menentukan karir yang akan dipersiapkan untuk masa depannya. Tujuan pelaksanaan sharing session yang dihadirkan sebagai wadah motivasi akademik dan sosial yang lebih mendalam mengenai melanjutkan keperguruan tinggi. Metode pengabdian menggunakan metode berbasis ceramah dalam bentuk sharing session. Sharing session ini berbagai metode interaktif, termasuk presentasi, diskusi, dan aktivitas refleksi. Selain itu, peserta didik dapat mengaplikasikannya dalam perjalanan pendidikannya, baik di SMA maupun untuk bekal nanti di perkuliahan. Sharing session ini diikuti peserta didik SMA Sains Cahaya Al-Qur’an Pekalongan. Kegiatan ini dilaksanakan secara daring melalui Zoom dan luring di Laboratorium Komputer, SMA Sains Cahaya Al-Qur’an. Sharing Session dapat menumbuhkan pengetahuan dan wawasan yang diharapkan dapat menjadi dorongan peserta didik untuk berprestasi dalam pendidikannya. Lokasi Pengabdian di Jalan Kyai Akrom Khasani Jenggot, Pekalongan Selatan. Kegiatan Sharing Session yang merupakan program tahunan di SMA Sains Cahaya Al-Quran Pekalongan sebagai upaya dalam meningkatkan motivasi dan semangat belajar peserta didik, khususnya Kelas XII sebagai informasi dan referensi untuk masuk perguruan tinggi.

Full Text:

PDF

References


Apriana, Apriana, Heryati Heryati, and Ira Permatasari. 2020. “Memotivasi Masyarakat Untuk Melanjutkan Pendidikan Ke Perguruan Tinggi Di Kelurahan Kertapati Palembang.” Suluh Abdi 2(2):81. doi: 10.32502/sa.v2i2.3114.

Azhar, Muhammad. 2024. “Tren Penelitian Keterampilan Berpikir Kritis Pada Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Indonesia.” Tsaqofiya : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Arab 6(1):143–64. doi: 10.21154/tsaqofiya.v5i1.431.

Baedlawi, Ryan Dion Fajduani, and Iin Suryaningsih. 2022. “Pendampingan Motivasi ‘Studi Lanjut’ Oleh Mahasiswa Universitas Al Azhar Indonesia Dalam Upaya Meningkatkan Minat Siswa Sekolah Binar.” Prosiding Seminar Nasional Pemberdayaan Masyarakat (SENDAMAS) 2(1):103. doi: 10.36722/psn.v2i1.1612.

Hardiyana, Bella, and Shinobu Hasegawa. 2023. “Design of Angklung Music Scoring System Based on Remote Training.” Journal of Advanced Research in Applied Sciences and Engineering Technology 31(1):355–64. doi: 10.37934/araset.31.1.355364.

Hidayatulloh, Alpiana, Indah Arry Pratama, and Alpi Zaidah. 2023. “Sosialisasi Dalam Rangka Meningkatkan Minat Siswa Kelas Xii Untuk Melanjutkan Ke Perguruan Tinggi.” EJOIN : Jurnal Pengabdian Masyarakat 1(6):517–20. doi: 10.55681/ejoin.v1i6.708.

Karoso, Subianto, Indar Sabri, Eko W. Rahayu, and None Trisakti. 2023. “Extracurricular Training for Karawitan Arts in State Senior High School 15 Surabaya.” 840–49. doi: 10.2991/978-2-38476-152-4_81.

Maliha, D. W. 2023. “Pemberian Motivasi Melanjutkan Studi Dan Sosialisasi Pengetahuan Bisnis Kepada Siswa SMAN 14 Padang.” Jurnal Pengabdian Harapan Bangsa 1(2):109–11. doi: 10.56854/jphb.v1i2.82.

Ngatipan, Ngatipan. 2023. “Menjadi Generasi Unggul Dan Berkarakter Untuk Menggapai Kesuksesan.” SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 2(4):400–406. doi: 10.55681/swarna.v2i4.467.

Pangestu, Ardhika Wida, Clara Hetty Primasari, Thomas Adi Purnomo Sidhi, Yohanes Priadi Wibisono, and Djoko Budiyanto Setyohadi. 2022. “Comparison Analysis of Usability Using Controllers and Hand Tracking in Virtual Reality Gamelan (Sharon) Based on User Experience.” Journal of Intelligent Software Systems 1(2):89. doi: 10.26798/jiss.v1i2.750.

Rahmadani, E., S. Sukmawaty, A. Wiratman, and ... 2024. “Membangun Masa Depan Unggul Melalui Pemilihan Jurusan Dan Perguruan Tinggi Yang Tepat Pada Era 5.0.” Jurnal Pengabdian … 3(4):992–99.

Sari, Fitri Aida. 2021. “Sharing Session With Scholarship Awardee Untuk Mempersiapkan Mahasiswa Melanjutkan Studi.” ABDIKARYA: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat 3(2):121–31. doi: 10.47080/abdikarya.v3i2.1553.

Sosrowijaya, Kerso Manungga. 2023. “Transmission of Local and Traditional Music in Indonesian Popular Music (Case Studies of Indonesian Music Groups).” 1(1):55–66. doi: 10.61978/harmonia.v1i1.165.

Sri Gustini, Dwi Umardani, Emelda, and Avissa Calista. 2023. “Membangun Motivasi Pelajar Untuk Melanjutkan Pendidikan Ke Jenjang Perguruan Tinggi.” NUSANTARA Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 3(2):117–25. doi: 10.55606/nusantara.v3i2.1224.

Sularso, Sularso, Muhammad Jazuli, Djuli Djatiprambudi, and Bao Hanshi. 2023. “Revitalizing Cultural Heritage: Strategies for Teaching Indonesian Traditional Music in Elementary Schools.” International Journal of Education and Learning 5(1):79–88. doi: 10.31763/ijele.v5i1.1016.

Wiguna, Muhammad Zikri, and A. A. Alimin. 2021. “Seminar Pendidikan Dalam Rangka Peningkatan Motivasi Siswa Kelas XII Untuk Melanjutkan Pendidikan Di Perguruan Tinggi.” GERVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 5(1):40–49. doi: 10.31571/gervasi.v5i1.1992.




DOI: http://dx.doi.org/10.26887/bt.v9i2.4881

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This Journal is Indexed by: 

Batoboh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 

E-ISSN: 2599-1906 | P-ISSN: 2548-5458 | DOI: 10.26887/bt. 
Website: https://journal.isi-padangpanjang.ac.id/index.php/Batoboh/index
Email: batoboh@gmail.com | Support Contact Email: thegar.risky@gmail.com
Editor in Chief: Dr. Febri Yulika, S.Ag.,M.Hum | Managing Editor: Thegar Risky.S.Kom
Publisher: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat  (LPPM) ISI Padangpanjang
Jalan Bahder Johan, Kota Padangpanjang, Sumatera Barat, Indonesia 27128 | Phone: (0752) 82077 | Fax: (0752) 82803


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License