Peran Orang Tua Dalam Membangun Lingkungan Rumah Literasi Digital Untuk Anak Usia Dini

Muthahharah Thahir, Ananda Rachmaniar, Esi Lestari, Salma Alisha, Nissa Luthfiani

Abstract


Pendampingan orang tua dalam membentuk lingkungan rumah yang mendukung literasi anak usia dini di era digital bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan orang tua dalam memanfaatkan teknologi digital secara bijak. Kegiatan ini dilakukan melalui tiga tahapan: pembukaan, pelaksanaan, dan penutupan. Hasilnya menunjukkan bahwa peserta memiliki pemahaman lebih baik tentang strategi mengelola penggunaan teknologi digital, memilih konten yang sesuai, serta menggabungkan aktivitas literasi digital dan tradisional. Diskusi terbuka dan evaluasi memperkuat kepercayaan diri orang tua dalam mengimplementasikan strategi literasi di rumah. Saran untuk kegiatan serupa di masa depan termasuk memperluas jangkauan program, meningkatkan intensitas kegiatan, menyediakan dukungan berkelanjutan, dan berkolaborasi dengan sekolah. Pendampingan ini efektif dalam membangun kesadaran orang tua tentang pentingnya literasi di era digital dan mendukung perkembangan literasi anak secara holistik.

Full Text:

PDF

References


Antoro, B. (2017). Gerakan Literasi Sekolah dari pucuk hingga akar: sebuah refleksi. Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah.

Aswita, D., Nurmawati, M. P., Salamia, M. S., Sarah, S., Si, S. P., Saputra, S., ... & Ismail, N. M. (2022). Pendidikan Literasi: Memenuhi Kecakapan Abad 21. Penerbit K-Media.

Fahmi, F., Syabrina, M., Sulistyowati, S., & Saudah, S. (2020). Strategi Guru Mengenalkan Konsep Dasar Literasi di PAUD Sebagai Persiapan Masuk SD/MI. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 931-940.

Fatimah, S., & Muthi, I. (2024). Pengaruh Literasi Digital Terhadap Minat Membaca dan Menulis Anak Sekolah Dasar Selama Pandemi Covid-19. CENDEKIA: Jurnal Ilmu Sosial, Bahasa dan Pendidikan, 4(3), 208-225. https://doi.org/10.55606/cendekia.v4i3.3090

Hastuti, R., Soetikno, N., & Heng, P. H. (2021). Remaja Sejahtera Remaja Nasionalis. Penerbit Andi.

Lestari, R., Windarwati, H. D., & Hidayah, R. (2023). The Power of Digital Resilience: Transformasi Berpikir Kritis dan Penguatan Kesehatan Mental Emosional di Era Disrupsi. Universitas Brawijaya Press.

Mawardi, A. (2023). Edukasi pendidikan agama islam dalam pemanfaatan sumber-sumber elektronik pada siswa madrasah ibtidaiyah. Journal on Education, 6(1), 8566-8576. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.4290

Monika, D., Magta, M., & Rose, D. E. (2024). Peran Program Kelas dalam Membina Literasi Sains pada Anak Usia Dini. Jurnal MENTARI: Manajemen, Pendidikan dan Teknologi Informasi, 2(2), 176-187.

Oktaviana, B., Hardiansyah, A., & Rosdiana, D. (2024). Pendidikan Literasi Konvergensi Harapan, Praktek, dan Budaya Kelas. Journal Social Society, 4(1), 36-55.

Padmadewi, N. N., & Artini, L. P. (2018). Literasi di sekolah, dari teori ke praktik. Nilacakra.

Purnomo, H., & Puspitaloka, D. (2020). Pembelajaran dari Pencegahan Kebakaran dan Restorasi Gambut Berbasis Masyarakat. CIFOR.

Rohayani, F. (2020). Menjawab problematika yang dihadapi anak usia dini di masa pandemi covid-19: Problematika dan solusi. Qawwam, 14(1), 29-50. https://doi.org/10.20414/qawwam.v14i1.2310

Rusli, T. S., Kemala, R., & Nazmi, R. (2024). PENDIDIKAN KARAKTER GEN-Z: Tips dan Trik Mendidik Karakter Gen-Z bagi Pendidik. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Sefianti, A. V., Hawa, A., & Blagov, A. (2023). Strategi Menjaga Kesehatan Mata Anak SD Di Era Digital. JANACITTA, 6(2), 134-144. https://doi.org/10.35473/jnctt.v6i2.2609

Setiawan, Z., Pustikayasa, I. M., Jayanegara, I. N., Setiawan, I. N. A. F., Putra, I. N. A. S., Yasa, I. W. A. P., ... & Gunawan, I. G. D. (2023). PENDIDIKAN MULTIMEDIA: Konsep dan Aplikasi pada era revolusi industri 4.0 menuju society 5.0. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Sholeh, M. I., & Efendi, N. (2023). Integrasi teknologi dalam manajemen pendidikan islam: meningkatkan kinerja guru di era digital. Jurnal Tinta: Jurnal Ilmu Keguruan Dan Pendidikan, 5(2), 104-126.

Sodik, A. J., Santoso, G., & Winata, W. (2023). Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Komunikasi Efektif Untuk Kesepakatan Bersama di Kelas 4. Jurnal Pendidikan Transformatif, 2(4), 395-420. https://doi.org/10.9000/jpt.v2i4.647

Solichah, N., Solehah, H. Y., & Hikam, R. (2022). Persepsi serta peran orang tua dan guru terhadap pentingnya stimulasi literasi pada anak usia dini. Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 3931-3943. https://orcid.org/0000-0003-2920-7761

Thahir, M. (2023). Manajemen Mutu Sekolah. Indonesia Emas Group.

Thahir, M., Julius, A., Tamam, B., & Thahir, W. (2023). STUDENTS LEARNING CULTURE IN HIGHER EDUCATION AFTER THE COVID-19 PANDEMIC. Conciencia, 23(1), 75-82. https://doi.org/10.19109/conciencia.v23i1.16385

Thahir, M., Widiawati, M. P., & Wahyuni Thahir, S. S. (2024). Perencanaan Pendidikan: Upaya Membangun Modal Manusia Unggul. Indonesia Emas Group.

Thahir, M., Rachmaniar, A., & Thahir, W. (2024). Pengaruh Keterlibatan Orang Tua dalam Peningkatan Prestasi Belajar Peserta Didik. Indonesian Journal of Educational Counseling, 8(1), 99-107. https://doi.org/10.30653/001.202481.343

Thahir, M. (2024). Sosialisasi Penanaman Sopan Santun sebagai Upaya Membangun Karakter Bangsa di MTs Sultan Hasanuddin. Jurnal AbdiMU (Pengabdian kepada Masyarakat), 4(1), 24-29. https://doi.org/10.32627/abdimu.v4i1.911

Ulfah, M. (2020). DIGITAL PARENTING: Bagaimana Orang Tua Melindungi Anak-anak dari Bahaya Digital?. Edu Publisher.

Wardhani, H. S., & Wiarsih, C. (2024). KESIAPAN BELAJAR SISWA KELAS 1 DITINJAU DARI PENGALAMAN PENDIDIKAN PRASEKOLAH DAN PERAN ORANG TUA. Consilium: Education and Counseling Journal, 4(2), 172-184. https://doi.org/10.36841/consilium.v4i2.4686

Waty, E. R. K., Syafdaningsih, M. P., Hasmalena, M. P., Sofia, A., Ilhami, A., Siregar, R. R., ... & Puteri, M. N. M. M. (2024). Konsep Sains dan Matematika Pada Pembelajaran STEAM Anak Usia Dini Berbasis Sumber Daya Alam Sumatera Selatan. Bening Media Publishing.




DOI: http://dx.doi.org/10.26887/bt.v9i2.4886

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This Journal is Indexed by: 

Batoboh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 

E-ISSN: 2599-1906 | P-ISSN: 2548-5458 | DOI: 10.26887/bt. 
Website: https://journal.isi-padangpanjang.ac.id/index.php/Batoboh/index
Email: batoboh@gmail.com | Support Contact Email: thegar.risky@gmail.com
Editor in Chief: Dr. Febri Yulika, S.Ag.,M.Hum | Managing Editor: Thegar Risky.S.Kom
Publisher: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat  (LPPM) ISI Padangpanjang
Jalan Bahder Johan, Kota Padangpanjang, Sumatera Barat, Indonesia 27128 | Phone: (0752) 82077 | Fax: (0752) 82803


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License