PELATIHAN BATIK CAP DALAM RANGKA MENINGKATKAN KREATIFITAS SISWA SLB YPPLB KOTA PADANG

ANIN DITTO, YULIMARNI YULIMARNI, SRI SUNDARI

Abstract


Pelatihan batik cap diberikan kepada siswa SLB YPPLB Kota Padang, dalam upaya peningkatan kreatifitas siswa agar dapat memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam dunia kerja serta membuka peluang untuk berwirausaha. Batik cap yang dimaksud dalam hal ini adalah batik cap yang menggunakan alat cap batik sederhana yang terbuat dari limbah karton.Melalui kegiatan pelatihan diharapkan siswa/i SLB dapat mengembangkan diri dan berkreasi dalam membuat berbagai bentuk produk batik cap, sesuai dengan keinginan dan kemampuan para siswa. Kegiatan pelatihan batik cap dilakukan dengan menggunakan beberapa pendekatan seperti melalui metode ceramah, tanya jawab, demontrasi dan latihan atau prakek langsung. Kegiatan dilakukan secara bertahap mulai dari pembuatan desain motif sampai pada proses pembuatan produk. Adapun produk yang telah dihasilkan adalah, shal, tas dan sandal hotel.

 

 


Full Text:

PDF

References


Anas, Biranul. (1997). Indonesia Indah "Batik", Yayasan Harapan Kita BP3 TMII.

Ditto, Anin. (2017). “Pelatihan Ragam Hias Minangkabau Melalui Teknik Cetak dengan Digital Imaging Sebagai Apresiasi Seni Budaya Lokal”, Jurnal Batoboh, Vol. 2, No. 2.

Gustami, SP. (2008). Nukilan Ornamen Indonesia, Yogyakarta: FSR ISI.

__________, (2009). Seni Kriya dan Kearifan Lokal dalam Lintasan Ruang dan Waktu, Yogyakarta: B.I.D. ISI Yogyakarta.

Hery, Suherno. (2004). Desain Motif. Jakarta: Pustaka Pembangunan Swadaya Nusantara.

Marah, Risman. (1978). Ragam Hias Minangkabau, Jakarta: Depdikbud.

Parmono, Kartini. (2013). ”Nilai Kearifan Lokal dalam Batik Tradisional Kawung”, Jurnal Filsafat, Vol. 23, No. 2.

Sachari. Agus, dan Yan Sunarya, (2002). Sejarah dan Perkembangan Desain: dan Dunia Kesenirupaan di Indonesia, Bandung: ITB.

Soedarsono. R. M, (1999). Seni Pertunjukan dan Pariwisata; Rangkuman Esai tentang Seni Pertunjukan Indonesia dan Pariwisata, Yogyakarta: BP ISI Yogyakarta.

Sundari, Sri. (2018). “Ekstrakurikuler Batik di Man 2 Kota Bukittinggi”, Jurnal Batoboh, Vol. 3, No. 2.

Sutikno. M. Sobry, 2009, Belajar dan Pembelajaran: Upaya Kreatif dalam Mewujudkan Pembelajaran yang Berhasil, Bandung: Prospect.

Prasetyo, Singgih Adhi. (2016). ”Karakteristik Motif Batik Kendal Interpretasi dari Wilayah dan Letak Geografis”, Jurnal Imajinasi, no. 1 Vol. X, Unnes.




DOI: http://dx.doi.org/10.26887/bt.v5i1.953

Refbacks

  • There are currently no refbacks.