CREATIVITY OF ART IN SENDRATARI RAMAYANA AS AN EXAMPLE OF TRANSFORMATION PROCESS

FRESTI YULIZA

Abstract


Artikel ini membahas perihal kreatifitas dalam proses pemindahan bentuk dari relief di kompleks candi Prambanan di Jawa Tengah ke dalam bentuk sendratari masa kini berjudul Sendratari Ramayana. Proses yang belakangan banyak disebut sebagai ‘alih wahana’ tersebut, dibahas dengan terlebih dahulu menguraikan perihal hal-hal yang menjadi konsep dari ‘alih wahana,’ yang dilanjutkan dengan melihat perbandingan antara Sendratari Ramayana dengan relief di Candi Prambanan. Berdasarkan perbandingan tersebut, ditemukan ciri-ciri dari adanya kreatifitas, yang dalam hal ini dihubungkan dengan adanya usaha menyusun tanda-tanda dalam pementasan, yang selanjutnya dibaca dengan semiotika tari.


Keywords


Sendratari Ramayana; Alih Wahana; Kreatifitas; Semiotika Tari

Full Text:

PDF

References


Blanariu, Nicoleta Popa. 2014. “Semiotic and Rhetorical Patterns in Dance and Gestural Languages” Southern Semiotic Review Issue 4, Vol. 2.

_____________. 2013. “Towards a Framework of a Semiotics of Dance,”. CLCWeb: Comparative Literature and Culture, Vol. 15 Issue 1.

Damono, Sapardi Djoko. 2012. Alih Wahana. Jakarta: Editum.

Eneste, Pamusuk. 1991. Novel dan Film. Yogyakarta: Kanisius.

Hagman, George. 2005. Aesthetics Experience: Beauty, Creativity and The Search for The Ideal. Amsterdam, New York: Rodopi.

Haryono, Timbul. 2008. Seni Pertunjukan dan Seni Rupa dalam Perspektif Arkeologi Seni. Surakarta: ISI Solo Press.

Pavis, Patrice. 1992. Theatre at The Crossroads of Culture. London: Routledge.

Pramayoza, Dede. 2013. “Pementasan Teater Sebagai Suatu Sistem Penandaan,” Dewa Ruci: Jurnal Pengkajian dan Penciptaan Seni, Vol. 8, No. 2.

Pope, Rob. 2005. Creativity: Theory, History, Practice. New York: Routledge.

Soedarsono, R.M. 1997. Wayang Wong: Drama Tari Ritual Kenegaraan di Keraton Yogyakarta. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press. 2018

Khairi, Miftahul. 2019. “Kontinuitas Paradigma Kerakyatan Amrus Natalsya,Tinjauan Ikonografi-Ikonologi Lukisan “Tanah Airku” (2013),” Jurnal Ekspresi Seni, Vol.21, No.1, Juni.




DOI: http://dx.doi.org/10.26887/ekspresi.v22i2.1013

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


Ekspresi Seni: Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Karya Seni 

E-ISSN 2580-2208 | P-ISSN: 1412-1662 | DOI: 10.26887/ekspresi 
Website: https://journal.isi-padangpanjang.ac.id/index.php/Ekspresi/index
Email: red.ekspresiseni@gmail.com | Support Contact Email: thegar.risky@gmail.com
Editor in Chief: Dr. Dede Pramayoza | Managing Editor: Saaduddin, M.Sn | Thegar Risky.S.Kom | Febri Desman, S | Elfira Roza, S.Kom
Publisher: Lembaga Penelitian Pengabdian Kepada Masyarakat  (LPPM) ISI Padangpanjang
Jalan Bahder Johan, Kota Padangpanjang, Sumatera Barat, Indonesia 27128 | Phone: (0752) 82077 | Fax: (0752) 82803

 

 


Ekspresi Seni : Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Karya Seni © 2017 by LPPM Institut Seni Indonesia Padangpanjang is licensed under Attribution-NonCommercial 4.0 International