MEMBACA MAKNA KARYA FOTOGRAFI DOKUMENTER

INDAH SUSANTI

Abstract


Abstrak

Foto dokumenter adalah penggambaran dunia nyata oleh fotografer.  Gambaran tersebut menyampaikan sesuatu yang penting dan memberikan komentar agar dimengerti oleh orang lain. Secara tidak langsung, hal ini  dapat dikonsumsi public guna mempertahankan sebuah warisan budaya. Visualisasi dari  dunia nyata yang direkam oleh seorang fotografer juga berupaya mengkomunikasikan dan memberikan informasi  terhadap suatu peristiwa. Apa yang divisualkan oleh seorang fotografer  merupakan bentuk ekspresi dan suatu upaya merespon lingkungannya. Kepekaan seorang fotografer akan menggerakkan ISO, Speed dan Diafragma.  Setiap momen adalah peristiwa penting, setiap tekanan shutter adalah wujud kepeduliannya. Dalam Artikel ini, penulis melakukan pemaknaan terhadap tiga karya fotografi documenter 1). Ragam Hias Rumah Gadang, 2). Eksistensi Tebu Lawang, 3). Ibu Yusnidar Pembuat Saka Tabu Bukik Batabuh.

 

Abstract

Documentary photos are real-world depictions by photographers. The picture conveys something important and provides comments so that others can understand it. Indirectly, this can be consumed by the public to maintain cultural heritage. Visualizing the real world recorded by a photographer also seeks to communicate and provide information about an event. What a photographer visualizes is a form of expression and an attempt to respond to his environment. The sensitivity of a photographer will move the ISO, Speed , and Diaphragm. Every moment is an important event, and every shutter press is an expression of concern. In this article, the author interprets the three works of documentary photography 1). Ornamental Variety of Rumah Gadang, 2). The existence of Lawang Sugarcane,Ragam Hias Rumah Gadang, 2). Eksistensi Tebu Lawang, 3). Ibu Yusnidar Pembuat Saka Tabu Bukik Batabuh.


Keywords


Fotografi; Dokumenter; Makna

Full Text:

PDF

References


KEPUSTAKAAN

Ardianto Halim, E. (2020). KONSERVASI BANGUNAN BERSEJARAH PADA RUMAH “SIWALUH JABU” DESA LINGGA. Serat Rupa Journal of Design, 4(2), 135–145. https://doi.org/10.28932/srjd.v4i2.1433

Fadhillah, F. (2017). Analisis Semiotika Penggunaan Estetika. Analisis Semiotika Penggunaan Estetika, 1(1), 31–49.

Harissman, & Martwan. (2019). EKSPRESI KE"TAQWA"AN DALAM KARYA LUKIS KALIGRAFI. Ekspresi Seni : Jurnal Ilmu Pengetahuan Dan Karya Seni, 21(2), 150–166. https://journal.isi-padangpanjang.ac.id/index.php/Ekspresi

Hidayat, M. F., & Arumsari, R. Y. (2017). Perancangan Buku Photo Story. E-Proceeding of Art & Design, 4(3), 596–603.

Indonesia, T. P. K. B. B. (2008). Kamus besar bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Kartika, D. S. (2007). Estetika. Rekayasa Sains.

Kurniawan, D., Heldi, & Hafiz, A. (2012). VISUALISASI EKSPRESI WAJAH DALAM KARYA LUKIS REALIS. Serupa: The Journal of Art Education, 1. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/serupa/article/view/8179

Octaviani, V. (2014). Jurnal Proffesional FIS UNIVED Vol.1 No.1 Februari 2014. Jurnal Proffesional FIS UNIVED, 1(1), 41–54.

Patriansah, M., & Hariansyah, Y. (2019). ANALISIS BENTUK ORNAMEN RUMAH TRADISIONAL KAMPUNG ARAB AL-MUNAWWAR PALEMBANG. Ekspresi Seni : Jurnal Ilmu Pengetahuan Dan Karya Seni, 21(2), 120–137. https://journal.isi-padangpanjang.ac.id/index.php/Ekspresi

Putri, A. D. H. P., Bahari, N., Wahyuningsih, N., & Sasmita, C. (2017). MENDOBRAK NILAI-NILAI PATRIARKI MELALUI KARYA SENI: ANALISIS TERHADAP LUKISAN CITRA SASMITA. Ekspresi Seni, 19(2), 159. https://doi.org/10.26887/ekse.v19i2.147

Ranelis, R., & P, R. W. (2016). SENI KERAJINAN BATIK BESUREK DI BENGKULU. Ekspresi Seni, 18(1), 1–179. https://doi.org/10.26887/ekse.v18i1.87

Soedjono, S. (2006). Pot-pourri fotografi. Penerbit Universitas Trisakti. https://books.google.co.id/books?id=q3wNMwAACAAJ

Soelarko, R. M. (1990). Komposisi fotografi. Balai Pustaka.

Sugiarto, A. (2005). Paparazzi: memahami fotografi kewartawanan. Gramedia Pustaka Utama.

Sumayku, R. (2016). Pada Suatu Foto: Cerita dan Filosofi dalam Fotografi. Bandung: Kaifa Publishing.

Wijaya, T. (2011). Foto jurnalistik dalam dimensi utuh. Sahabat. https://books.google.co.id/books?id=_m5PtwAACAAJ




DOI: http://dx.doi.org/10.26887/ekspresi.v22i2.1074

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Redaksi:

LPPMPP Institut Seni Indonesia Padangpanjang

Jl. Bahder Johan 27128, Sumatera Barat (0752) 82077

Email: red.ekspresiseni@gmail.com 

 


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


View EKSPRESI SENI  Stats