KAJIAN IKONOLOGI POSTER PERJUANGAN “BOENG, AJO BOENG” KARYA AFFANDI TAHUN 1945

Abdurrozaq Abdurrozaq

Abstract


Sebagai sebuah media komunikasi visual, poster perjuangan “Boeng, Ajo Boeng” karya Affandi tahun 1945, memiliki makna intrinsik yang menunjukkan realitas sosial bangsa Indonesia pada tahun 1945. Gaya ekspresionisme serta tema dan konsep nasionalisme yang diangkat menggambarkan bagaimana perkembangan dunia seni rupa Indonesia yang mendapatkan  banyak  pengaruh  dari  Jepang.  Melalui  media  komunikasi  visual, dunia politik dan seni Indonesia saling bersinergi dan menjadi satu kesatuan dalam mencapai tujuan yang sama yakni kemerdekaan Indonesia.


Keywords


poster; makna intrinsik; nasionalisme; realisme sosial

Full Text:

PDF PDF PDF

References


Anderson, Benedict. (2008). Imagined Communities: Reflections on the Origin and Spread of Nationalism atau Imagined Communities: Komunitas- komunitas Terbayang, terjemahan Omi Intan Naomi. Yogyakarta: Insist dan Pustaka Pelajar.

Burhan, M. Agus. (2008). Perkembangan Seni Lukis Mooi Indie sampai Persagi di Batavia, 1900-1942. Jakarta: Galeri Nasional Indonesia.

Burhan, M. Agus. (2013).Seni Lukis Indonesia Masa Jepang sampai Lekra. Surakarta: UNS Press.

Creswell, John.W. (2015). Qualitative Inquiry & Research Desingn: Choosing Among Five Approaches, Third Edition atau Penelitian Kualitiatif & Desain Riset: Memilih di antara Lima Pendekatan, terjemahan Ahmad Lintang Lazuardi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Darman, Peter. (2008). Posters Of World War II. London: Brown Reference Group.

Feldman, Edmund Burke. (1967). Art as Image and Idea. New Jersey: Prentice Hall, Inc.

Frascara, Jorge. (2004). Communication Design: Principles, Methods, and Practice. New York: Allworth Press.

Kahin, George Mc Turan. (2013). Nationalism and Revolution in Indonesia atauNasionalisme dan Revolusi Indonesia, terjemahan Tim Komunitas Bambu (2013). Komunitas Bambu: Jakarta.

Kondra,I Wayan. (2004). Estetika Seni Lukis Ekspresionis Affandi (Sebuah Refleksi Budaya). Tesis Program Pascasarjana Universitas Udayana Denpasar, Bali.

Kurasawa, Aiko. (1987). “Propaganda Media on Java under the Japanesee 1942-1945” dalam “Indonesia-Nomor 44 (Oktober)”, Cornell Southeast Asia Program, New York.

Mintargo, Wisnu. (2003). “Lagu Propaganda dalam Revolusi Indonesia: 1945-1949” dalam Jurnal Humaniora, Volume XV/Nomor 1/2003. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada.

Panofsky, Erwin. (1955). Meaning of The Visual Arts, New York: Doubleday Anchor Books.

Pirous, A.D. (2006). “Sejarah Poster Sebagai Alat Propaganda Perjuangan Di Indonesia” dalam Jurnal Ilmu Desain FSRD ITB, Volume 1/Nomor

/2006. Bandung: nstitut Teknologi Bandung.

Susanto, Mikke. (2014), Bung Karno: Kolektor dan Patron Seni Rupa Indonesia,Yogyakarta: Dicti ArtLab.

Zolberg, Vera L. (1990). Constructing a Sociology of the Arts. Melbourne: Cambridge University Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.26887/ekse.v19i1.126

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Redaksi:

LPPMPP Institut Seni Indonesia Padangpanjang

Jl. Bahder Johan 27128, Sumatera Barat (0752) 82077

Email: red.ekspresiseni@gmail.com 

 


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


View My Stats