USED PAPER KEYCHANGING CRAFTS REVIEWING FROM MATERIAL, SHAPE, AND FUNCTION
Abstract
Keywords: Online Learning; Impact; Effort; Image Shapes.
KERAJINAN GANTUNGAN KUNCI KERTAS BEKAS DITINJAU DARI BAHAN, BENTUK DAN FUNGSI
Abstrak
Kerajinan gantungan kunci tidak hanya berfungsi sebagai pengail maupun benda hias saja, namun telah dijadikan sebagai alat promosi berbagai suku, mulai dari bentuk motif pakaian adat maupun ragam makanan khas adat di Sumatera, bahan yang digunakan pada setiap pembuatan kerajinan akan mendukung kerajinan yang tercipta dan fungsi pakai dari kerajinan tersebut, dimana kerajinan gantungan kunci yang diciptakan tidak cukup sebagai karya fungsional tidak cukup hanya memenuhi aspek fungsi saja melainkan memerlukan sentuhan keindahan untuk meningkatkan kualitas dan nilai ekonomisnya.
Kata kunci : Pembelajaran Daring; Dampak; Upaya; Gambar Bentuk.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
(Tanjung & Soeprayogi, n.d.)Eko. (2019). KEUNGGULAN DAN KEUNTUNGAN MENGGUNAKAN KERAJINAN DARI LIMBAH. GMS Pround. https://goldmanseo.com/kerajinan-dari-limbah/#:~:text=Eko-,Keunggulan dan Keuntungan Menggunakan Kerajinan da.
FIRMANSYAH, F. (2015). Bentuk Dan Struktur Musik Batanghari Sembilan. Ekspresi Seni, 17(1). https://doi.org/10.26887/ekse.v17i1.68
Ilhaq, M. (2017). Bentuk Dan Penempatan Ornamenpada Mesjid Agung Palembang. Ekspresi Seni: Jurnal Ilmu Pengetahuan Dan Karya Seni, 18(2), 180–193.
kemendikbud. (2014). Prakarya dan Kewirausahaan. Kemendikbud.
Manalu, A., & Mesra, M. (2019). Analisis Analisis Produk Kerajinan Lampu Hias Dari Batok Kelapa Pada Perajin Wak Jek Art (Wja) Di Medan Ditinjau Dari Bentuk. Gorga : Jurnal Seni Rupa, 8(1), 267. https://doi.org/10.24114/gr.v8i1.13638
Muzaki, A. (2014). Limbah akar pohon sebagai alternatif pembuatan seni kerajinan bentuk-bentuk binatang. Imaji, 12(2).
Raco. (2010). Metode Penelitian Kualitatif. Grasindo.
Rarissa. (2016). Gantungan Kunci. https://www.rarissa.com/gantungan-kunci
Rasjoyo. (1995). Pendidikan Seni Rupa. Erlangga.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabet.
Sunarto & Suherman. (2017). Apresiasi Seni Rupa. THAFA MEDIA.
Tanjung, M. H., & Soeprayogi, H. (n.d.). KERAJINAN SERAT DAUN PANDAN DITINJAU DARI PRINSIP KERAJINAN DI CHANTIKA HANDICRAFT. Gorga: Jurnal Seni Rupa, 9(2), 389–398.
Viatra, A. W., & Triyanto, S. (2014). Seni Kerajinan Songket Kampoeng Tenundi Indralaya, Palembang. Ekspresi Seni: Jurnal Ilmu Pengetahuan Dan Karya Seni, 16(2), 168–183.
Yudha, I. M. B. (2015). Distorsi Bentuk Imajiner Untuk Pencapaian Harmoni. Imaji, 7(2). https://doi.org/10.21831/imaji.v7i2.6630
DOI: http://dx.doi.org/10.26887/ekspresi.v24i1.1604
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Ekspresi Seni: Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Karya Seni
E-ISSN 2580-2208 | P-ISSN: 1412-1662 | DOI: 10.26887/ekspresi
Website: https://journal.isi-padangpanjang.ac.id/index.php/Ekspresi/index
Email: red.ekspresiseni@gmail.com | Support Contact Email: thegar.risky@gmail.com
Editor in Chief: Dr. Dede Pramayoza | Managing Editor: Saaduddin, M.Sn | Thegar Risky.S.Kom | Febri Desman, S.Hum | Elfira Roza, S.Kom
Publisher: Lembaga Penelitian Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) ISI Padangpanjang
Jalan Bahder Johan, Kota Padangpanjang, Sumatera Barat, Indonesia 27128 | Phone: (0752) 82077 | Fax: (0752) 82803
Ekspresi Seni : Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Karya Seni © 2017 by LPPM Institut Seni Indonesia Padangpanjang is licensed under Attribution-NonCommercial 4.0 International