HUMANISTIC THOUGHT IN MUSIC ARTS EDUCATION
Abstract
Research is the foundation of music education that has a humanistic mind. This research was conducted to determine the initial study of learning that could have been more optimal. Music education has not been able to express freedom and maturity. This research is due to a need to foster students' sense of awareness and responsibility. This awareness can expand students' experiences in music in the surrounding environment. The research used literature studies from ten articles published in national journals and then abstracted to compare the findings. The results showed that music education focuses on art elements, including expressing, appreciating, creating, and creating harmony in the environment. Music arts education can motivate students to discover the character and personality of students in knowledge, potential, and positive behavior in the surrounding environment.
Keywords: Musical Art; Humanistic Perspective
PEMIKIRAN HUMANISTIK DALAM PENDIDIKAN SENI MUSIK
Abstrak
Riset merupakan landasan pendidikan musik yang berwawasan humanistik. Penelitian ini dilakukan untuk menentukan pembelajaran pembelajaran awal yang bisa lebih optimal. Pendidikan musik belum mampu mengekspresikan kebebasan dan kedewasaan. Penelitian ini dilakukan karena adanya kebutuhan untuk menumbuhkan rasa kesadaran dan tanggung jawab siswa. Kesadaran tersebut dapat memperluas pengalaman siswa dalam bermusik di lingkungan sekitarnya. Penelitian ini menggunakan studi literatur dari sepuluh artikel yang diterbitkan di jurnal nasional dan kemudian disarikan untuk membandingkan temuan tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan musik menitikberatkan pada unsur seni yang meliputi mengungkapkan, mengapresiasi, berkreasi, dan menciptakan keselarasan dalam lingkungan. Pendidikan seni musik dapat memotivasi siswa untuk menemukan karakter dan kepribadian siswa dalam pengetahuan, potensi, dan perilaku positif di lingkungan sekitarnya
Kata Kunci: Seni Musik; Perspektif Humanistik
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afriadi, P. A. (2019). Seni Rupa yang Meng-Humanis. Seminar Nasional “Guru Pembelajar, Guru Milenial, 220–239.
Argaheni, B. N. (2020). Sistemik Review: Dampak Perkuliahan Daring saat Pandemi Covid-19 terhadap Mahasiswa Indonesia. Jurnal Ilmiah Kesehatan Dan Aplikasinya: PLACENTUM, 8(2), 99–108.
Arnita. (2017). Inovasi Metode dan Media dalam Pembelajaran Seni di Indonesia. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 5(1), 44–51.
Bahari, N. (2008). Kritik seni : wacana apresiasi dan kreasi. Pustaka Belajar.
Desyandri. (2015). Pendidikan Seni Musik Humanis: Suatu Tinjauan Konseptual.
Eriswan. (2012). Islam dan Budaya Melayu: dalam Mewujudkan Visi Institut Seni Indonesia (ISI) Padang Panjang. Jurnal Ekspresi Seni, 14(1), 40–49.
Hardjana, S. (2018). Estetika Musik: Sebuah Pengantar (1st ed.). Art Music Today.
Kristanto, A. (2017). Memahami Paradigma Pendidikan Seni . ABDIEL, 119–126.
Latifah, N. P., Habibi, D. M., & Susandi, A. (2021). Konsep Pendidikan Humanistik Dalam Konteks Pemikiran Paulo Freire Dan K.H Ahmad Dahlan. IQRO: Journal of Islamic Education, 4(2), 103–116.
Moher, D., Liberati, A., Tetzlaff, J., & Altman, D. G. (2010). Preferred reporting items for systematic reviews and meta-analyses: The PRISMA statement. International Journal of Surgery, 8(5), 336–341. https://doi.org/10.1016/j.ijsu.2010.02.007
Prabawa, K. A., Pradoko, S., & Handoyo, B. C. (2021). Perspektif Pendidikan Seni Musik Berorientasi Humanistik. INVENSI: Jurnal Penciptaan Dan Pengkajian Seni, 6(1), 41–52.
Purnama, N. A. (2016). Tema Eksistensialisme dalam Lagu Iwan Fals. UIN Syarif Hidayahtullah.
Rosyada, N. M., & Retnawati, H. (2022). Elementary school: A review of evaluation selementary school: A review of evaluations. AIP Conference Proceedings, 1–9.
Sabaruddin. (2020). Sekolah dengan Konsep Pendidikan Humanis. Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 20(2), 147–162. https://doi.org/doi: 10.21831/hum.v20i2. 29306.
Sadiran. (2022). Pemikitan Pertalozzii tentang Pendidikan. Al-Mabsut: Jurnal Studi Islam Dan Sosial , 16(2), 197–206. https://doi.org/DOI: 10.56997/almabsut.v16i2.686
Triyanto. (2016). Paradigma Humanistik dalam Pendidikan Seni. Jurnal Imajinasi, X(1), 1–10.
DOI: http://dx.doi.org/10.26887/ekspresi.v25i1.3261
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Ekspresi Seni: Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Karya Seni
E-ISSN 2580-2208 | P-ISSN: 1412-1662 | DOI: 10.26887/ekspresi
Website: https://journal.isi-padangpanjang.ac.id/index.php/Ekspresi/index
Email: red.ekspresiseni@gmail.com | Support Contact Email: thegar.risky@gmail.com
Editor in Chief: Dr. Dede Pramayoza | Managing Editor: Saaduddin, M.Sn | Thegar Risky.S.Kom | Febri Desman, S.Hum | Elfira Roza, S.Kom
Publisher: Lembaga Penelitian Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) ISI Padangpanjang
Jalan Bahder Johan, Kota Padangpanjang, Sumatera Barat, Indonesia 27128 | Phone: (0752) 82077 | Fax: (0752) 82803
Ekspresi Seni : Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Karya Seni © 2017 by LPPM Institut Seni Indonesia Padangpanjang is licensed under Attribution-NonCommercial 4.0 International