Natural Dyeing in Batik: A Case Study at Pariangan Batik House, Pariangan District

Pujiana Delmasari, Sri Zulfia Novrita

Abstract


Abstrak

 

Pewarnaan alam dapat menjadi salah satu altenatif pewarnaan batik karena aman digunakan dan ramah lingkungan. Penelitian ini membahas tentang pewarnaan alam pada batik di Rumah Batik Pariangan Kecamatan Pariangan Kabupaten Tanah Datar yang bertujuan untuk mendeskripsikan bahan alam yang digunakan, proses pembuatan ekstrak warna alam, proses pewarnaan alam dan resep pembuattan ekstrak dan resep pewarnaan alam. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan jenis data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil dalam penelitian ini menggunakan 4 jenis bahan alam yaitu daun jati, kulit, kayu mahoni, kulit jengkol dan daun alpukat. Fiksasi yang digunakan yaitu tawas, kapur sirih dan tunjung. Proses pembuatan ekstrak dengan cara mempersiapkan alat dan bahan, menghitung zat yang di butuhkan. Untuk ekstraksi daun jati, kulit kayu mahoni dan daun alpukat dilakukan dengan cara perebusan menjadi 1/2 ekstrak dan untuk ekstraksi kulit jengkol yang dilakukan dengan cara merendam kulit jengkol semalaman  dan dilakukan perebusan menjadi 1/2 ekstrak. Proses pewarnaan dimulai dari pencelupan TRO/Rinso, pencelupan dengan ekstrak warna alam yang dilakukan sebanyak 5 kali dilanjut penguncian warna dengan fiksator. Resep TRO/Rinso menggunakan 20 gram dengan 4 liter air. Resep pembuatan ekstrak warna alam menggunakan Vlot 1:5 dan vlot 1:6, untuk fiksasi menggunakan vlot 1:10.

 

Kata Kunci: Bahan Alam, Proses Pembuatan Ekstrak


Full Text:

PDF

References


Fitri, E. R. (2022). Studi Tentang Pewarnaan Alam Benang Songket Di Studio Pinankabu Canduang Kabupaten Agam (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Padang).

Hanifati, Idzni, Sri Zulfia Novrita, and Yusmerita Yusmerita. "Teknik Pembuatan Ekstrak Warna Alam dari Tumbuhan dan Limbah Pasar (Studi Kasus di Rumah Batik Tarancak Kota Solok)." Jurnal Pendidikan Tambusai 7.1 (2023): 1370-1376.

Rahmi, Elvi, and Sri Zulfia Novrita. "RESEP DAN TEKNIK PEMBUATAN EKSTRAK PEWARNAAN ALAM BATIK INDRAGIRI HULU INDRAGIRI HULU PROVINSI RIAU." Jurnal Pendidikan, Busana, Seni dan Teknologi 3.3 (2021): 104-108.

Derisa, D., Efi, A., & Adriani, A. (2012). Pengaruh Garam terhadap Hasil Pencelupan Bahan Sutera dengan Ekstrak Kulit Pohon Mahoni. Journal of Home Economics and Tourism, 1(1).

Fitri, Eniza Rukyatul, and Adriani Adriani. "Pembuatan Ekstrak Pewarna Alam Kayu Mahoni untuk Benang Songket Di Studio Pinankabu Canduang Kabupaten Agam." Relief: Journal of Craft 2.1 (2023): 33-37.

Kamala, Nia, and Adriani Adriani. "Studi Tentang Motif Dan Pewarnaan Batik Cap Dengan Zat Pewarnaan Alam Di Rumah Batik Dewi Busana Kecamatan Lunang Kabupaten Pesisir Selatan." Gorga: Jurnal Seni Rupa 8.2 (2019): 303-307.

Ahmadi, Rulam, and K. R. Rose. "Metodologi penelitian kualitatif." (2014).

Lestari, Dwi Wiji, et al. "Pengaruh pH Ekstraksi pada Pewarnaan Batik Sutera Menggunakan Pewarna Alami Kulit Kayu Mahoni (Switenia Mahagoni)." Jurnal Rekayasa Proses 14.1 (2020): 74-81.




DOI: http://dx.doi.org/10.26887/ekspresi.v26i1.3951

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


Ekspresi Seni: Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Karya Seni 

E-ISSN 2580-2208 | P-ISSN: 1412-1662 | DOI: 10.26887/ekspresi 
Website: https://journal.isi-padangpanjang.ac.id/index.php/Ekspresi/index
Email: red.ekspresiseni@gmail.com | Support Contact Email: thegar.risky@gmail.com
Editor in Chief: Dr. Dede Pramayoza | Managing Editor: Saaduddin, M.Sn | Thegar Risky.S.Kom | Febri Desman, S | Elfira Roza, S.Kom
Publisher: Lembaga Penelitian Pengabdian Kepada Masyarakat  (LPPM) ISI Padangpanjang
Jalan Bahder Johan, Kota Padangpanjang, Sumatera Barat, Indonesia 27128 | Phone: (0752) 82077 | Fax: (0752) 82803

 

 


Ekspresi Seni : Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Karya Seni © 2017 by LPPM Institut Seni Indonesia Padangpanjang is licensed under Attribution-NonCommercial 4.0 International