Al Farabi's Philosophy on The Existence of Gambus Music In International Music Education

Lucy Handayani, Suharto Suharto, Djuli Djatiprambudi

Abstract


Penelitian ini menjelaskan pengaruh filosofis Al Farabi terhadap eksistensi musik gambus dalam pendidikan seni musik mancanegara. Tujuan penelitian adalah untuk mengidentifikasi dan menganalisis konsep-konsep Al Farabi tentang musik dan bagaimana konsep-konsep tersebut mempengaruhi pengembangan musik gambus dalam konteks pendidikan seni musik internasional. Metode penelitian melibatkan analisis teks-teks filosofis Al Farabi, serta studi kasus tentang implementasi konsep-konsepnya dalam pengajaran dan praktik musik gambus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemikiran Al Farabi, khususnya mengenai harmoni, pengaruh musik pada jiwa, dan tujuan moral musik, memiliki dampak signifikan dalam perkembangan musik gambus. Penemuan ini mengindikasikan bahwa pemikiran Al Farabi masih relevan dan dapat diterapkan dalam konteks pendidikan seni musik mancanegara. Konsep-konsep filosofisnya mendorong pengalaman musik yang lebih dalam, spiritual, dan bermakna, dan dapat membantu musisi gambus serta pendidik seni musik mancanegara dalam mengembangkan pendekatan pendidikan yang lebih holistik dan berpusat pada nilai-nilai.


Keywords


Pengaruh Filosofis Al Farabi, Musik Gambus, Pendidikan Seni Mancanegara

References


Al-Farabi. (1984). Kitab al-Musiqa al-Kabir. (Ibrahim Najjar (ed.)). Dar al-Mashreq.

Aripudin, A. (2012). Dakwah Antarbudaya. PT Remaja Rosdakarya.

Arnason, J. P. (2008). Al-Farabi on Music. (J. and C. . Alon, I., & Janssens, J. (Eds.), "Medieval Philosophy and the Classical Tradition: In Islam (ed.)). Peeters.

Banoe, P. (2003). Kamus Musik. Kanisius.

Bart Barendregt and Wim van Zanten. (2002). Popular Music in Indonesia since 1998, in Particular Fusion, Indie and Islamic Music on Video Compact Discs and the Internet. Yearbook for Traditional Music, 34, 67–113.

Berg, B. (2007). Presence and Power of the Arab Idiom. "Authentic Islamic Sound? Orkes Gambus Music, the Arab Idiom in Indonesian Islamic Musical Art‟ (Paper presented in Conference on Music of the World of I slam. (ed.); 8th-13 Augus ed.).

Berg, B. (2011). Authentic Islamic Sound? Orkes Gambus Music, the Arab Idiom,and Sonic Symbol in Indonesian Islamic Musical Art (David.D. Harnish & Anne. K.Rasmussen (ed.); Berg, Birg). Oxford University Press.

Capwell, C. (2011). From Dust to Platinum: Global Currents Through the MalayWorld of Musical Islam (David.D. Harnish & Anne. K. Rasmussen (ed.); Capwell, C). Oxford university Press.

Harahap, I. (2005). Alat Musik Dawai. Lembaga Pendidikan Seni Nusantara, buku uji coba PSN.

Hastanto, S. (2005). Musik Tradisi Nusantara. Musik-musik yang Belum Banyak Dikenal. Deputi Bidang Seni dan Film Kementrian Kebudayaan danPariwisata.

Hilarian, L. F. (2005). The Structure and Development of the Gambus (Malay-Lutes). The Galpin Society Journal, 58, 66-82.

Irawan, R. (2008). Gambus Lampung Pesisir dan Sistem Musiknya : Kajian Musikologis Fenomena Maqam dalam Musik Gambus Masyarakat Lampung Pesisir. Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

Jamalus. (1988). Panduan Pengajaran buku Pengajaran musik melalui pengalaman musik. Koentjaraningrat.

Kartomi, J. M. (1980). Musical Strata in Sumatra, Jawa, and Bali, Music ManyCulture (Ed. May Elizabeth (ed.)). University of California Press, Ltd.

Kriyanto, R. (2006). Teknik Praktis Riset Komunikasi : Disertai Contoh Praktis Riset Media, Public Relation, Advertising, Komunikasi organisasi, Komunikasi Pemasaran. Kencana.

Kriyantono, R. (2006). Teknik Praktis Riset Komunikasi. Kencana Prenada Media Group.

Kunst, J. (1973). Music in Java: It‟s History, It‟s Theory, and It‟s Technique . Martinus Nijhoff.

Netton, I. R. (1994). Al-Farabi and His School.

Rasmussen, A. . (2010). Women, the Recited Qur‟an, and Islamic Music inIndonesia. University of California Press.

Sachs, C. (1940). The History of Musical Instruments. Norton Compan.Inc. Publisher.

Sholikhah, I. (2008). Gambus sebagai Subkultur Relgius: Studi Kasus Praksis Gambus kelompok “Al- Asyik” Ambulu, jember, Jawa Timur. Universitas Sanata Dharma.

Sutton, R. A. (2011). Music, Islam, and the commercial media in contemporary Indonesia (Andrew Weintraub (ed.); Islam and).




DOI: http://dx.doi.org/10.26887/ekspresi.v26i1.3954

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


Ekspresi Seni: Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Karya Seni 

E-ISSN 2580-2208 | P-ISSN: 1412-1662 | DOI: 10.26887/ekspresi 
Website: https://journal.isi-padangpanjang.ac.id/index.php/Ekspresi/index
Email: red.ekspresiseni@gmail.com | Support Contact Email: thegar.risky@gmail.com
Editor in Chief: Dr. Dede Pramayoza | Managing Editor: Saaduddin, M.Sn | Thegar Risky.S.Kom | Febri Desman, S | Elfira Roza, S.Kom
Publisher: Lembaga Penelitian Pengabdian Kepada Masyarakat  (LPPM) ISI Padangpanjang
Jalan Bahder Johan, Kota Padangpanjang, Sumatera Barat, Indonesia 27128 | Phone: (0752) 82077 | Fax: (0752) 82803

 

 


Ekspresi Seni : Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Karya Seni © 2017 by LPPM Institut Seni Indonesia Padangpanjang is licensed under Attribution-NonCommercial 4.0 International