Representation of Women in Paintings From The Private Collection of OHD Museum, Magelang

Muhamad Rio Novandana

Abstract


Penulisan ini didasari atas ketertarikan penulis terhadap karya seni yang terpajang di Museum OHD Magelang. Dari sekian banyaknya lukisan, penggambaran mengenai perempuan sangat terlihat jelas perbedaan penggambarannya. Sudut pandang pelukis memang menjadi salah satu tumpuan dari bagaimana karya lukis tersebut akhirnya dibuat. Perbedaan tersebut dapat terlihat sebagai bagaimana objektifikasi perempuan dilihat dalam sudut pandang pelukis, yang tentunya keduanya saling bertolak belakang, karena adanya interpretasi yang berbeda tersebut penulis tertarik untuk menuangkannya, menggabungkan sudut pandang pelukis dan penikmat seni. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif deskriptif dengan teori studi kasus. Hasilnya, dari enam lukisan yang diambil tiga merepresentasikan permepuan sebagai objek keindahan. Penggambarannya menyajikan keanggunan, keteduhan, kecantikan wanita yang bisa dinikmati keindahannya dalam goresan kuas yang lembut, dengan warna yang cenderung pucat. Semenntara di sisi lain penggambaran perempuan sebagai objek erotisme terlihat dari bagaimana lukisan dibuat dengan menampilkan tubuh wanita secara vulgar, tidak memakai baju, dan menunjukan area yang terbilang sensitif, penggambarannya sebagai perempuan sebagai objek seksual, gairah dan nafsu. Dari adanya pembahasan tersebut disimpulkan bagaimana pandangan laki-laki saat melihat wanita sebagai dua objek yang berbeda, wanita sebagai unsur keteduhan dan keindahan, disisi lain wanita sebagai objek seksualitas dan nafsu.

Keywords


perempuan, representasi, lukisan, keindahan, seksualitas

Full Text:

PDF

References


Rokhmansyah, A. (2016). Pengantar Gender dan Feminisme: Pemahaman Awal Kritik Sastra Feminisme. Yogyakarta: Garudhakencana

Subadi, T. (2006). Metode Penelitian Kualitatif (E. F. Hidayati, Ed.). Penerbit Muhammadiyah University Press Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Ellemers, N. (2018). Gender Stereotypes. Annual Review of Psychology, 69(Volume 69, 2018), 275–298. https://doi.org/10.1146/ANNUREV-PSYCH-122216-011719/CITE/REFWOR

Karim, A. (2014). Feminisme: Sebuah Model Penelitian Kualitatif. Sawwa: Jurnal Studi Gender, 10(1), 83–98. https://doi.org/10.21580/SA.V10I1.643

Rudman, L. A., & Phelan, J. E. (2010). The Effect of Priming Gender Roles on Women’s Implicit Gender Beliefs and Career Aspirations. 41(3), 192–202. https://doi.org/10.1027/1864-9335/A000027

Saguni, F. (2014). Pemberian Stereotype Gender. Jurnal Musawa IAIN Palu, 6(2), 195–224. https://www.neliti.com/publications/138333/

Sudarmana, T. D. (2012). Peran dan Posisi Oei Hong Djien dalam Arena Seni Lukis Indonesia. Dewa Ruci: Jurnal Pengkajian dan Penciptaan Seni, 7(3). https://doi.org/10.33153/DEWARUCI.V7I3.1043

Suhada, D. N. (2021). Feminisme dalam Dinamika Perjuangan Gender di Indonesia. Indonesian Journal of Sociology, Education, and Development, 3(1), 15–27. https://doi.org/10.52483/IJSED.V3I1.42

Wicandra, O. B. (2007). Representasi Perempuan Pada Lukisan Di Bak Truk. Nirmana, 9(1), 31–37. https://doi.org/https://doi.org/10.9744/nirmana.9.1.pp.%2031-37

Wiratmo, L. B. (2008). Representasi Perempuan dalam Majalah Wanita. Yinyang: Jurnal Studi Islam Gender dan Anak, 3(1), 101–119.

Khoirul, A. (2019). Dekonstruksi Gender: Narasi Melawan Marginalisasi dalam Biennale Jogja Equator #5. Biennale Jogja. https://asanabinaseni.biennalejogja.org/kelas/dekonstruksi-gender-narasi-melawan-marginalisasi-dalam-biennale-jogja-equator-5/




DOI: http://dx.doi.org/10.26887/ekspresi.v26i2.4813

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Ekspresi Seni: Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Karya Seni 

E-ISSN 2580-2208 | P-ISSN: 1412-1662 | DOI: 10.26887/ekspresi 
Website: https://journal.isi-padangpanjang.ac.id/index.php/Ekspresi/index
Email: red.ekspresiseni@gmail.com | Support Contact Email: thegar.risky@gmail.com
Editor in Chief: Dr. Dede Pramayoza | Managing Editor: Saaduddin, M.Sn | Thegar Risky.S.Kom | Febri Desman, S.Hum | Elfira Roza, S.Kom
Publisher: Lembaga Penelitian Pengabdian Kepada Masyarakat  (LPPM) ISI Padangpanjang
Jalan Bahder Johan, Kota Padangpanjang, Sumatera Barat, Indonesia 27128 | Phone: (0752) 82077 | Fax: (0752) 82803

 

 


Ekspresi Seni : Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Karya Seni © 2017 by LPPM Institut Seni Indonesia Padangpanjang is licensed under Attribution-NonCommercial 4.0 International