DARI TARI GALOMBANG KE TARI PASAMBAHAN: PERUBAHAN TARI MINANGKABAU DALAM PERKEMBANGAN BUDAYA POPULER DAN INDUSTRI PARIWISATA

FRESTI YULIZA

Abstract


Tulisan ini membahas tentang perubahan dari Tari Galombangke Tari Pasambahan dalam khasanah seni tari tradisional dalam masyarakat Minangkabau. Menggunakan perspektif budaya populer, tulisan ini bermaksud menelusuri riwayat ringkas perubahan tersebut dan maknanya dalam kehidupan di masa kini. Pengamata menunjukkan bahwa perubahan nama dan fungsi tersebut tidak terlepaskan dari riwayat penciptaan tari yang lazim dinamakan sebagai ‘tari kreasi’ di Sumatera Barat, yang pada dasarnya adalah bagian dari semangat tumbuhnya tari modern. Adapun perubahan tersebut, selain menunjukkan kecenderungan budaya populer yang cenderung relatif, pragmatis dan hibrid, juga merupakan bagian dari semangat budaya kontemporer, yang mengedepankan sifat kesementaraan, tidak satabilan, dan perubahan yang terus-menerus

Keywords


Tari Galombang; Tari Pasambahan; Perubahan; Tari Minangkabau; Budaya Populer

Full Text:

PDF

References


Adnan, Nerosti. 2013. “Tari Galombang di Minangkabau Menuju Industri Pariwisata,” Journal of Urban Society’s Art, Volume 13 No. 2, Oktober.

Asriati, Afifah. 2012. “Tari Pasambahan Dan Falsafah Minang Dalam Perspektif Alim Ulama Kota Padang,” Jurnal Humanus, Vol. XI No.2.

Aulia, Tiara Virginia. 2015. Indrayuda, Herlinda Mansyur, “Tari Pasambahan Karya Syofyani: Studi Kasus Gaya Gerak Tari,” E-Jurnal Sendratasik FBS Universitas Negeri Padang, Vol. 4 No. 1 Seri A, September.

Murgiyanto, Sal. 1991. “Moving Between Unity and Diversity: Four Indonesian Choreographers,” Dissertation Department of Performance Studies, New York University.

Murgiyanto, Sal. 2004. “Gusmiati Suid: Menumbuh-Kembangkan Tradisi,” Pidato Anugerah Seni DKJ 2004, Graha Bhakti Budaya, Taman Ismail Marzuki, Jakarta, 20 Agustus 2004.

Navis., A.A. 1984. Alam Takambang Jadi Guru: Adat dan Kebudayaan Minangkabau. Jakarta: Grafiti Press.

Strinati, Dominic. 2007. Popular Culture: Pengantar Menuju Budaya Populer. Terj. Abdul Mukhid. Yogyakarta: Jejak.

Thomas, Helen. 1995. Dance, Modernity And Culture: Explorations In The Sociology Of Dance. London: Routledge.

Williams, Raymond. 1983.Keywords: A Vocabulary Of Culture And Society. Revised edition. New York: Oxford University Press.

DAFTAR WEBTOGRAFI

Michiko, “Dies Natalis UKM Ke-36: Kontribusi Nyata Minangkabau Untuk Indonesia,” (https://www.itb.ac.id/news/3205.xhtml, 25 April 2011), diakses 12 Juni 2016.

UKM-ITB, “Tari Galombang Pasambahan (Dies Natalis 36) UKM-ITB,”(https://www.youtube.com/watch?v=KUsV6c6-VnI, 2 Juni 2011), diakses 12 Juni 2016.




DOI: http://dx.doi.org/10.26887/lg.v6i1.1016

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.26887/lg.v6i1.1016.g540

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 

View My Stats