PENGEMBANGAN AYUAK PADA DENDANG RATOK PANINGGAHAN
Abstract
ABSTRAK
Komposisi musik “Singgah Saja-Nak” merupakan sebuah karya komposisi yang bersumber dari sistem permainan singgah pada repertoar talempong pacik lagu panyinggahan dimana pemain talempong pacik induak melakukan singgah ke salah satu talempong dari talempong anak. Penggarapan komposisi menggunakan pendekatan musik tradisi. Garapan tersebut memanfaatkan instrument tradisi, yaitu talempong dan gandang katindiak.Tujuan penggarapan musik ini untuk mewujudkan bentuk komposisi baru yang bersumber dari talempong pacik lagu panyinggahan. Hasil yang di dapat dari penggarapan karya ini adalah perubahan komposisi yang terdiri dari dua bagian, yaitu bagian pertama perkembangan pola ritme pada masing-masing pasangan talempong pacik dan bagian kedua pengembangan jalinan melodi yang dihasilkan talempong pacik induak ke talempong pacik anak dengan media ungkap, yaitu; talempong, canang, talempong ketek, gandang katindiak, dan gitarbass tanpa menghilangkan ciri khas dari kesenian talempong pacik lagu panyinggahan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Ediwar, Hanefi. dkk. “Musik Tradisional Minangkabau”. Yogyakarta: GRE PUBLISHING, 2017.
Hajizar dkk. 2004, “Talempong Minangkabau” Bahan Ajar Musik dan Tari. UPI dengan Yayasan Jakarta: Ford Foundation .
Indra Sastra, Andar, “Estetika Takempong Renjeang”., 2016
Waridi. “Gagasan & kekaryaan Tiga
Empu Karawitan”, Bandung: Pascasarjana IS ISurakarta,2008.
Firdaus, Jumaidil, “Two in One,” Laporan Karya Seni. Padangpanjang : ISI Padangpanjang., 2012.
DOI: http://dx.doi.org/10.26887/lg.v7i1.1540
DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.26887/lg.v7i1.1540.g712
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.
View My Stats