PEMERANAN TOKOH TUAN DURAN DALAM NASKAH KEMATIAN YANG DIRENCANAKAN KARYA AUGUST STRINBERG TERJEMAHAN JOKO KURNAIN
Abstract
ABSTRAK
Pemeranan Tokoh Tuan Duran dalam Naskah Kematian yang Direncanakan karya August Strinberg terjemahan Joko Kurnain merupakan kerja kreatif pemeranan yang pemeran jalani untuk mewujudkan karakter tokoh Tuan Duran dari realitas naskah menjadi realitas teater. Proses perwujudan tokoh Tuan Duran tersebut bertitik tolak pada analisis penokohan. Tahapan kerja dari analisis penokohan tersebut dimulai pada analisis tokoh, kemudian relasi antar tokoh dan yang terakhir relasi tokoh dengan struktur naskah. Hasil dari analisa tokoh dan naskah, menjadi pijakan pemeran dalam proses perwujudan tokoh. Proses perwujudan tokoh tersebut berpedoman pada metode akting Stanislavsky.
Kata Kunci:Pemeranan; Kematian yang Direncanakan; Tuan Duran; Stanislavsky.
ABSTRACT
The role of Tuan Duran in the Planned Death Manuscript by August Strinberg, translated by Joko Kurnain, is a creative work of acting that the actors undertake to realize the character of Tuan Duran from the reality of the script into a theatrical reality. The process of realizing the character of Tuan Duran is based on the analysis of characterizations. The work stages of the characterization analysis begin with character analysis, then the relationship between characters and finally the character's relationship with the structure of the script. The results of the analysis of the characters and the script, become the basis for the actors in the process of realizing the characters. The process of embodiment of the character is guided by Stanislavsky's acting method.
Keywords:Actor; Premeditated Death; Mr Duran; Stanislavsky.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Doyin, M,2001.Masalah Keaktoran Dalam Teater Modern.
Fitri, Y., & Saaduddin, S. (2018). REINTERPRETASI DRAMATURGI LAKON KEBUN CERI KARYA ANTON P CHEKHOV. Laga, 4(2), 149–162. http://journal.isi-padangpanjang.ac.id/index.php/Lagalaga/article/view/529/320
Haikal, M., & Saaduddin, S. (2020). Pemeranan Tokoh Comol dalam Naskah Lautan Bernyanyi Karya Putu Wijaya dengan Metode Akting The System Stanislavsky. Laga-Laga, 1(2), 1–6. https://doi.org/10.26887/cartj.v3i1.2136
Harymawan, 1981. Dramaturgi, Pustaka Prima, Bandung.
Irianto, Ikhsan Satria. 2021.“Visi Dramatik Soekarno dalam Drama Rainbow: Poetri Kentjana Boelan”,Vol. 4, No. 2. Jurnal Melayu Art And Performance, ISI Padangpanjang.https://journal.isi-padangpanjang.ac.id/index.php/MAPJ/article/view/2210/884
Niaga.I, 2014.“Membentuk Kemampuan Psikologikal Dasar Calon Aktor Dengan Metode Latihan Bertutur”, Vol. 16 No. 1. Jurnal Ekspresi Seni, ISI Padangpanjang.https://journal.isi-padangpanjang.ac.id/index.php/Ekspresi/article/view/6/3
Pramayoza, D. (2022). The Aesthetics of Eternal Paradox: Endless Dialogue Between Islamic and Minangkabau Thought in Wisran Hadi’s Dramaturgy. Cogito: Multidisciplinary Research Journal, 14(2), 160–180.
Stanislavsky. C, 2008. Membangun Tokoh, Kepustakaan Populer Gramedia, Jakarta.
Stanislavsky. C,1980. Persiapan Seorang Aktor, Pustaka Jaya, Jakarta.
Tambayong.Japi, 1981. Dasar-Dasar Dramaturgi, Pustaka Prima, Bandung.
Tornvist, Egil. 2007. Strinberg on Drama and Theatre, Universitas Press, Amsterdam.
Waluyo.H, 2001.Drama Teori dan Pengajarannya, Hanindita Graha Widia, Yogyakarta.
Yudiaryani, 2002.Panggung Teater Dunia, Pustaka Gondho Suli, Yogyakarta.
DOI: http://dx.doi.org/10.26887/lg.v8i2.3110
DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.26887/lg.v8i2.3110.g1146
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.
View My Stats