MEMBANGUN HARMONISASI EDUKASI MELALUI PEMBELAJARAN TARI JAWA, BALI DAN SUNDA

Suci Hasmita, Hardi Hardi, Ernida Kadir

Abstract


Tulisan ini membahas tantangan dan upaya membangun harmonisasi melalui edukasi dan apresiasi tari Jawa, Bali dan Sunda di Program Studi Seni Tari Institut Seni Indonesia Padangpanjang. Penulis menggunakan metode penelitian kulitatif deskriptif analisis. Dilandasi dengan teori kreativitas dan strategi pembelajaran. Proses pembelajaran yang baik yaitu mampu membuat suatu strategi pembelajaran yang kreatif dan inovatif di dalamnya agar target yang ingin di capai dapat maksimal. Berkaitan hal tersebut hasil dari pembelajaran yang telah dilakukan tidak sesuai dengan yang diharapkan, maka dari itu evaluasi dan kontroling sangat dibutuhkan antara dosen dengan mahasiswa. Keberhasilan proses pembelajaran tari Jawa, Bali dan Sunda yaitu dengan metode yag sesuai dengan mahasiswa yang mayoritas budaya Melayu. Tujuan penelitian ini gunanya untuk mengetahui kendala dalam proses pembelajaran tari Jawa, Bali dan Sunda yang dibuktikan dari hasil belajar mahasiswa.
Kata kunci: strategi pembelajaran; harmonisasi; inovatif

Keywords


strategi pembelajaran; harmonisasi; inovatif

Full Text:

PDF

References


Abdillah M Marzuki. 2021. Harmoni Dalam Keragaman Budaya. https://mediaindonesia.com/humaniora/79494/harmoni-dalam-keragaman-budaya16 maret 2022 (14.00)

Al Tabanny Trianto Ibnu Badar. 2015 Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual. Jakarta . PT Putra Utama.

Anggi Sukma Yunni Foresti “Pengaruh Rendahnya Kecerdasan Musikal Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Prodi Seni Tari Institut Seni Indonesia PadangPanjang”. PadangPanjang. Institut Seni Indonesia PadangPanjang.

Aw Suranto. 2019. Metodologi Penelitian Pendidikan Kopetensi Dan Praktiknya Edisi Revisi. Jakarta : Bumi Aksara.

Hilgar Dam Wina Sanjaya. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta. Prenada Media.

Meleong Lexi. 2000. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Oemar Hamalik. 1989. Media pendidikan. Citra Aditya,12 Bandung

Sandra Eli Basri. 2021. “Problematika Proses Pembelajaran Mata Kuliah Komposisi/Koreografi DiProgram Studi Seni Tari Institut Seni Indonesia Padangpanjang Di Masa Pandemi Covid-19”. PadangPanjang. Institut Seni Indonesia PadangPanjang.

Sanjaya wina. 2002. Kurikulum Dan Pembelajaran. Jakarta. Pt Fajar Inter Pratama Mandiri.

Sugiyono.2008. Metode penelitian kuantitatif dan R&D Bandung: Cv Alfabet. Bandung

Supriadi, Dedi. 1994 Kreativitas, Kebudayaan & Perkembangan Iptek, Bandung: Alfabeta

Sudaryono. 2017. Metedeologi Penelitian. Depok. Pt Raya Gafindo Persada.

Uno Hamzah B. 2016. Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif Dan Efektif. Jakarta : Bumi Aksara.




DOI: http://dx.doi.org/10.26887/lg.v8i2.3121

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.26887/lg.v8i2.3121.g1153

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 

View My Stats