Pemeranan Tokoh Paulina Salas Dalam Naskah “Maut Dan Sang Dara” Karya Ariel Dorfman Dengan Metode Akting Stanilavski
Abstract
Pemeranan tokoh Paulina Salas dalam naskah Maut dan Sang Dara merupakan penciptaan karya seni peran sesuai dengan penafsiran pemeran terhadap tokoh yang telah dibuat. Penciptaan pemeranan tersebut diawali dengan analisis struktur tokoh Paulina, dimana Paulina merupakan Protagonis dan merupakan penggerak alur. Tokoh Paulina merupakan seorang wanita yang menjadi tahanan politik selama bertahun-tahun, hingga ia mengalami trauma dengan masa lalunya. Hasil dari analisis akan menjadi pedoman bagi pemeran untuk mewujudkan tokoh Paulina Salas, dari apa yang telah dikemukakan oleh Stanilavsky tentang magicif untuk memproyeksikan bentuk keaktoran dan menyatukan karakter pemeran dengan karakter tokoh dengan observasi, imajinasi dan menubuhkan tokoh. Penciptaan tokoh Paulina Salas pada pertunjukan teater merupakan suatu upaya untuk memahami kembali tentang keadaan sosial yang terjadi yang direalisasikan berdasarkan perwujudan tokoh yang menunjukkan keadaan pemerintahan di suatu negara dengan rezim yang otoriter dan lakon ini merupakan lakon realisme psikologis karena mengedepankan kondisi psikologis yang dialami tokoh Paulina.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arifin, M. (2006). My Life In Art (D. Saryono (ed.)). Pustaka Kayutangan.
Atkinson, R. L., & Atkinson, R. C. (1983). PENGANTAR PSIKOLOGI (N. Taufiq (ed.); kedelapan, Vol. 2). Erlangga.
Bertens. (2016). Psikoanalisis Sigmud Freud (Bertens (ed.)). PT Gramedia Pustaka Utama.
Carrol, N. (1999). Philosophy Of Art. Routledge.
Egri, L. (2020). The Art of Dramatic Writing (A. Sundarela (ed.); cetakan pe). Kalabuku.
Fatimah, S. (2007). Perempuan dan Kekerasan pada Masa Orde Baru. Demokrasi, VI.
Harymawan, R. (1988). Dramaturgi (T. Surjaman (ed.)). Rosda Offset.
Hasanuddin. (1996). DRAMA (Hasanudin (ed.)). Percetakan Angkasa.
Kline, H. F., Wade, C. J., & Wiarda, H. J. (2017). Latin American Politics and Development (Ninth Edit). Routledge.
Ledwin, D., & Joe and Robin stockdale. (2008). The Architecture Of Drama Plot Character Theme Genre and Style. Scarecrow Press.
McClennen, S. A. (2010). Ariel Dorfman An Aesthetics Of Hope (berilustra). Duke University Press.
Munazif, A. (2016). Dramaturgi Lakon Maut dan Sang Dara karya Ariel Dorfman Terjemahan Mimi Notokusumo. ISI PADANG PANJANG.
Munazif, A. (2020). Struktur dan Tekstur Lakon Maut dan Sang Dara Karya Ariel Dorfman. Jurnal Seni Pertunjukan, 9900, 14.
Pratama, I. (2019). Akting Stanilavski (I. Pratama (ed.)). Lampung Literature.
Rifandi, I. (2016). Pemeranan Tokoh Joseph Garcin Naskah Lakon Pintu Tertutup. ISI PADANG PANJANG.
Sani, A. (1980). Persiapan Seorang Aktor. PT Dunia Pustaka Jaya.
Satoto, P. D. H. S. (2012). Analisis Drama dan Teater (2nd ed.). Ombak.
Sitorus, E. D. (2003). THE ART OF ACTING (M. Yulistiani (ed.); Kedua). PT Gramedia.
Soemanto, B. (1999). Realisme dalam Jagat Teater.
Sujatmoko, A. (2017). Pemulihan Korban Pelanggaran Berat Hak Asasi Manusia di Argentina dan Chile. Asy-Syari’ah, 196.
Stanilavski, C. (2019). Membangun Tokoh (B. V. Handayani (ed.)). PT Gramedia, Jakarta.
Suryabrata, S. (2001). PSIKOLOGI KEPRIBADIAN (S. Suryabrata (ed.)). PT Raja Grafindo Persada.
Yudiaryani. (2002). PANGGUNG TEATER DUNIA (L. Purwaraharja (ed.); pertama). Pustaka Gondho Suli.
Loveman, B. (1986). Military Dictatorship and Political Opposition in Chile, 1973-1986. Journal of Interamerican Studies and World Affairs, 28(4), 1-38.
Waluyo, H. J. (2007). Drama, Naskah, Pementasan, dan Pengajarannya (K. Harjoprawiro (ed.)). UNS Press.
Wiarda, H. J. (1990). The democratic revolution in Latin America: history, politics, and US Policy. Holmes & Meier Pub.
Zainal, N. A. (2013). Hubungan sipil-militer di Chile pasca Augusto Pinochet, 1990-2006. Jurnal Politik Profetik, 1(1).
DOI: http://dx.doi.org/10.26887/lg.v9i1.3538
DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.26887/lg.v9i1.3538.g1473
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.
View My Stats