METODE AKTING BRECHTIAN DALAM PENCIPTAAN TOKOH NENEK PADA LAKON KERETA KENCANA TERJEMAHAN W.S RENDRA

Fauzana Ridya Ridya

Abstract


Memerankan tokoh Nenek pada Naskah Kereta Kencanakarya Euegene Ionesco terjemahkan W.S Rendra adaptasi Sulaiman Juned, merupakan bentuk penciptaan yang dilakukan oleh pemeran. Perwujudan tokoh Nenek dimulai dari analisis lakon Kereta Kencana.Pemeranan tokoh Nenek diwujudkan dengan gaya non realis yang menggunakan metode akting Brechtian yaitu teknik alienasi. Akting akan dihadirkan melalui pengolahan seni peran yang berpedoman pada teori dan metode. Verfreemdungsffekt atau yang biasa di sebut efek „alienasi‟ yang dicetuskan Bertolt Brecht, ditandai dengan Pemeran dalam memerankan tokoh nenek terkadang menjadi tokoh lain. Pemeran akan menampilkan karakter tokoh (seolah-olah) dan tidak menjadi (to be) karakter tokoh dalam naskah. Pemeran menjadi tokoh orang ketiga untuk membicarakan tokoh yang diperankan sebelumnya.Melalui pertunjukan kereta kencana, pemeran mengharapkan penonton dapat melihat panggung dengan kritis.

Keywords


Tokoh Nenek, akting, alienasi

Full Text:

PDF

References


Dewojati, Cahyaningrum. 2010. Drama, Sejarah, Teori dan Pengajarannya.

Yogyakara: Gadjah Mada University Press

Dimyati, Ipit S. 2010. Komunikasi Teater Indonesia. Bandung: Kelir

Sitorus D.Eka.2002. The Art of Acting Seni Peran untuk Teater, Film & Tv. Jakarta :PT Gramedia Pustaka Utama

Ionesco, Eugene. 2004. Kereta Kencana. Terjemahan W.S. Rendra. Yogyakarta:

PusatPengembangan dan Penataran Guru Kesenian

Hasanuddin. 1996. Drama Karya Dalam Dua Dimensi, Bandung: Percetakan

Angkasa

Muka, adinda usin. 2015. “Analisis Naskah „Kereta Kencana‟ Karya W.S. Rendra.”Analisis Naskah “Kereta Kencana” 1(2):56-67.http://ejournals.unmul.ac.id/index.php/CALLS/article/view/692/pdf.

Mitter, Shomit. 2002. Sistem Pelatihan Lakon, Yogyakarta: MSPI dan ARTI

Saptaria, Rikrik El. 2006. Acting handbook: panduan praktis akting untuk film & teater. Bandung : Rekayasa Sains.

Jurnal Laga-Laga, Vol. 5, No. 2, September 2019

Fauzana Ridya, Sulaiman, Firdaus

Copyright © 2019, Jurnal Laga-Laga, ISSN 2460-9900 (print), ISSN 2597-9000 (online)

Hal | 211

Soekanto, Soerjono.1982. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta:PT Raja Grafindo Persada

Soekanto, Soerjono.1982. Teori Sosiologi tentang pribadi dalam masyarakat.Bogor : Ghalia Indonesia

Sugiarto, Bambang. 2013. Untuk Apa Seni. Bandung: Matahari

Suryata.Sumadi. 2007. Psikologi Kepribadian. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada

Yudiaryani.2002 .Panggung Teater Dunia : Perkembangan dan Perubahan Konfensi.Jogjakarta: Pustaka Gondho Suli.

Yudiaryani.2002. Shomit Mitter Stanislavski, Brecht, Grotowski, Brook, Sistem Pelatihan Lakon. Yogyakarta: Gelara Mouse.

Waluyo , Herman J. 2002. Drama Teori dan Pengajarannya.Yogyakarta : PT. Hanindita Graha Widya.

Waluyo , Herman J. 2007. Drama Teori dan Pengajarannya.Yogyakarta : PT. Hanindita Graha Widya.

Sumber Internet:

http://indonesia-english.com/blog/terjemahan-puisi-huesca

http://id.m.wikipedia.org/wiki/W.s._Rendra

http://youtu.be./oVqA1gCjMm8

http://youto.be/X-px-1CK2TM




DOI: http://dx.doi.org/10.26887/lg.v5i2.922

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.26887/lg.v5i2.922.g473

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 

View My Stats