PERANCANGAN TYPEFACE ITIAK PULANG PATANG
Abstract
ABSTRAK
Motif itiak pulang patang merupakan warisan budaya luhur Minangkabau. Dalam masyarakat Minangkabau dikenal tiga macam jenis ukiran yang terinspirasi dari alam. terlihat dalam kehidupan masyarakat Minangkabau yang masih ada dan dipertahankan sampai sekarang. Ide ini kemudian dikembangkan menjadi sebuah konsep rancang visual typeface berbasis ukiran itiak pulang patang yang memiliki karakter anatomi dan proses konstruksi pembuatannya didasarkan pada kaidahkaidah dalam typeface, sehingga adaptasi ini muncul dalam rupa font Italic. Dari bentuk ukiran menjadi fonetik (huruf tunggal) aplikasinya sebagai font di komputer. Setelah penelitian dan perancangan, kemudian typeface yang siap pakai ini disosialisasikan di area lokal, diprioritaskan pada tingkat pendidikan dan pemerintahan, yang pada penggunaannya untuk kepentingan headline. Tujuan perancangan ini untuk membahas dan menginterpretasikan makna filosofis yang terkandung dalam ukiran itiak pulang patang yang mencerminkan pola kehidupan masyarakat Minangkabau. Fenomena ini dituangkan menjadi ide dasar dalam pembuatan typeface yang disesuaikan dengan prinsip dasar dalam typeface. Metode penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif untuk mengungkapkan fakta dan keadaan yang ada dengan menyuguhkan apa yang sebenarnya terjadi dalam masyarakat Minangkabau. Adapun pendekatan yang digunakan adalah pendekatan semiotik.
Kata kunci: typeface, itiak pulang patang, font Italic
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Sihombing, D. 2015. Typeface Dalam Desain Grafis Edisi ke-2. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama.
Silaen, Ramalina. 2015. “Perancangan Typeface Berbasis Aksara Batak Toba.” E- Proceeding of Art and Design, Vol.2, No.1 April 2015 | Page 1
Rosita, Dhika. 2016. “Perancangan Tipografi Asimilasi Aksara Latin Karakteristik Ondel-Ondel Sebagai Solusi Kreatif Melestarikan Budaya Betawi.” dalam Jurnal Desain. Volume 2 No 02 Januari 2016, hal 61-68
Rustan, Surianto. 2011. Font dan Typeface. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Dinas Pariwisata Seni dan Budaya Kabupaten Tanah Datar. 2007. Istano Basa Pagaruyung Kabupaten Tanah Datar Provinsi Sumatera Barat. Batu Sangkar: Dinas Pariwisata Seni dan Budaya Kabupaten Tanah Datar.
Moleong, Lexy. 1988. Metodologi Penelitian Kualitatif. Cetakan Ke-30. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Navis, A.A. 1984. Alam Takambang Jadi Guru, Adat dan Kebudayaan Minangkabau. Jakarta: Pustaka Grafiti Press.
Kajian Struktur Ragam Hias Ukiran Tradisional Minangkabau pada Istano Basa Pagaruyuang dalam Jurnal Titik Imaji Volume 1 Nomor 1: 54-67, Maret 2018
Tipografi kreasi dari motif Ukiran Melayu Deli dalam Jurnal Proporsi, Vol, 3 No.1 November 2017 Halaman 55 - 67
DOI: http://dx.doi.org/10.26887/mapj.v3i1.1338
DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.26887/mapj.v3i1.1338.g728
Refbacks
- There are currently no refbacks.
MAPJ Indexed By:
Melayu Arts and Performance Journal
E-ISSN: 2656-3509| P-ISSN:2656-0232 | DOI: 10.26887/mapjWebsite: http://journal.isi-padangpanjang.ac.id/index.php/MAPJ/index
Email: editor.mapj@gmail.com | redaksimapj@isi-padangpanjang.ac.id
Editor in Chief: Dr. Dede Pramayoza | Managing Editor: Saaduddin, M.Sn
Publisher: Program Pasca Sarjana ISI Padangpanjang
Jalan Bahder Johan Padangpanjang 27128
Phone: (0752) 82077, Fax: (0752) 82803
Melayu Arts and Performance Journal (MAPJ) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License