PEMBELAJARAN MENGGAMBAR MOTIF BATIK PADA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 3 TANJUNG RAJA

Mita Yuliana, Djunaidi Djunaidi, Nofroza Yelli

Abstract


ABSTRACT

The purpose of this study was to determine the learning process of drawing batik motifs in grade VIII students at SMP Negeri 3 Tanjung Raja. The method used in this research is descriptive qualitative, which is a research method that seeks to describe a symptom, event, event, which is happening at the present time. The research objects in this study were teachers and students, namely teachers of the arts and culture subjects at SMP Negeri 3 Tanjung Raja and grade VIII students at SMP Negeri 3 Tanjung Raja. Data collection techniques in this study were observation, interviews, and documentation. Based on the evaluation activities that have been carried out, it can be concluded that the learning activities take place very well, it can be seen from the student learning outcomes achieved. The appropriate learning method is very learning activities to make students more ready to take part in learning to draw batik motifs.

 ABSTRAK

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pembelajaran menggambar motif batik pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 3 Tanjung Raja. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah deskriftif kualitatif, yaitu suatu metode penelitian yang berusaha mendeskriftifkan suatu gejala, peristiwa, kejadian, yang terjadi pada saat sekarang. Objek penelitian dalam penelitian ini adalah guru dan siswa yaitu guru mata pelajaran seni budaya di SMP Negeri 3 Tanjung Raja dan siswa kelas VIII di SMP Negeri 3 Tanjung Raja. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan kegiatan evaluasi yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa kegiatan pembelajaran berlangsung dengan sangat baik dapat dilihat dari hasil belajar siswa yang dicapai. Metode pembelajaran yang tepat sangat kegiatan pembelajaran membuat siswa lebih siap dalam mengikuti pembelajaran menggambar motif batik.


Keywords


Pembelajaran; Menggambar Motif Batik

Full Text:

PDF

References


Aunurrahman. (2019). Belajar dan Pembelajaran . Bandung : Alfabeta

Apsari Ayu Ratih dkk. (2019). Belajar dan Pembelajaran. Depok: PT Raja Grafindo Persada

Arikunto, Suharsimi. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Denzin Lincon. (2018). Prosedur Metode Kualitatif. Bandung: Rosdakarya

Djamarah. (2011). Psikologi Belajar. Bandung: Rineka Cipta

Hamalik Oemar. (2004). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara

Kerlinger. (2002). Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Jakarta: Rineka Cipta

Miles, B. M. dan Michael Huberman. (1992). Analisis Data Kualitatif Buku Sumber Tentang Metode-metode Baru. Jakarta: UIP

Moh. Suardi. (2018). Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta : Parama Ilmu

Mudjiono dan Dimyati. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta

Retno SA, Dwi. (2004). Gambar Ornamen. Makalah.

Sari, Pandan Rina. (2013). Keterampilan Seni Batik untuk Anak. Solo: Arcita.

Soetedja, Zakarias Sukarya. (2007). Ilmu dan Aplikasi Pendidikan Seni. Bandung: Imtima UPI.

Sugiono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Pamadhi, Hadjar dkk. (2008). Pendidikan Seni di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.




DOI: http://dx.doi.org/10.26887/mapj.v3i1.1344

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.26887/mapj.v3i1.1344.g615

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Visitor Statistic