PERMAINAN KIM: KOMPOSISI MUSIK PROGRAMA DALAM FORMAT MUSIK ELEKTRONIK

Diandra Ramadhani Alifa, Rasmida Rasmida, Martarosa Martarosa

Abstract


ABSTRACT

The KIM game is a traditional Minangkabau game that uses rhymes and numbers. KIM stands for Kesenian Irama Minang (Minang Art Rhythm). The phenomenon that occurs in the current KIM game is the lack of audience awareness of the meaning and message of the rhymes sung by the dendang artis. Departing from this phenomenon, the creator presented a work titled KIM Game: Programa Music Composition in Electronic Music format. The method of creation is carried out with several work groupings: Concept development methods (observation, interviews, data collection and concept formulation) and methods of realizing concepts (exploration, experimentation, and application).

 

 

 

ABSTRAK

Permainan KIM merupakan suatu permainan tradisi Minangkabau yang menggunakan pantun dan angka. KIM tersebut merupakan singkatan dari Kesenian Irama Minang. Fenomena yang terjadi pada permainan KIM saat ini yaitu, kurangnya kesadaran audiens terhadap makna dan pesan dari pantun yang dilantunkan tukang dendang. Berangkat dari fenomena tersebut pengkarya menghadirkan sebuah karya Permainan KIM: Komposisi Musik Programa dalam format Musik Elektronik. Metode penciptaan dilakukan dengan beberapa pengelompokan kerja: Metode pengembangan konsep (observasi, wawancara, pengumpulan data dan perumusan konsep) dan metode mewujudkan konsep (eksplorasi, eksperimentasi, dan aplikasi).


Keywords


Permainan KIM; Musik Programa; Musik Elektronik

Full Text:

PDF

References


Suryajaya, Martin. (2016) Sejarah Estetika. Jakarta: Penerbit Gang Kabel dan Indie Book Corner.

Sunarto, Bambang. (2013). Epistimologi Penciptaan Seni. Yogyakarta: IDEA Press.

Prier, Karl Edmund. (1993). Sejarah Musik Jilid 2. Yogyakarta: Pusat Musik Liturgi.

Mack, Dieter. (1995). Sejarah Musik Jilid 3. Yogyakarta: Pusat Musik Liturgi.

Mack, Dieter. (1995). Sejarah Musik Jilid 4. Yogyakarta: Pusat Musik Liturgi.

Pasaribu, M Ben. (2008). Musik Populer: Buku Pelajaran Kesenian Nusantara. Jakarta: Lembaga Pendidikan Seni Nusantara.

Inyiak Baron (?) pada Wawancara tanggal 10 November 2018

WEBTOGRAFI

https://id.m.wikipedia.org/wiki/permainan

https://www.ilmuseni.com




DOI: http://dx.doi.org/10.26887/mapj.v3i2.1346

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.26887/mapj.v3i2.1346.g618

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Visitor Statistic