EKSPRESI BEJANA PERUNGGU KERINCI SEBAGAI PENGHIAS INTERIOR

Marten Agung Laksono, Jeki Aprisela H, Husni Mubarat

Abstract


Abstrak

Bejana perunggu Kerinci merupakan salah satu peninggalan dari zaman logam, ditemukan pada 1922 di Kabubaten Kerinci. Seluruh permukaan dari benda tersebut dihiasi oleh motif geometris. Bejana dan motif-motif geometris itu dijadikan sumber inspirasi dan diekspresikan ke karya kriya logam panel dalam bentuk dua dimensi untuk hiasan interior. Metode penciptaan diawali dengan eksplorasi, tahap perancangan dan tahap perwujudan. Teknik yang digunakan adalah ukir logam (tatah), grafir, dan kerawang. Finishing  woodstain black, dan clear doof. Hasil karya “Ekspresi Bejana Perunggu Sebagai Penghias Interior”  berupa panel yang dipajang di dinding. Adapun judul karya tersebut adalah tiga bejana

 

Kata Kunci: Ekspresi; Bejana Perunggu Kerinci; Interior.

 

 

Abstract

The Kerinci bronze vessel was one of the relics of the metal age, found in 1922 in Kerinci Regency. The entire surface of the object was decorated with geometric motifs. Vessels and geometric motifs were used as a source of creation and were expressed in metal panel crafts in two dimensions for interior decoration. The method of creation begins with exploration, the design stage and the embodiment stage. The techniques used were metal carving (inlay), engraving, and filigree. Finishing woodstain black, and clear doof. The work "Bronze Vessel Expression As Interior Decorator" was a panel that was displayed on the wall. The title of the work was three vessel, decorative lights and decorative clock

 

Keywords: Expression; Kerinci Bronze Vessel; Interior.

 


Keywords


ekspresi, bejana perunggu Kerinci, interior.

Full Text:

PDF

References


Bellwood, P. (2000). Prasejarah Kepulauan Indo-Malaysia (2 ed., Vol. 2). PT Gramedia Pustaka Utama.

Djakfar, I., & Idris, I. (2001). Menguak Tabir Sejarah Di Alam Kerinci (1 ed., Vol. 1). Percetakan Anda.

Gustami, S. (2007). Butir-Butir Mutiara Estetika Timur, Ide Dasar Penciptaan Seni Kriya Indonesia (1 ed., Vol. 1). Parisista.

Kartika, D. S. (2004). Pengantar Estetika (1 ed., Vol. 1). Rekayasa Sains.

Kartika, D. S. (2017). Seni Rupa Modern Edisi Revisi (2 ed., Vol. 2). Rekayasa Sains.

Lestari, S. I., & Hadi, M. Z. (2022). APPLICATION OF SCANDINAVIAN CONCEPT OF DESIGN IN RESIDENTIAL HOUSE TROPICAL CLIMATE. Jurnal Ilmu Pengetahuan Dan Karya Seni, 24(2). https://doi.org/10.26887/ekspresi.v24i2.2521

Pengetahuan, J. I., Seni, K., Bahrudin, A., Galuh Amartya, A., Al-Amien, A. F., & Orrespondence, C. (t.t.). Jurnal Ekspresi Seni Studi Kasus Form Follows Function dalam Karya Seni Kriya Form Follow Function; Seni kriya; Indonesia. http://creativecommons.org/licenses/by/4.0

Soekmono. (1973). Pengantar Sejarah Kebudayaan Indonesia jilid I (1 ed., Vol. 1). KANISIUS.

Strukturalisme Levi-Strauss Menggali Makna Motif Hias Bejana Perunggu Nusantara, P., Strukturalisme Levi-Strauss, P., & Hadi Sunliensyar, H. (t.t.). Menggali Makna Motif Hias Bejana Perunggu Nusantara:; 51 Exploring The Meaning of Nusantara Bronze Vessels Ornament: Levi-Strauss Structuralism Approach.

Surakhman, M. A. (t.t.). TRADISI LISAN DAN JEJAK MASA PRA SEJARAH DALAM RITUAL ASYEIK DI KERINCI Oral Traditions and Traces of The Pre History in The Asyeik Ritual in Kerinci.

Susanto, M. (2011). DIKSI RUPA, “Kumpulan Istilah dan Gerakan Seni Rupa” DictiArt Lab, Jagad Art Space, Yogyakarta, Bali. (2 ed., Vol. 2). DictiArt Lab, Jagad Art Space.

Tinarbuko, S. (2009). Semiotika Komunikasi Visual (1 ed., Vol. 1). Jalasutra.

Widiarsa, A. P. (2014). SENI KRIYA ETNIK KAJIAN SOSIOLOGIS PADA KARYA M. CHODY DI JEPARA. Dalam Jurnal DISPROTEK (Vol. 5, Issue 2).

Zakaria, I. (1987). Tambo Sakti Alam Kerinci 3 (4 ed., Vol. 3, hlm. 5–6). Pemerintah Kabubaten Kerinci




DOI: http://dx.doi.org/10.26887/mapj.v5i2.3124

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.26887/mapj.v5i2.3124.g1198

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


MAPJ Indexed By:


Melayu Arts and Performance Journal

E-ISSN: 2656-3509| P-ISSN:2656-0232 | DOI: 10.26887/mapj 
Website: http://journal.isi-padangpanjang.ac.id/index.php/MAPJ/index
Email: editor.mapj@gmail.com  | redaksimapj@isi-padangpanjang.ac.id
Editor in Chief: Dr. Dede Pramayoza | Managing Editor: Saaduddin, M.Sn
Publisher: Program Pasca Sarjana ISI Padangpanjang
Jalan Bahder Johan Padangpanjang 27128
Phone: (0752) 82077, Fax: (0752) 82803

Creative Commons License

Melayu Arts and Performance Journal (MAPJ) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License