Electronic Dance Music as a Creative Economy Product in Indonesia: A Social and Economic Analysis
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdul, R., & Lestari, W. (2013). Bentuk Aransemen Musik Keroncong Asli Karya Kelly
Puspito dan Relevansinya Bagi Remaja Dalam Mengembangkan Musik
Keroncong Asli.
Aji, R. (2019). Digitalisasi, Era Tantangan Media (Analisis Kritis Kesiapan Fakultas Dakwah Dan Komunikasi Menyongsong Era Digital). Islamic Communication Journal.
Akdon. (2016). Manajemen strategi untuk manajemen pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Andriyanto, R. D., & Haryanto, J. O. (2010). Analisis Pengaruh Internet Marketing Terhadap Pembentukan Word of Mouth dan Brand Awareness untuk Memunculkan Intention to Buy. Manajemen Teknologi.
Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metode Penelitian Kualitatif. Sukabumi: Jejak.
Aprillia, I. (2022). Apa Itu Komoditas: Pengertian, Tipe dan Jenis-Jenisnya. Kompas.
Ardiansyah, L. (2018). Media Sosial Youtube Dalam Menunjang Popularitas Musisi Indonesia. Seminar Nasional Seni Dan Desain 2018, 301–306
Ardini, N. W. (2018). Balinese Pop Music : An Industrialization Era. Jurnal of Music Science, Technology, and Industry.
Arikunto, S. (1998). Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Collin, M. (2018). Rave On: Global Adventures In Electronic Dance Music. University of Chicago Press.
Dewi, M. C. (2020). Fenomena Electronic Dance Musik (EDM) Terhadap Gaya Hidup Di Kalangan Remaja Urban. Skripsi. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.
Fauzi, R. U. A. (2017). Pengaruh Harga Dan Free Wi-fi Terhadap Keputusan 104 Pembelian Produk Pada Angkringan Di Kecamatan Karas Kabupaten Magetan. Aplikasi Bisnis
Gerry, Wahyu D, dkk. (2019). Pemasaran Musik Pada Era Digital Digitalisasi Industri Musik Dalam Industri 4.0 Di Indonesia. Jurnal Wacana. Universitas Indonesia.
Halimah, L. (2010). Musik Dalam Pembelajaran. Eduhumaniora.
Hazliansyah. (2017). Uprising Komitmen Kembangkan Musik EDM di Indonesia. Republika.
ICDX Group. (2021). Apa itu Komoditi. ICDX.
Irwan. (2018). Dinamika Perubahan Sosial Pada Komunitas Lokal. Jogjakarta: Deepublish.
Iswandi. (2015). Refleksi Psikologi Musik Dalam Perilaku Masyarakat Sehari-hari.
Kotler, Philip dan Lane, Kevin Keller. Tanpa tahun. Manajemen Pemasaran. Edisi 13 Jilid 1. Terjemahan oleh Bob Sabran. 2008. Jakarta: Erlangga
Kotler, P. 2012. Principles of Marketing. (Aus): Pearson Education Australia.
Kusumawardhani, S., & Armando, A. (2014). Musik antara estetika dan komoditas. Universitas Indonesia.
Laini, E. F. (2016). Kajian Komoditas Unggulan. FKIP, Universitas Muhammadiyah Purwokerto.
Littlejohn, S.W., Karen, A.F. 2009. Encyclopedia of Communication Theory. California: Sage publications
Maulana, I., & Alamsyah, A. (2017). Rekomendasi Model Bisnis Industri Musik Pop Dan Rock Di Indonesia Berdasarkan Model Business Canvas. Jurnal Manajemen Indonesia.
Megandaru, A. G., & Oktafani, F. (2019). Pengaruh Social Media Marketing, Experiential Marketing, Dan Electronic Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Merchandise Band Burgerkill. 6(2), 4501–4507.
Mondry. 2008. Teori dan praktik Jurnalistik. Bogor: Ghalia Indonesia.
Moleong, j, L. (2006). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Murphy,S.2015.Independent music Marketing in the digital age: an Examination of the decision Making Process and Key Issues Facing an Independent Singer-Songwriter Producing and Marketing an album (LP) in the Digital Age
O’Reilly, D., Larsen, G., & Kubacki, K..2013. Music, Markets and Consumption: Goodfellow Publishers,Limited.
Priangani, A. (2013). Memperkuat Manajemen Pemasaran Dalam Konteks Persainga Global Kebangsaan.
Purnama, A. (2014). Netlabel Sebagai Alternatif Distribusi Karya Musik. Journal Student.
Rachman, F. (2015). Manajemen Organisasi dan Pengorganisasian Dalam Perspektif Al
Quran dan Hadith. Studi Keislaman.
Radiosunu. (2001). Manajemen Pemasaran Suatu Pendekatan Analisis. Yogyakarta: BPFE.
Ready, A. (2016). Penggunaan Media Online Sebagai Sumber Informasi Akademik Mahasiswa Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Riau.
Sephia, Putri. F, dkk. (2023). Strategi Mempertahankan Popularitas Melalui Kegiatan Promosi Media Digital. Jurnal penelitian Seni Budaya. ISI Surakarta.
Snoman, R. (2004). The Dance Music Manual: Tools, Toys, and Techniques. Focal Press.
Soeharto. (1996). Serba Serbi Keroncong. Jakarta: Musika.
Tarigan, R. (2022). Kawinkan EDM dengan Musik Etnik, DJ Rean Ingin Anak Muda Semakin Cinta Indonesia. Karo Satu Klik.
Tasliman, M., & Suryawibawa, D. T. (2019). Analisis Pemanfaatan Facebook Sebagai Media Promosi Produk Perumahan Syariah di PT. Jannata Land.
Tjiptono, Fandy. (2004). Strategi Pemasaran Edisi 2. Andi: Yogyakarta
Tjiptono, Fandy. (2020). Strategi pemasaran: prinsip dan penerapan. Andi: Yogyakarta
Yulianto, A. (2015). KAJIAN INTERNET MARKETING SEBAGAI SALAH SATU MEDIA. Jurnal Khasanah Ilmu, VI(1), 65–78.
Zahrotustianah. (2017). EDM Kini Musik Terpopuler Anak Gaul Indonesia. Viva
DOI: http://dx.doi.org/10.26887/mapj.v7i2.4937
DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.26887/mapj.v7i2.4937.g1932
Refbacks
- There are currently no refbacks.
MAPJ Indexed By:
Melayu Arts and Performance Journal
E-ISSN: 2656-3509| P-ISSN:2656-0232 | DOI: 10.26887/mapjWebsite: http://journal.isi-padangpanjang.ac.id/index.php/MAPJ/index
Email: editor.mapj@gmail.com | redaksimapj@isi-padangpanjang.ac.id
Editor in Chief: Dr. Dede Pramayoza | Managing Editor: Saaduddin, M.Sn
Publisher: Program Pasca Sarjana ISI Padangpanjang
Jalan Bahder Johan Padangpanjang 27128
Phone: (0752) 82077, Fax: (0752) 82803
Melayu Arts and Performance Journal (MAPJ) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License