STRATEGI PENGEMBANGAN MANAJEMEN JEMBER FASHION CARNAVAL

Violeta Wosi Permata

Abstract


ABSTRACT

 

Jember Fashion Carnival (JFC) is an annual event in the art event of fashion carnival that’s first time held in 2001. In this relatively long journey, JFC experienced several obstacles and one of them was that JFC would be stopped by Jember district government in 2009 because it’s not included in the list of the activity of Jember district government. The objective of this research is to analyze and formulate the management strategy of the Jember Fashion Carnival. The research method used was the descriptive qualitative method by using the approach of SWOT analysis. The result of this research is the position of SWOT analysis quadrant; the position obtained is in the position of quadrant I namely expansion (supporting offensive strategy) so it’s needed the selection of strategy by using strength and utilizing opportunity. The strategy that should be applied is to form cultural cooperation with other countries, to develop and increase the quality of organizational management, and to implement the international standardization of carnival such as the existence of the technological system to support the tradition of JFC event.

 

Keywords: JFC, management, SWOT analysis, and strategy management

 

ABSTRAK

 

Jember Fashion Carnaval adalah sebuah event tahunan dalam ajang seni karnaval tata busana pertama kali terselenggara pada tahun 2001. Dalam perjalanan yang relatif panjang; bukan berarti JFC tidak memiliki kendala dalam penyelenggaraannya. JFC sempat akan diberhentikan oleh Pemerintah Kabupaten Jember pada tahun 2009, sebab bukan termasuk dalam daftar kegiatan Pemerintah Kabupaten Jember. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan memformulasikan strategi pengelolaan Jember Fashion Carnaval. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif, dengan menggunakan pendekatan analisis SWOT. Hasil dari penelitian ini adalah posisi dari kuadran analisis SWOT, posisi yang didapatkan berada pada posisi kuadran I yaitu ekspansion (mendukung strategi onfensif), sehingga diperlukan pemilihan strategi menggunakan kekuatan dan memanfaatkan peluang. Strategi yang sebaiknya diterapkan adalah membentuk kerjasama dalam bentuk kerjasama budaya dengan negara lain, pengembangan dan peningkatan kualitas manajemen organisasi, dan mengimplementasi standardisasi karnaval bertaraf internasional, seperti adanya sistem tekhnologi untuk menunjang tradisi event JFC.

 


Keywords


JFC, Pengelolaan, Analisis SWOT, dan Manajemen Strategi

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Cahyani, Istiqlaliah Dian, “Implementasi Jember Fashion Carnaval Sebagai Bagian Dari City Branding Kabu- paten Jember”, Jurnal Universitas Airlangga Vol. 3/ No. 2/ Publi- shed : 2014-06.

Creswell, John W. (2015). Penelitian Kualitatif dan Desain Riset “Me- milih Di Antara Lima Pendekatan”. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

David, Fred. (2006). Manajemen Stra- tegis: Konsep, Edisi 10, Jakarta: Salemba Empat.

Indrawan, R. & Yaniawati R.P. (2014). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Campuran Untuk Manajemen, Pembangunan, dan Pendidikan, Bandung: Penerbit PT Refika Aditama.

Indriyanti, P. (2013). Strategi Tata Kelola Andong Wisata Sebagai Salah Satu Daya Tarik Wisata Kota Yogyakarta. Yogyakarta.

Ira Puspita Sari, (2016) Strategi Pengembangan Potensi Kawasan Ekowisata Gunung Api Purba Sebagai Destinasi Ekowisata di Yogyakarta. Tesis. Pascasarjana ISI Yogyakarta.

Jannah, Nurul. (2010). Jember Fashion Carnaval, Identitas Kota Jember, dan Diskursus Masyarakat Jaring- an. Jakarta: Universitas Indone- sia.

Kotler & Amstrong. (2009). Prinsip- Prinsip Pemasaran, Edisi ke-12, Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Kotler & Keller. (2009). Manajemen Pemasaran, Edisi ke-13, Jilid 1. Jakarta:Erlangga.

Moleong, Lexy J. (2013). Metode Pene- litian Kualitatif. Edisi Revisi. Bandung: PT. Remaja Rosdakar- ya.

Muslimin, Ahmad. (2016). Perkembang- an Jember Fashion Carnaval di Kabupaten Jember tahun 2001- 2014. Jember: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Jember.

Pristiana, Vita. (2013). Study Tentang Pengelolaan Event Carnaval pada JemberFashion Carnaval. Malang: Fakultas Teknik Universitas Ne- geri Malang.

Proborini, Chandra Ayu. (2017). Jember Fashion Carnaval Dalam Industri Pariwisata di Kabupaten Jember. MUDRA Jurnal Seni Budaya Volume 32, Nomor 2, Mei 2017.

Putri, Ratih Dewi. (2015). Pengem- bangan Manajemen Strategi Fes- tival Seni Surabaya. Tesis. Prog- ram Pascasarjana Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

Rangkuti, Freddy. (2015). Analisis SWOT: Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Reksohadiprodjono, Sukanto. (2003). Manajemen Strategi Edisi 4. Yog- yakarta: BPFE.

Sakti, Guntur. Siaran Pers, KOM- BLIK/20/IV/2018, berjudul “A- SIALIGHT, Menuju Jember Fa- shion Carnaval Ikon Kota Karna- val Dunia”. 18-Apr-2018

Satyawati, Dyah. (2016). “Strategi Pengelolaan Museum Dirgantara Mandala Sebagai Destinasi Wisa- ta Pendidikan di Yogyakarta.” Tesis. Pascasarjana ISI Yogyakar- ta.

Sugiyono. (2015). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sukidin & Pudjo Suharso, “Model Ana- lytical Network Process (Anp) Dalam Pengembangan Pariwisata Di Jember”, Prosiding Seminar Nasional 9 Mei 2015 di Uni- versitas Jember.

Informan

David (Manajemen Jember Fashion Carnaval)

Andi (Staff Kantor Dinas Kebudaya- an dan Pariwisata Kabupaten Jember)

Hamda (Volunteer Jember Fashion Carnaval)

Ricky (Volunteer Jember Fashion Carnaval)

Rizky (Volunteer Jember Fashion Carnaval)

Daffi (Volunteer Jember Fashion Carnaval)

Fajri (Talent Jember Fashion Car- naval)




DOI: http://dx.doi.org/10.26887/mapj.v1i1.630

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.26887/mapj.v1i1.630.g390

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Visitor Statistic