PEMANFAATAN HANDPHONE ANDROID SEBAGAI MEDIA PRODUKSI VIDEO TUTORIAL PEMBELAJARAN SENI

Riki Rikarno

Abstract


ABSTRACT

 

A video is suitable medium for various learning media such as classroom, small group, even a student ownself. The use of the tutorial model learning video is very suitable for teaching various kinds of practical learning, one of them is the learning material of local art practice. For the art teachers, one of materials that’s quite difficult for doing students’ appreciation whether in KTSP curricula or 2013 curricula is the art learning. Generally, the art learned in school is the traditional art that evolves in the society in the area or region where the educational institution exists. The lack of documentation in the form of local art video influences very much the learning process in the school so it’s needed a new breakthrough namely to create a new media for the local art learning dedicated to art teachers. With the advancement of today technology, especially in the android handphone, it already can compete with the standard PC and laptop. Nowadays, the android handphone has already had hardcopy and softcopy that adequate to produce video content. In android handphones distributed in Indonesia, they already have a camera that its quality surpasses DSLR camera by reaching 25 megapixels and these handphones are also able to install the video editing application.

 

Keywords: android handphone, tutorial video, local art learning   

 

 

ABSTRAK

 

Video merupakan media yang cocok untuk berbagai media pembelajaran, seperti kelas, kelompok kecil, bahkan satu siswa seorang diri sekalipun. Penggunaan video pembelajaran model tutorial sangat cocok untuk mengajarkan berbagai macam pembelajaran yang bersifat praktek, salah satu materi pembelajaran praktik seni daerah setempat. Bagi guru kesenian di sekolah, salah satu materi yang cukup sulit dalam melakukan apresiasi pada siswa baik pada kurikulum KTSP maupun kurikulum 2013, adalah pembelajaran kesenian. Pada umumnya kesenian yang dipelajari di sekolah merupakan kesenian tradisi yang berkembang pada masyarakat di daerah atau tempat beradanya lembaga pendidikan tersebut. Kekurangan dokumentasi yang berbentuk video pada kesenian daerah setempat sangat mempengaruhi proses pembelajaran di sekolah, untuk itu perlu sebuah terobosan baru bagi guru-guru kesenian di sekolah untuk menciptakan sebuah media baru dalam pembelajaran seni daerah setempat tersebut. Dengan kemajuan teknologi saat ini khususnya pada handphone android sudah dapat menyaingi standar PC dan Laptop. Handphone android saat ini sudah mempunyai hardcopy dan softcopy yang memadai untuk memproduksi sebuah karya video. Dalam handphone android yang beredar di Indonesia saat ini sudah memiliki kamera yang melebihi kualitas dari kamera DSLR dengan mencapai 25 mega pixel dan sudah dapat menginstall aplikasi editing video.


Keywords


Handphone android, video tutorial, pembelajaran seni daerah setempat

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Pe-nelitian Suatu Pendekatan Prak-tik. Cetakan Kelimabelas. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Arsyad Azhar. 2007. Media Pembe-lajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Cheppy Riyana. 2007. Pedoman Peng-embangan Media Video. Jakarta: P3AI UPI.

Daryanto. 2013. Media Pembelajaran Pe-rannya Sangat Penting Dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. Yogyakarta: GAVA MEDIA.

Ensiklopedia Nasional Indonesia. 1990. Jakarta : Cipta Adi Pustaka.

Esten, Mursal. 1993. Struktur Sastra Lisan. Jakarta. Yayasan Obor.

Moleong, Lexy J. 2011. Metodologi Pe-nelitian Kualitatif. Cet:24. Ban-dung: Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pen-didikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Al-fabeta.

Salim, Peter & Salim. Yeni, 1991. Kamus Besar Bahasa Indonesia Konten-porer, Jakarta: modern press.

Sedyawati, Edy 1992. Pengertian Seni Tradisional. Jakarta: Dunia Pusta-ka Jaya.

Sudjana, Naana dan Rivai, Ahmad. 2013. Media Pengajaran. Ban-dung: Sinar Baru Algensindo Offset.

Tumbijo, H.B.Dt. (1977). “Minangkabau dalam Seputar Seni Tradisional” (Diktat) SMSR N Padang




DOI: http://dx.doi.org/10.26887/mapj.v1i1.632

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.26887/mapj.v1i1.632.g392

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


MAPJ Indexed By:


Melayu Arts and Performance Journal

E-ISSN: 2656-3509| P-ISSN:2656-0232 | DOI: 10.26887/mapj 
Website: http://journal.isi-padangpanjang.ac.id/index.php/MAPJ/index
Email: editor.mapj@gmail.com  | redaksimapj@isi-padangpanjang.ac.id
Editor in Chief: Dr. Dede Pramayoza | Managing Editor: Saaduddin, M.Sn
Publisher: Program Pasca Sarjana ISI Padangpanjang
Jalan Bahder Johan Padangpanjang 27128
Phone: (0752) 82077, Fax: (0752) 82803

Creative Commons License

Melayu Arts and Performance Journal (MAPJ) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License