Pembelajaran Lagu Sinanggar Tulo dalam Bentuk Ansambel di SMP N 1 Padang Panjang (Learning The Song Sinanggar Tulo In The Form Of an Ansambel At SMP N 1 Padang Panjang)
Abstract
Sinanggar Tulo merupakan salah satu lagu daerah batak toba karya dari Tilhang Gultom. Lagu ini penulis arransemen ulang dalam bentuk ansambel dengan instrumen seperti Pianika, Cajon, Gitar Bass, yang dibawakan 7 orang peserta ansambel siswa SMPN 1 Padangpanjang, sedangkan Penelitian ini Menggunakan pembelajaran kualitatif bersifat deskriptif yaitu mengembangkan keterampilan baru, informasi dan pendekatan baru dalam memecahkan masalah melalui tindakan guna meningkatkan pemahaman, kemapuan dan penalaran dan juga menggunakan metode tambahan seperti metodi ceramah, demonstrasi, dan metode latihan. Tujuan penelitian ini Mengetahui proses pembelajaran lagu ”Sinanggar Tolo” karya dari Tilhang Gultom di SMPN 1 Padangpanjang.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta. Prenada Media Grup
Banoe, Pono, 2003. Kamus Musik. Yogyakarta : Kanisius.
Karl Edmund-Prier, 2006. Ilmu Harmoni. Yogyakarta : Pusat Musik Liturgi
Karl Edmund-Prier, 2004, Ilmu Bentuk Musik. Cetakan Ke-2. Yogyakarta : PT. Pusat Musik Liturgi.
Ihsan El Khuluqo. 2017. Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta : pustaka pelajar.
Jamalus. 1988. Panduan Pengajaran Buku Pengajaran Musik melalui Pengalaman Musik. Jakarta: Proyek Pengembangan Lembaga Pendidikan
Latifah-Kodijat, 2004, Istilah-istilah Musik, Jakarta, Djambatan.
PML A-22.2000, Menjadi Dirigen III, Yogyakarta. Pusat Musik Liturgi
Robert W Ottman,1998, Workbook For Elementary Harmony Fufth Edition. Englewood Cliffs N.J. Printice Hall
DOI: http://dx.doi.org/10.26887/musica.v3i2.4035
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Alamat Redaksi:
Institut Seni Indonesia Padangpanjang
Jl. Bahder Johan 27128, Sumatera Barat (0752) 82077
Email: musica@isi-padangpanjang.ac.id
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.