IBU DAN PANTI SOSIAL DALAM FOTOGRAFI POTRET

Dani Aulia Rahman Dani, Yusril yusril, Andar Sastra

Abstract


Abstrak

Ibu adalah orangtua perempuan seorang anak, baik melalui hubungan biologis maupun sosial. Seseorang yang memiliki peran sebagai istri, sebagai orang yang melahirkan dan merawat anak-anaknya. Ibu juga merupakan benteng yang dapat menguatkan setiap anggota keluarga. Perbedaan sikap dan tingkah laku yang berbeda dari Ibu (orangtua lanjut usia) dapat memicu ketidakharmonisan dalam keluarga. Hal ini bertentangan dengan keinginan setiap keluarga yang ingin orang tuanya yang sudah berusia lanjut dapat terawat dengan baik. Namun, karena suatu kesibukan maka mereka memilih untuk menitipkan keluarganya yang sudah berusia lanjut di panti jompo yang memang disediakan untuk menampung dan merawat kelompok lansia. Terkait fenomena di atas, pengkarya menggunakan metode EDFAT (Entire, Detail, Frame, Angle, Time), yaitu suatu pembiasaan dalam fotografi spontan, membantu pengkarya dalam proses percepatan pengambilan keputusan terhadap momen atau kondisi visual bercerita dan bernilai berita dengan cepat dan lugas serta difungsikan sebagai metode observasi obyek esai foto. Melalui pendekatan metode EDFAT tersebut, pengkarya mendapatkan kesimpulan bahwa dengan Fotografi Potret ibu dan panti sosial  ini menjadi penekanan dalam menciptakan sebuah karya fotografi potret, yaitu bagaimana menciptakan ingat-ingatan dalam fotografi potret dengan menonjolkan pribadi-pribadi sosok Ibu untuk melahirkan kembali peran penting sosok Ibu sesungguhnya. Tujuan dari penciptaan karya ini adalah untuk menumbuhkan kesadaran tentang peran sosok Ibu kepada anak-anak yang tega menelantarkan Ibunya.


Keywords


Ibu, panti sosial, fotografi potret

Full Text:

XML

References


Ajidarma, Seno Gumira. (2007). Kisah Mata. Yogyakarta: Galangpress

Irwandi, Apriyanto, Muh, Fajar. (2012). Membaca Fotografi Potret. yogyakarta: Gama Media

Lewis, G. (1991). Photojournalism, Content and Technique. California

McGrawHill. McGovern, T. (2003). Belajar Sendiri Fotografi Hitam Putih dalam 24 Jam. Yogyakarta: Penerbit ANDI

McCurry, Steve. 2010. Steve McCurry Untold: The Stories Behind the Photographs, Phaidon

Nugroho, R. A. (2006). Kamus Fotografi. Yogyakarta: Penerbit ANDI

Saputra, R. N. A. (2018). Pendidikan Anak Kaum Marginal Di Sekolah Gajahwong Dalam Fotografi Dokumenter Hitam Putih (Doctoral dissertation, Institut Seni Indonesia Yogyakarta).

Setiyanto, P. W., & Irwandi, I. (2017). Foto Dokumenter Bengkel Andong Mbah

Soelarko, RM. (1990). Komposisi Fotografi. Bandung: Balai Pustaka.

Soejono, Soeprato. (2007). Pot-pourri fotografi. Jakarta: Universitas Trisakti

Wijaya, Taufan. (2018). Literasi Visual. Jakarta: Gamamedia Pustaka Utama

Wijaya, Taufan. (2016). Photo Story Handbook: Jakarta: Gamamedia Pustaka Utama

Yunus, S. (2010). Jurnalistik Terapan. Jakarta: Ghalia Indonesia




DOI: http://dx.doi.org/10.26887/matalensa.v2i1.3209

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Matalensa: Journal of Photography and Media  

E-ISSN 2580-2208 | DOI: 10.26887/matalensa 
Website: https://journal.isi-padangpanjang.ac.id/index.php/MTLS/index
Email: matalensa@isi-padangpanjang.ac.id | Support Contact Email: thegar.risky@gmail.com
Editor in Chief: Putri Khairina Masta, S.S., M.Si | Managing Editor: Cindi Adelia Putri Emas, S.Sn., M.SnThegar Risky.S.Kom 
Publisher: Program Studi Fotografi kerjasama dengan Lembaga Penelitian Pengabdian Kepada Masyarakat  (LPPM) ISI Padangpanjang
Jalan Bahder Johan, Kota Padangpanjang, Sumatera Barat, Indonesia 27128 | Phone: (0752) 82077 | Fax: (0752) 82803

  

Web Analytics Made Easy - Statcounter View My Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

slot scatter hitam

klik4d

slot gacor maxwin diamond murah voucher game