IBU DAN PANTI SOSIAL DALAM FOTOGRAFI POTRET
Abstract
Abstrak
Ibu adalah orangtua perempuan seorang anak, baik melalui hubungan biologis maupun sosial. Seseorang yang memiliki peran sebagai istri, sebagai orang yang melahirkan dan merawat anak-anaknya. Ibu juga merupakan benteng yang dapat menguatkan setiap anggota keluarga. Perbedaan sikap dan tingkah laku yang berbeda dari Ibu (orangtua lanjut usia) dapat memicu ketidakharmonisan dalam keluarga. Hal ini bertentangan dengan keinginan setiap keluarga yang ingin orang tuanya yang sudah berusia lanjut dapat terawat dengan baik. Namun, karena suatu kesibukan maka mereka memilih untuk menitipkan keluarganya yang sudah berusia lanjut di panti jompo yang memang disediakan untuk menampung dan merawat kelompok lansia. Terkait fenomena di atas, pengkarya menggunakan metode EDFAT (Entire, Detail, Frame, Angle, Time), yaitu suatu pembiasaan dalam fotografi spontan, membantu pengkarya dalam proses percepatan pengambilan keputusan terhadap momen atau kondisi visual bercerita dan bernilai berita dengan cepat dan lugas serta difungsikan sebagai metode observasi obyek esai foto. Melalui pendekatan metode EDFAT tersebut, pengkarya mendapatkan kesimpulan bahwa dengan Fotografi Potret ibu dan panti sosial ini menjadi penekanan dalam menciptakan sebuah karya fotografi potret, yaitu bagaimana menciptakan ingat-ingatan dalam fotografi potret dengan menonjolkan pribadi-pribadi sosok Ibu untuk melahirkan kembali peran penting sosok Ibu sesungguhnya. Tujuan dari penciptaan karya ini adalah untuk menumbuhkan kesadaran tentang peran sosok Ibu kepada anak-anak yang tega menelantarkan Ibunya.
Keywords
Full Text:
XMLReferences
Ajidarma, Seno Gumira. (2007). Kisah Mata. Yogyakarta: Galangpress
Irwandi, Apriyanto, Muh, Fajar. (2012). Membaca Fotografi Potret. yogyakarta: Gama Media
Lewis, G. (1991). Photojournalism, Content and Technique. California
McGrawHill. McGovern, T. (2003). Belajar Sendiri Fotografi Hitam Putih dalam 24 Jam. Yogyakarta: Penerbit ANDI
McCurry, Steve. 2010. Steve McCurry Untold: The Stories Behind the Photographs, Phaidon
Nugroho, R. A. (2006). Kamus Fotografi. Yogyakarta: Penerbit ANDI
Saputra, R. N. A. (2018). Pendidikan Anak Kaum Marginal Di Sekolah Gajahwong Dalam Fotografi Dokumenter Hitam Putih (Doctoral dissertation, Institut Seni Indonesia Yogyakarta).
Setiyanto, P. W., & Irwandi, I. (2017). Foto Dokumenter Bengkel Andong Mbah
Soelarko, RM. (1990). Komposisi Fotografi. Bandung: Balai Pustaka.
Soejono, Soeprato. (2007). Pot-pourri fotografi. Jakarta: Universitas Trisakti
Wijaya, Taufan. (2018). Literasi Visual. Jakarta: Gamamedia Pustaka Utama
Wijaya, Taufan. (2016). Photo Story Handbook: Jakarta: Gamamedia Pustaka Utama
Yunus, S. (2010). Jurnalistik Terapan. Jakarta: Ghalia Indonesia
DOI: http://dx.doi.org/10.26887/matalensa.v2i1.3209
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Matalensa: Journal of Photography and Media
E-ISSN 2580-2208 | DOI: 10.26887/matalensa
Website: https://journal.isi-padangpanjang.ac.id/index.php/MTLS/index
Email: matalensa@isi-padangpanjang.ac.id | Support Contact Email: thegar.risky@gmail.com
Editor in Chief: Putri Khairina Masta, S.S., M.Si | Managing Editor: Cindi Adelia Putri Emas, S.Sn., M.Sn | Thegar Risky.S.Kom
Publisher: Program Studi Fotografi kerjasama dengan Lembaga Penelitian Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) ISI Padangpanjang
Jalan Bahder Johan, Kota Padangpanjang, Sumatera Barat, Indonesia 27128 | Phone: (0752) 82077 | Fax: (0752) 82803
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.