Songket Halaban dalam Fotografi Fashion

Andes Alfindo, Dira Herawati, Hartitom Hartitom

Abstract


Fashion adalah gaya hidup, tentang suatu tatanan yang salah satu dasaranya bersifat mewah dan elegan. Kostum, busana, pakaian adalah pilihan yang dikenakan seseorang. Salah satu yang bisa menjadi fashion dari sebuah kerajinan adalah Songket. Songket terbuat dari benang emas dengan berbagai motif yang akan menjadi busana modern dan tentunya fashionable. Jika dilihat dari perkembangan dunia fashion sekarang ini, songket tidak hanya dijadikan sebagai bawahan saja namun sudah banyak songket yang sudah dikombinasikan menjadi baju dan tas. Dalam penciptaan karya ini, teknik yang digunakan adalah teknik light painting. Light Painting berarti melukis cahaya dengan cara digerakkan menggunakan tangan dan direkam oleh kamera. Songket Halaban dalam fotografi fashion dengan songket menjadi objek dan light painting akan mendukung estetika karya foto nantinya. Tujuan penciptaan karya ini adalah untuk memperkenalkan Songket Halaban dengan menggunakan Eksplorasi light painting sebagai penambah daya Tarik atau nilai estetikanya. Proses penciptaan karya ini dilakukan dengan beberapa tahapan yaitu persiapan, perancangan, perwujutdan dan penyajian karya. Keseluruhan Songket yang dipakai di eksplorasikan dengan light painting akan menunjukkan ciri khas dari songket serta pola light paintinya. lensa, memori. Karya fotografi yang dihasilkan seluruhnya berjumlah 20 foto dengan ukuran yang sama (40x60).


Keywords


Fashion, Songket Halaban, Light Painting

Full Text:

PDF

References


Alfindo, A., & Herawati, D. (2024). Songket halaban dalam fotografi fashion. Mata Lensa, Fotografi Fashion, 13.

Handinata, Faris RM. 2021. Eksplorasi Light Painting Anak Daro Dalam Fotografi Fashion. Skripsi Karya Program Studi Fotografi: Isi Padangpanjang.

Manalu Joel. (2023). The Tungkot Tunggal Panaluan Batak Statue As Source Of Inspiration For The Creation Of Painting Artworks. Institut Seni Indonesia Padangpanjang : Fine Art Department.

Nugroho, Yulius Widi. 2011. JEPRET! Panduan Fotografi dengan kamera Digital dan DSLR. Familia : Yogyakarta.

Putri Hesti RD. (2020). Songket Motif Development Of Ogan Ilir : Jurnal Ilmu Pengetahuan Dan Karya Seni : Jurnal Ekspresi Seni

Perdana Rahmat R. (2023). Gaun Karya Dony Prinando dalam Fotografi Fashion. Fakultas Sni Rupa Dan Desain Institute Seni Indonesia Padangpanjang.

Soedjono, Soeprapto. 2006. Pot-Pourri Fotografi. Jakarta, Penerbit Universitas Trisakti.




DOI: http://dx.doi.org/10.26887/matalensa.v1i1.4132

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Web Analytics Made Easy - Statcounter View My Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.