ANALISIS SUDUT PANDANG KAMERA DALAM MEMVISUALISASIKAN KARAKTER TOKOH PADA FILM MARLINA SI PEMBUNUH DALAM EMPAT BABAK KARYA MOULY SURYA
Abstract
The camera viewpoint presented in visualizing the character makes Film Marlina The Murdere In The Four Acts, winning various awards at National and International. This paper aims to analyze the camera's point of view in visualizing the character of the character in the film. This study uses descriptive qualitative research to reveal the character of the characters that are illustrated by the camera's viewpoint. The film using the Sumba area setting. In the film is divided into four accounts in the story, act 1 the robbery round, act 2 the journey, act 3 the confession, and act 4 the birth. In the has several characters who have different characters, thanks to the deepening of the characters played by the cast in this film making the film gained many actor categories at National and International awards. Based on the character of the characters visualized by the angles of the camera. The analysis is based on empathy grouping character figures, based on Josep Mascelli's theory, namely character based on the words of the character, character based on the behavior of the character, character based on conversations between characters and characters based on the actions of figures.
Keywords: Camera Viewpoint, Character, Film Marlina The Murdere In The Four Acts, Cinematic Elements
ABSTRAK
Sudut pandang kamera yang dihadirkan dalam memvisualisasikan karakter tokoh membuat fim Marlina Si Pembunuh Dalam Empat Babak berhasil memenangkan berbagai penghargaan di Nasional maupun Internasional. Tulisan ini bertujuan untuk menganalisis sudut pandang kamera dalam memvisualisasikan karakter tokoh. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang bersifat deskriptif untuk mengungkap karakter tokoh yang divisualisasikan oleh sudut pandang kamera. Film Marlina Si Pembunuh Dalam Empat Babak meggunakan setting daerah Sumba. Film ini dibagi menjadi empat pembabakan dalam ceritanya, yaitu babak perampokan, babak perjalanan, babak pengakuan dan babak kelahiran. Terdapat beberapa pemeran yang memiliki karakter tokoh yang berbeda-beda. Pendalaman karakter oleh para pemeran pada film ini membuat film ini banyak memenangkan kategori pemeran pada penghargaan Nasional maupun Internasional. Karakter tokoh yang divisualisasikan oleh sudut padang kamera dianalisis berdasarkan empat pengelompokkan karakter tokoh, berdasarkan teori dari Josep Mascelli yaitu, karakter tokoh berdasarkan perkataan tokoh, berdasarkan tingkah laku tokoh, berdasarkan percakapan antar tokoh dan berdasarkan tindakan tokoh.
Kata kunci: Sudut Pandang Kamera, Karakter Tokoh, Film Marlina Si Pembunuh Dalam Empat Babak, Unsur Sinematik
Keywords
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.26887/os.v1i1.2185
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Offscreen is indexed by: