Halaman Sebagai Rangsang Cipta Seni Grafis

ahmad - solihin, Heruningrum Heruningrum

Abstract


Penciptaan karya ini berangkat dari persoalan  Halaman yng dijadikan ransang cipta. Halaman sendiri memiliki nilai serta norma yang terkandung bagi kehidupan etnis Minangkabau. Seiring perubahan zaman, Halaman yang dulu sekedar sebatas ruang lepas sekarang istilah tersebut menjelma menjadi berbagai macam bentuk pemakaian, salah satu halaman dunia maya yaitu facebook. Secara  bentuk memang berbeda, tetapi secara fungsi dalam hal interaksi dengan orang lain masih memiliki kesamaan. Persoalannya terletak pada terkikisnya norma dalam berinteraksi, hilangnya hal yang bersifat pribadi menjadi konsumsi bagi publik. Hal tersebutlah yang meransang pengkarya untuk mencipta dan mengekspresikannya dalam bentuk karya dua dimensi, yakni seni grafis.

Seni grafis merupakan bagian dari seni murni, secara khusus merupakan suatu teknik bagaimana memvisualkan karya dengan metode cetak manual. Dalam hal hal berkarya nantinya pengkarya menggunakan dua teknik yaitu, cetak tinggi (relief print) sebagai kontur karya dan cetak saring untuk pewarnaan karya. Visual karya yang diciptakan melalui beberapa proses dalam pembentukaannya, dengan menggunakan metode transforfasi, stilisasi, dan distorsi, upaya ini digunakan agar tercapainya bentuk karya yang estetis yang teransang dari  Halaman.

Karya seni cetak tersebut nantinya berjumblah delapan, dengan ukuran yang berbeda dan di cetak pada permukaaan kertas, keseluruhan karya cenderung berwarna cerah serta kontras, bahasa ungkap yang penggkarya gunakan bersifat arbiter. Hal tersebut agar pengamat memiliki penilaian pribadi atas karya yang tesaji nantinya, melalaui amatan serta pengalaman estetis personal dalam hal memandang seni rupa.

 

Kata Kunci:  Halaman, Nilai, Seni grafis, Metode dan Visual karya


Keywords


Seni Murni, Seni Grafis, Seni, Seni Rupa

Full Text:

PDF

References


-


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 ahmad - solihin

Creative Commons License
SPACEPRO: Product Design Journal distributed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.